Kepribadian ENTP Adalah Ciri Karakteristik, Kekuatan, Kelemahan, Profesi dan Tokoh Dunia

Tipe kepribadian ENTP merupakan salah satu hasil dari tes kepribadian MBTI yang populer di dunia. ENTP dikenal sebagai inidividu yang berjiwa inventor dan visioner. Dimensi dari ENTP yakni extraversion, intuition, thinking, perceiving.

Umumnya ENTP sering mendapatkan ide dadakan ketika berada dalam situasi luar biasa dalam hidupnya. Misalnya terjebak dalam situasi genting yakni kerusuhan. Untuk intuisi yang dimiliki ENTP tergolong tajam dan sangat sensitif. Intuisi inilah yang digunakan untuk memutuskan sesuatu baik itu mengenai sesuatu yang terjadi disekelilingnya.

A. Apa Itu Tipe Kepribadian ENTP-The Debater?

Orang ENTP – The Debater merupakan individu yamg mampu mengerti kondisi sekitarnya.  Dikenal sebagai sosok individu mampu memahami perasaan orang lain. Selalu menunjukkan sikap fleksibel saat menyelesaikan pekerjaan dan tugas.

Secara personal para ENTP ketika tertarik terhadap sesuatu maka akan mengerjakannya sampai dapat atau memperoleh pencapaian. Sehingga tidak jarang mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan passionnya. ENTP juga dianggap sebagai orang-orang yang sangat suka mengasah intuisinya.

Biasanya intuisi yang mereka miliki dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah. Mereka akan membuat berbagai jalan keluar agar masalahnya dapat terselesaikan. Dinilai sebagai golongan yang berjiwa merdeka, kaya akan ide-ide dan potensi diri.

ENTP juga tidak ragu mengajak individu lain agar antusias melakukan sesuatu sama seperti mereka. Sangat percaya bahwa kegiatan apapun dilakukan dengan antusiasme akan berjalan dengan lancar. Namun, sayangnya kepribadian ENTP kurang suka mengembangkan ide yang dimulainya sendiri.

Alhasil perilaku seperti ini menjadi kebiasaan buruk, sering meninggalkan sesuatu yang telah dimulai. Cenderung tertarik terhadap informasi terbaru tetapi menghindari pengambilan keputusan. Sangat rasional, logis, dan melihat fakta ketika menyimpulkan semua hal. Apabila orang dengan tipe kepribadian ENTP bisa mengembangkan bakatnya dipastikan menjadi seseorang yang visioner hebat.

Banyak orang mengakui ENTP sering terobsesi terhadap detail kecil. Mereka menganggap detail tersebut sangat penting meskipun kenyataannya tidak terlalu penting. Sangat tertarik terhadap konsep, tantangan, dan hal-hal sulit. Saat dihadapi dengan masalah biasanya melakukan improvisasi supaya menemukan solusi kreatif.

B. Ciri Kepribadian Kepribadian ENTP

Coba kenali apakah orang disekitar Anda memiliki kepribadian ENTP melalui ciri-ciri berikut ini.

1. Orientasi Proyek

Orang lain melihat kepribadian ENTP memiliki pemikiran dan karir yang berorientasi proyek. Sebab, lebih cenderung membangun ide dan teori yang dimiliki. Ketika berhadapan dengan proyek akan mengasah kreatifitas dan akalnya.

2. Multi-talent

Biasanya para ENTP memiliki lebih dari satu bakat. Contohnya kemampuan berkomunikasi, bernyanyi, seni yang dapat diasah dalam waktu bersamaan. Apabila ada orang yang mengajaknya melakukan hal yang disenangi maka langsung akan menerima tawaran tersebut.

3. Berjiwa Kepemimpinan

ENTP banyak diakui sebagai sosok pemimpin yang baik dan dicintai pengikutnya. Dalam pergaulan dalam masyarakat juga mudah diterima karena sikapnya yang mudah bersosialisasi. Meskipun sudah dianugerahi kemampuan kepemimpinan biasanya tidak suka mengendalikan. Namun, orang-orang ENTP juga menolak apabila diatur orang lain.

