Kepribadian ESFJ Ciri Karakteristik, Kekuatan, Kelemahan, Profesi, dan Tokoh Dunia

Termasuk salah satu tipe kepribadian dari hasil tes kepribadian MBTI. ESFJ-The Caregiver terkenal sebagai sosok pemberi dan pengasuh. Adapun dimensi kepribadian ini antara lain extraversion, sensing, feeling, dan judging. Tergolong sebagai pribadi yang sangat bersahabat, bersungguh-sungguh dan paling direkomendasikan dalam kerjasama.

Mereka juga mencintai orang lain dengan kehangatan dan ketulusan. Lebih mengedepankan kemampuan judging dan sensing saat mencari informasi seseorang lebih mendetail. Informasi yang didapatkan tersebut digunakan sebagai penilaian terhadap orang lain. Dikenal sebagai individu yang mampu membaca kepribadian orang lain dengan tepat.

A. Apa Itu Kepribadian ESFJ – The Caregiver?

Kepribadian ESFJ merupaka orang-orang yang mampu mengemban tanggung jawab dalam melakukan hal-hal serius. Dalam hidupnya akan mencari stabilitas sekaligus keamanan. Dapat mengenali apa saja kebutuhan mereka, terutam melakukan tugas sebelum orang lain mengetahuinya.

Mengejutkannya lagi saat melakukan sesuatu hasilnya terbukti sangat memuaskan. Untuk lingkungan pergaulan, mereka ingin diterima dahulu baru dapat bergaul secara nyaman. Namun, saat menemukan perbedaan pemikiran akan merasa sakit. Tergolong sebagai pribadi murah hati dan ingin membuat semua orang merasa senang.

Ketika melakukan hal-hal besar, mereka sangat berharap mendapat apresiasi dari orang lain. Sangat sensitif dengan perasaan orang lain, jadi jangan heran perhatian yang diberikannya sangat tulus. Mereka juga cenderung ingin mengontrol lingkungan sekitarnya agar lebih terstruktur sesuai dengan kehendaknya.

Sayangnya, ketika berhadapan dengan hal-hal teoritis, analisis impersona, dan abstrak kurang merasa nyaman. Sangat suka membuat tata tertib dan hal-hal lebih terstruktur. Jika mengerjakan tugas sendiri hasilnya akan lebih baik dibandingkan ketika berkelompok. Dikenal sebagai individu yang menaati hukum dan aturan yang ada, sehingga ingin orang lain melakukan hal serupa.

Tetapi ketika mendapat aturan tidak akan mempertanyakan terlebih dahulu karena langsung dikerjakan. Rata-rata tipe kepribadian ESFJ dimiliki oleh perempuan. Apabila ditemukan laki-laki yang berkepribadian ini tidak akan feminim justru menampilkan kesan maskulin.

B. Ciri Karakteristik Kepribadian ESFJ

Anda dapat mengenali apakah orang-orang yang berada dilingkungan sekitar maupun keluarga memiliki tipe kepribadian ESFJ melalui ciri-ciri berikut ini:

1. Pribadi Terorganisir

Orang-orang dengan tipe kepribadian ini tergolong pribadi paling terorganisir. Dalam melakukan pekerjaan mereka akan menulis jadwal, tata tertib, dan membuat struktur. Alhasil, semua pekerjaan yang dilakukan dengan sebaik mungkin dan hasilnya memuaskan.

2. Menyukai Interaksi

Pada kehidupan sosialnya lebih menyukai interaksi dengan orang sekitarnya, lingkungan kerja, dan keluarga. Orangnya juga sangat asik, penuh simpati, dan hangat. Banyak orang menyukai komunikasi dengan ESFJ karena tidak membosankan.

3. Mendahulukan Orang Lain

Selalu mendahulukan orang lain seperti kebutuhan mereka daripada kebutuhan diri sendiri. Mereka juga sering memberikan perhatian nyata dan berlebihan terhadap orang lain. Sehingga sangat pas dijadikan partner untuk bekerjasama. Ketika menjalani kehidupannya ESFJ sangat rendah hati dan tidak sombong.

