Home Kehidupan Kepribadian ENFP : Ciri Karakteristik, Kekuatan, Kelemahan, Profesi, dan Tokoh Dunia

Kepribadian ENFP : Ciri Karakteristik, Kekuatan, Kelemahan, Profesi, dan Tokoh Dunia

Kepribadian ENFP Ciri Karakteristik, Kekuatan, Kelemahan, Profesi, dan Tokoh Dunia

Tergolong salah satu tipe kepribadian dari hasil tes MBTI. ENFP – The Champion juga populer dengan orang yang berjiwa juara dan inspirator. Dimensi dari kepribadian ini antara lain extraversion, intuition, feeling, dan perceiving. Mereka merupakan pribadi yang penuh antusiasme, imajinatif, dan hangat.

Selalu melihat kehidupan dari berbagai kemungkinan, tidak jarang orang ENFP memiliki kemampuan memotivasi orang lain. Selain itu, sangat mencintai kehidupan mereka dan menganggap segala hal dalam hidupnya merupakan suatu anugerah. Tidak ragu berjuang dalam mengerjakan sesuatu dengan bersungguh-sungguh.

A. Apa Itu Kepribadian ENFP ?

Rupanya orang-orang ENFP memiliki banyak talenta atau multitalent. Namun, ketika tertarik akan hal tertentu, tidak ragu menjadikan hal tersebut profesinya. Tergolong individu yang berorientasi proyek-proyek sepanjang hidupnya. Jadi, jangan heran apabila orang-orang ENTP melewati berbagai karir berbeda.

ENFP juga butuh apresiasi dari orang lain terhadap hal-hal yang telah dilakukan. Terlebih lagi dukungan supaya tugas yang dikerjakan membuahkan hasil memuaskan. Mungkin ketika pertama kali melihat ENFP, orang menilainya sebagai manusia tanpa tujuan dan arah hidup yang jelas. Tetapi dibalik semua hal yang dilakukan ENFP tergolong konsisten.

Menyoal nilai kehidupan sudah pasti dipegang teguh oleh orang-orang ENFP. Selain itu, menganggap hubungannya dengan orang lain merupakan hal penting. Kemampuan komunikasi ENFP memang benar-benar diakui dari komunikasinya dengan orang lain benar-benar fasih.

Ketika mencari solusi terhadap permasalahan lebih mengedepankan kemampuan intuisi. Meskipun, tidak jarang menghakimi seseorang atau sesuatu dengan keliru. Mereka juga suka menilai seseorang dari persepsi sendiri.

Seseorang ENFP ketika berperan sebagai orang tua biasanya memiliki banyak pengalaman. Tetapi, yang perlu diperhatikan agar ENFP sebagai orang tua tidak terlalu megedepankan judging dan sensing terhadap anak. Hal ini akan menunjukkan pribadi orang tua yang sulit dimengerti dan kurang konsisten.

B. Ciri Karakteristik Kepribadian ENFP

Anda dapat melihat apakah teman, keluarga, pasangan termasuk dalam tipe kepribadian ENFP dari ciri-ciri berikut ini:

1. Intuitif

Orang-orang dianugerahi dengan intuisi yang tinggi, terutama ketika menilai seseorang. Dari sini pula orang ENFP lebih mudah berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Tidak mudah mengelabui atau memanipulasi keadaan ketika berhadapan dengan orang-orang ENFP.

2. Mendahulukan Kepentingan Orang Lain

Dalam pergaulan ENFP cenderung mendahulukan kepentingan orang lain dibanding dirinya sendiri. Hal ini dapat membuat orang lain merasa nyaman dan senang mengenal mereka. Namun, harus hati-hati karena sangat mungkin kebaikannya dimanfaatkan oleh orang lain.

3. Pribadi Bersahabat

Sosok sahabat yang berkepribadian ENFP umumnya ramah dan kooperatif. Sehingga banyak orang yang berminat menjadi sahabatnya. Mereka tidak segan melindungi orang-orang yang dianggap berarti bagi hidupnya.

