Kepribadian ESFP Ciri Karakteristik, Kekuatan, Kelemahan, Profesi, dan Tokoh Dunia

ESFP merupakan salah satu kepribadian dari hasil tes MBTI. ESFP-The Performer diidentikkan sebagai seorang pemain dalam kehidupan. Adapun dimensi dari tipe kepribadian ini adalah ekstraversion, sensing, feeling, dan perceiving.

Mereka lebih menyukai komunikasi karena mendapatkan pengalaman baru. Cenderung menyukai drama, kehebohan, dan menjadi pusat perhatian. Banyak yang mengakui orang-orang dengan kepribadian ini dianugerahi dengan kemampuan interpersonal yang sangat kuat.

A. Apa Itu Kepribadian ESFP – The Performer?

ESFP adalah tipe manusia yang sangat hangat dan berempati terhadap individu lain. Namun, meminta nasihat kepada orang ESFP bukanlah ide yang tepat, sebab mereka tidak terlalu menyukai rencana dan teori. Perhatian yang diberikan kepada orang lain sangat nyata karena langsung dari diri mereka sendiri.

Meskipun terkenal sebagai pribadi sering bersenang-senang, tetapi mereka tipe orang yang spontan dan selalu optimis. ESFP kurang mengembangkan pemikirannya karena cenderung perasa dan sensitif. Dalam bertindak juga tidak bisa mengetahui apa saja konsekuensi atas perbuatannya.

Sikap penyayangnya ditunjukkan kepada orang sekitar dan keluarganya. Sehingga tidak heran orang dengan kepribadian ini cenderung melindungi teman-teman dan keluarga dari orang lain yang mengganggu.

ESFP juga berbeda dengan tipe kepribadian lain karena mereka memiliki ikatan kuat terhadap sesama, baik itu terhadap hewan maupun anak kecil. Apabila melihat keindahan didepan mata akan memberikan apresiasi karena sangat mencintai kehidupan. Sangat cocok dijadikan teman karena tahu caranya bersenang-senang.

B. Ciri-ciri Orang ESFP

Berikut ini ciri-ciri dari orang dengan kepribadian ESFP yang dapat diketahui, antara lain:

1. Pembawaan Easygoing

Tipe kepribadian ini mudah dikenali dari sikap seseorang yang easygoing. Mereka juga sangat ramah, penyayang, dan mudah berteman dengan siapa saja. Teman-teman, keluarga, dan lingkungan sekitarnya akan merasa nyaman dengan kehadiran ESFP.

2. Sangat Optimis

Jiwa mereka selalu berfikiran positif yang dampaknya sangat baik bagi sikap-sikap optimisme yang ditunjukkan kepada dunia. Selalu antusias, ceria, senang, dan suka menghibur orang lain. Intinya kepribadian ini lebih suka menjadi pusat perhatian.

3. Menyukai Hal Baru

Orang dengan tipe kepribadian ESFP umumnya lebih mencari hal-hal baru dan pengalaman lainnya. Sehingga, ketika mendapatkan hal-hal baru akan melakukannya dengan sepenuh hati. Mereka juga sering mempraktekkan hal-hal yang bersifat realistis.

4. Penuh Kehangatan

ESFP selalu bisa menghangatkan suasana ketika sedang kacau. Bagi teman-temannya yang sedang bermasalah mereka mampu menguatkan dengan caranya sendiri. Mereka tahu cara yang baik untuk bersenang-senang bersama orang lain maupun diri sendiri. Selain itu, tahu bagaimana cara menikmati hari ini.

5. Menghindari Teori

Sayangnya, ESFP menghindari hal-hal baru yang berhubungan dengan teori karena menganggapnya rumit. Apabila dihadapkan dengan teori cenderung memerlukan fokus yang tinggi, bahkan ada yang menentangnya. Terlebih lagi melihat teori yang sangat panjang akan mereka hindari.

6. Mandiri

Apabila menjalani kehidupan dan karir mereka sangat mandiri. Tidak ragu melakukan hal-hal baru yang kreatif karena akal orang ESFP tidak pernah ada habisnya.

C. Kelebihan dan Kekuatan ESFP

Ada beberapa kekuatan yang dimiliki orang dengan tipe kepribadian ESFP, yakni :

  1. Terlalu berani dalam menjalani kehidupan sehingga menyanggupi segala resiko yang ada.
  2. Mau mencoba berbagai hal di dunia agar memperoleh pengalaman baru.
  3. Mereka tidak ragu untuk keluar dari zona nyaman dan selalu optimis terhadap segala sesuatu yang dilakukannya.
  4. Tidak berekspektasi tinggi dan tidak terlalu memikirkan tradisi. Sebab, mereka lebih memilih langsung bereksperimen terhadap sesuatu baru.
  5. Tampil lebih keren menggunakan cara baru yang mereka buat sendiri.
  6. Selalu memikirkan bahwa menjalani kehidupan didunia dengan langsung mengalami dan merasakan hal-hal yang ingin dilakukan.
  7. Melihat dan melakukan langsung hal-hal menarik yang dipertanyakan dirinya daripada mencari tahu terlebih dahulu.
  8. Selalu melakukan observasi terhadap lingkungan sekitarnya.
  9. Memiliki fokus yang sangat tinggi terhadap masa kini sehingga mampu melihat kenyataan yang sedang terjadi.
  10. Mampu memperhatikan topik pembicaraan orang lain dengan baik, jadi memperoleh topik baru untuk dijadikan obrolan.

D. Kekurangan dan Kelemahan ESFP

Tidak hanya memiliki kekuatan saja, tetapi ESFP juga memiliki kelemahan, yaitu :

  1. Berfikir dan bertindak secara emosional. Kelemahan ini akhirnya menjadi kebiasaan buruk yang sulit diatasi.
  2. Memilih menghindari konflik yang terjadi dan mengalihkan perhatian terhadap hal lain.
  3. Cepat bosan dengan sesuatu yang berbau rutinitas.
  4. Sering mencari hal-hal baru yang dianggap menarik dan tidak membosankan.
  5. Kurang menyukai rencana dan mempercayai bahwa rencana dapat diubah setiap saat. Dampaknya, mereka tidak memiliki rencana masa depan yang mendetail.
  6. Tidak dapat meletakkan fokus terhadap satu hal untuk waktu yang lama.

E. Profesi Cocok Bagi ESFP

Ternyata orang-orang ESFP sangat cocok menjalani profesi berikut ini karena sesuai dengan kekuatan dan karakter mereka.

  1. Bidang Hospitality
  2. Bidang Anak-anak
  3. Seniman
  4. Entertainer
  5. Designer
  6. Konselor
  7. Tour Guide
  8. Marketing

F. Tokoh Dunia Berkepribadian ESFP

Rupanya banyak tokoh-tokoh berpengaruh dunia yang berkepribadian ESFP, yakni :

  1. Marilyn Monroe
  2. Bill Clinton
  3. Bob Hope
  4. Ronald Reagan
  5. Goldie Hawn
  6. Pablo Picasso
  7. Saint Mark
  8. Woody Harrelson

Orang-orang ESFP ini dapat ditemukan di sekitar Anda. Mereka juga memiliki kekuatan dan kelemahan yang harus disadari sejak dini. Selain itu, banyak tokoh-tokoh berpengaruh didunia dianggap sebagai ESFP yang berhasil.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.