4. Butuh Pengakuan Orang Lain

Sayangnya saat melakukan tugas dan pekerjaan, mereka menginginkan pengakuan dari orang lain. Pengakuan inilah yang dianggap sebagai penghargaan yang membuat mereka lebih semangat.

C. Kelebihan dan Kekuatan ESFJ

Sejak lahir ESFJ dianugerahi kekuatan dalam menjalani kehidupan, diantanya:

  1. Memiliki kemampuan praktikal yang sangat baik dan menyelesaikan tugas sebaik mungkin.
  2. Membuat orang lain tertawa dan merasakan kebahagiaan.
  3. Bertanggung jawab atas semua tugas yang diberikan dan tidak akan menelantarkannya.
  4. Pribadi yang dapat dipercaya, loyal, dan baik dalam pekerjaan, hubungan pertemanan, dan pasangan.
  5. Biasanya dijadikan sebagai pilar dalam komunitas, kelompok, dan grup yang mereka ikuti karena orangnya dapat diandalkan. Selain itu, mampu memberikan pemecahan masalah terbaik dan ide-ide yang segar.
  6. Memilih keharmonisan sehingga mempedulikan perasaan individu lain. Selalu bertindak dengan hati-hati agar tidak menyakiti orang sekitarnya.
  7. Kepribadiannya berdampak pada pergaulan ESFJ yang memiliki banyak teman.
  8. Jarang terlibat dalam masalah ketika menjalin hubungan.

D. Kekurangan dan Kelemahan ESFJ

ESFJ juga memiliki kelemahan-kelemahan sebagai berikut ini :

  1. Terlalu mengkhawatirkan pandangan dan stasusnya dalam lingkungan pergaulan dan pekerjaan.
  2. Kekhawatiran tidak diakui membuat ESFJ membatasi aktivitas yang dilakukan. Alhasil, sulit berkembang karena terlalu banyak pertimbangan.
  3. Cenderung memaksakan apa yang mereka percaya agar menjadi hal konvensional yang diterima secara umum.
  4. Sering mengkritisi hal-hal yang dianggap tidak biasa.
  5. Menyukai zona nyaman sehingga tidak ingin keluar dan mencoba hal-hal baru.
  6. Takut dilihat sebagai pribadi berbeda oleh masyarakat.
  7. Ketika mendapat kritika akan merasa tertekan.
  8. Selalu menghindari konflik sehingga sering lari dari tanggung jawab.
  9. Mudah merasa tersakiti apabila orang lain mengkritik kebiasaan, tradisi, dan kepercayaan yang diyakini.
  10. Selalu berusaha membuktikan dirinya apabila hal-hal yang dilakukan tidak mendapat apresiasi.
  11. Tidak ragu melakukan hal-hal aneh hanya untuk memperoleh perhatian dari orang lain.

E. Profesi Cocok Kepribadian ESFJ

Rupanya inilah profesi yang tepat dijalani bagi pemilik kepribadian ESFJ karena sesuai dengan kekuatan yang dimiliki :

  1. Perencana Keuangan
  2. Bidang anak-anak
  3. Hospitality
  4. Perawat
  5. Konselor
  6. Administratif
  7. Guru

F. Tokoh Dunia Kepribadian ESFJ

Ternyata banyak orang berpengaruh di dunia ternyata memiliki kepribadian ESFJ, diantaranya:

  1. Nancy Kerrigan
  2. William McKinley
  3. Sally Field
  4. Terry Bradshaw

Orang dengan kepribadian ESFJ juga sangat disarankan untuk memikirkan diri sendiri. Jangan terlalu mengorbankan diri sendiri hanya untuk membahagiakan orang lain. Dalam mengambil keputusan juga dapat menerima masukan dari orang lain dan menjadi pribadi tegas. Kepribadian ini juga banyak disekitar Anda yang dapat dikenali dengan ciri-ciri seperti uraian diatas.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.