4. Pribadi Energik

Terlihat jelas ENTP adalah orang yang sangat energik dan suka memotivasi orang lain. Sangat suka mengerjakan hal-hal baru dimana belum pernah dilakukan sebelumnya. Mereka menganggapnya sebagai tantangan yang wajib diambil.

5. Intelektualitas Tinggi

Aspek intelektual yang mereka miliki tidak perlu diragukan lagi karena tergolong tinggi. Mereka mampu mempelajari sesuatu dengan cepat. Apabila mendalami sesuatu dengan fokus makan akan memiliki kompetensi pada bidang tersebut.

6. Tidak Suka Jadwal Padat 

Kebanyakan orang dengan tipe kepribadian ENTP tidak menyukai jadwal padat dan sangat berdekatan. Mereka menganggap butuh sela-sela waktu untuk menjernihkan pikiran. ENTP juga kurang menyukai melakukan rutinitas yang sama setiap hari.

C. Kelebihan dan Kekuatan ENTP

ENTP rupanya telah dikaruniai kekuatan berikut ini sejak lahir.

  1. Mudah mempelajari hal-hal yang dianggap menarik.
  2. Pola pikirnya sangat fleksibel.
  3. Bisa berpindah pembicaraan dengan cepat dan menelaahnya dengan cekatan.
  4. Pemikirannya jauh dan biasanya menemukan hal-hal baru dengan ide kreatifnya.
  5. Mampu menganalisa masalah dari berbagai sudut pandang.
  6. Mampu memberikan solusi terbaik pada tiap masalah.
  7. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menarik perhatian orang lain.
  8. Tingkat kepercayaan dirinya tinggi.
  9. Penuh energi dan antusiasme tinggi membuat mereka tahan bekerja siang malam.

D. Kekurangan dan Kelemahan ENTP

ENTP juga mempunyai kelemahan yang sebaiknya dibenahi, antara lain.

  1. Terlalu berfikiran argumentatif jadi sering menciptakan perdebatan.
  2. Pikiran terlalu rasional akibatnya mengabaikan perasaan orang.
  3. Kurang toleransi terhadap pendapat orang lain, memegang teguh pendapat sendiri.
  4. Sering menolak ide orang lain jika tidak sejalan dengan yang ia miliki.
  5. Jarang menyelesaikan ide yang dibangun dari awal karena mudah berpindah-pindah ide.
  6. Cenderung keras kepala dan ngotot.

E. Profesi Bagi Kepribadian ENTP

Orang berkepribadian ENTP akan lebih maju apabila menjalani profesi berikut ini. Pasalnya, profesi-profesi ini sangat cocok untuk mengembangkan karir tipe kepribadian ENTP.

  1. Konsultan
  2. Marketing
  3. Aktor
  4. Pengacara
  5. Fotografer
  6. Programmer
  7. Ilmuwan
  8. Psikolog

F. Tokoh Dunia Berkepribadian ENTP

Adapun beberapa tokoh dunia yang memiliki pengaruh besar disinyalir berkepribadian ENTP, antara lain:

  1. John Adams
  2. Theodore Roosevelt
  3. Alexander the Great
  4. Alfred Hitchcock
  5. Lewis Carroll
  6. Julia Child
  7. Walt Disney
  8. Thomas Edison

Orang berkepribadian ENTP hendaknya belajar mengalah ketika berhadapan dengan masalah. Mencoba belajar mengalah agar menemukan win-win solution. Tujuannya agar dapat belajar menjadi pribadi tegas dam bertanggung jawab. ENTP juga disarankan tidak ikut campur dalam perdebatan bersama orang lain. Lebih baik mengemukakan pendapat netral yang mampu menjadi pereda suasana.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.