Pengertian Extrovert - Sifat, Karakter, Mitos, Ciri Ciri dan Profesi yang Sesuai

Secara umum definisi atau pengertian ekstrovert adalah kepribadian seorang yang cenderung mendapatkan energi dan distimulasi dari dunia di sekitar mereka. Kepribadian introvert adalah orang-orang yang menyukai kesendirian. Hal ini bertolak belakang dengan orang berkepribadian extrovert. Sangat menyukai interaksi dan keramaian. Jadi, jangan heran orang-orang extrovert terlihat antusias dan menonjol ditengah orang-orang. Apalagi extrovert sangat suka bercengkrama dengan orang-orang baru.

A. Apa itu Kepribadian Extrovert?

Extrovert merupakan seseorang yang mengisi ulang energinya saat berada di sekitar orang. Bukan berarti enggan sendirian, tetapi lebih suka ditemani orang lain karena itu membuat mereka bersemangat. Tidak berarti bahwa mereka baik dengan orang lain atau bahagia sepanjang waktu, tetapi adanya orang lain itu penting bagi mereka. Dengan bersama orang-orang extrovert suasana menjadi hidup karena hal-hal menyenangkan bisa mereka lakukan. Saat sedang muram pun orang extrovert dapat mencari kebahagiaan dari external diri mereka.

Hal-hal yang menyenangkan bagi orang extrovert antara lain aktivitas sosial, komunikasi, dan berbicara di depan umum. Menyoal pergaulan juga extrovert memiliki banyak teman. Lebih menyukai kegiatan diluar rumah dibandingkan berdiam dalam ruangan saja. Sendirian adalah keadaan yang paling dihindari karena merasa hal tersebut membosankan.

B. Mitos Orang Extrovert

Mitosnya orang-orang ini tidak dapat berhenti berbicara, apalagi jika sedang bahagia. Extrovert tidak akan berhenti menunjukkan kebahagiaan mereka. Tempat-tempat yang sering digandrungi seperti caffe, hiburan malam, malll, dan warung kopi.

Kamu dapat mengenali apakah temanmu seorang extrovert dengan mengajaknya bermain ke luar. Jika teman kamu bersemangat, besar kemungkinan dia memiliki kepribadian extrovert. Energinya mereka akan terisi setelah berada di tengah lingkungan interaktif.

Seorang extrovert cenderung menjadi lebih bersemangat untuk melakukan banyak hal jika mereka berada di lingkungan yang interaktif. Bahkan, saat sedih pun extrovert dapat berkomunikasi baik dengan orang lain.

Namun, terkadang extrovert dapat bertindak impulsif maupun easy going. Hal-hal kecil yang mereka lakukan tidak akan terlalu dipikirkan. Berbeda dengan introvert yang memikirkan hal kecil dan cenderung sensitif. Intinya, mereka tidak mau ribet, pembawaannya lebih santai.

C. Ciri-ciri Kepribadian Extrovert

Orang dengan kepribadian extrovert ternyata mudah dikenali dengan melakukan komunikasi. Berkut ciri-cirinya.

1. Senang Bersosialisasi dan Berinteraksi

Extrovert sangat menyukai kegiatan yang membuat mereka berinteraksi dengan orang banyak. Keramaian menjadi hal yang menyenangkan dan dicari oleh mereka. Bahkan, extrovert tidak segan-segan mengajak tetangga sekitarnya berinteraksi. Sehingga, mereka dinilai sebagai pribadi ramah dan mudah berbaur.

2. Antusias dan Selalu Bersemangat

Extrovert selalu mengawali hari dengan semangat. Sementara, ketika akan mengerjakan sesuatu yang baru sangat terlihat antusiasmenya. Wajah mereka selalu menampakan raut sumringah disetiap kesempatan. Hal ini juga memberikan energi positif bagi orang sekitar dan lingkungannya. Namun, extrovert tetap manusia terkadang dapat mengalami perasaan terpuruk jika sedang dilanda kegalauan dan kekecewaan.

Extrovert juga sangat tertarik mempelajari hal-hal baru. Inilah ciri-ciri paling khas mudah dikenali dari orang dengan kepribadian extrovert. Berbeda dengan seorang introvert yang kurang dapat mengekspresikan perasaan mereka.

3. Mudah Bergaul

Pergaulan extrovert sangat luas, mudah mendapatkan teman di dunia nyata maupun dunia maya. Selain itu, memiliki skill komunikasi yang mampu menarik orang lain berbicara dengan mereka. Extrovert sangat mudah mendapatkan teman dimana pun dan kapan saja.

Mereka tidak pilih-pilih dalam berteman. Orang yang baru berkenalan dengannya pun dapat diterima dengan baik dan tidak menunjukkan sikap tertutup. Adapun kelemahan dari orang extrovert dalam pergaulan yakni kurang selektif. Sehingga, dapat berpotensi terjerumus ke pergaulan yang salah.

4. Melakukan Hal Spontan

Extrovert memang terkenal sebagai orang-orang yang menyukai spontanitas. Maksudnya tidak berpikir panjang sebelum melakukan tindakan. Kata-kata dari mulut mereka juga ceplas ceplos. Apa yang ada dipikiran mereka akan langsung disampaikan, tidak menunggu disimpan dalam perasaan.

5. Senang Jadi Pusat Perhatian

Orang-orang ini akan merasa nyaman ketika disoroti lingkungan sekitarnya atau menjadi pusat perhatian. Jika dalam dunia sekolah, para extrovert biasanya populer diantara teman-temannya. Ciri-ciri inilah yang membuat orang extrovert lebih pas menjadi selebritis.

6. Mencairkan Suasana

Apabila suasana sedang membosankan, maka panggil saja orang-orang extrovert. Segudang kalimat dan candaan yang mereka berikan akan membuat suasana menjadi hidup. Para extrovert sudah diakui sebagai ice breaker terbaik dalam setiap situasi dan kondisi.

7. Lebih Senang Berbicara Daripada Mendengarkan

Ciri-ciri yang satu ini juga dapat menandakan kelemahan seorang extrovert yaitu lebih suka berbicara daripada mendengarkan. Pada situasi tertentu orang lain melihatnya sebagai pribadi yang egois dan ingin menang sendiri. Dapat dilihat saat terlibat dalam forum diskusi, dominasi extrovert lebih signifikan. Mereka tidak segan-segan menyampaikan ide dan gagasan yang dianggap kreatif.

8. Selalu Tampil Percaya Diri

Tidak semua orang memiliki rasa percaya diri. Dalam hal ini extrovert adalah juaranya. Extrovert tidak ragu untuk tampil berbeda dari yang lainnya. Ciri khas inilah yang paling kental bagi orang extrovert, kepercayaan dirinya juga didukung dengan sikap energik.

D. Profesi Orang Extrovert

Berikut ini profesi paling tepat bagi oleh orang-orang extrovert karena keahlian komunikasi yang dimiliki, yakni :

  • Influencer
  • Vlogger
  • Artis
  • Penggiat Sosial
  • Wakil Rakyat
  • Bisnis
  • Sales
  • MC (master of ceremony)



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.