4. Kreatifitas Tinggi

Kreatifitas orang-orang ENFP tidak perlu diragukan lagi, mampu membawa ide-ide baru. Selain itu, mampu mengubah hobi menjadi kreatifitas. Terlihat sangat berenergi ketika melakukan berbagai hal.

5. Berjiwa Kepemimpinan

ENFP tergolong sebagai individu dengan jiwa kepemimpinan paling pas. Biasanya tidak akan bertindak semena-mena karena mereka paham tidak enak apabila dikontrol orang lain. Orang ENFP merupakan pribadi yang tidak suka apabila terlalu dikontrol orang lain.

6. Mengedepankan Logika

Ketika mengerjakan sesuatu orang ENFP mengedepankan logika dan rasionalitasnya. Mereka kurang mempercayai hal-hal abstrak karena dianggap kurang efektif.

C. Kelebihan dan Kekuatan ENFP

Tipe kepribadian ENFP sudah diberkahi dengan kekuatan berikut ini sejak lahir.

  1. Rasa penasaran tinggi jadi ingin selalu mencoba hal-hal baru dengan maksud mendapatkan pengalaman baru.
  2. Tidak khawatir bahkan berani keluar dari zona nyaman.
  3. Memiliki pikiran yang terbuka dan sangat imajinatif. Cenderung melihat kehidupan dan lingkungan bagaikan puzzle.
  4. Menyukai proses observasi terhadap lingkungan sekitar.
  5. Memandang ide akan terwujud hanya dengan melakukan pergerakan, intinya adalah berusaha.
  6. Mengatakan apa saja yang menjadi ketertarikannya dan menceritakan hal tersebut kepada orang lain. Jadi, tidak sulit bagi orang ENFP mendapatkan informasi dan teman baru.
  7. Memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik, lawan bicaranya dapat menikmati obrolan mereka baik serius maupun santai.
  8. Cara melepas kepenatan dan stress hanya dengan bersenang-senang.

D. Kekurangan dan Kelemahan ENFP

Orang-orang ENFP memiliki beberapa kelemahan yang hendaknya diperbaiki, antara lain:

  1. Sangat kurang dalam hal kemampuan praktikal terutama saat eksekusi ide menjadi proyek.
  2. Memerlukan dorongan dari orang lain agar ide yang dimiliki terealisasi dengan baik dan dapat berjalan.
  3. Sulit memfokuskan diri hanya pada satu tujuan.
  4. Sulit melakukan pekerjaan rutin.
  5. Terlalu berlebihan ketika menganalisa sesuatu atau pekerjaan yang sebenarnya sederhana.
  6. Sering memiliki pikiran berlebihan yang ujung-ujungnya menyebabkan kesulitan tidur.
  7. Apabila berada dalam tekanan, konflik, maupun kritikan biasanya memiliki emosi yang tinggi. Tidak jarang merugikan diri sendiri karena amarahnya yang meledak.
  8. Sering menyalahkan diri sendiri apabila terjadi suatu kesalahan dari apa yang mereka kerjakan.

E. Profesi Cocok Bagi ENFP

Orang dengan kepribadian ENFP akan mudah berkembang ketika menjalani profesi berikut :

F. Tokoh Dunia Berkepribadian ENFP

Beberapa tokoh paling berpengaruh di dunia ini memiliki tipe kepribadian ENFP, yakni :

  • Will Smith
  • Bob Dylan
  • Dr. Seuss
  • Andy Kaufmann
  • Charlotte Bronte
  • Charles Dickins
  • Robin Williams

Dalam menjalani kehidupan sebaiknya pribadi ENFP lebih fokus dengan tujuannya. Disamping itu, harus lebih konsisten, tegas, dan disipling dalam banyak hal. Memang sulit menerima kritikan, sehingga harus berusaha berlapang dada agar menghindari terjadinya konflik.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.