Kepribadian INFJ Kelebihan, Kekurangan, Profesi, dan Tokoh Dunia

Tipe kepribadian INFJ tergolong paling langka didunia dari hasil tes kepribadian MBTI. Sebab, orang INFJ-The Advocate populasinya hanya ada 1% dari seluruh manusia bumi. Meskipun langka, pribadi ini selalu meninggalkan jejak sejarah baik itu yang buruk maupun kebaikan. Beragam profesi menakjubkan juga cocok dilakukan oleh orang-orang INFJ.

A. Apa itu Kepribadian INFJ-The Advocate?

INFJ merupakan singkatan dari Introvert, Intuition, Feeling, and Judging. Ciri khas yang mudah dikenali dari kepribadian mereka adalah si idealis nan lembut. Selalu bersikap tenang namun memiliki cita-cita dan nilai mulia. Umumnya cita-cita orang INFJ ini mengubah dunia menuju arah kebaikan sesuai pemikiran mereka.

Selain itu, INFJ juga memiliki perasaan yang sensitif dan mudah simpatik terhadap orang lain. Mau menjadi pendengar dan memahami permasalahan orang lain, bahkan tidak jarang membantunya. Menyoal idealisme tidak perlu diragukan lagi, karena INFJ memegang nilai idealisme yang tinggi.

Maksudnya, ketika telah memiliki sebuah prinsip maka dari prinsip itu dijadikan pegangan hidup. Walaupun kebanyakan prinsip tersebut hanya dipendam sendiri, yang ditunjukkan kepada orang lain hanya ketenangan dan kelembutan.

Sebenarnya, orang-orang dengan kepribadian INFJ sering memikirkan hal rumit tanpa disadari. Diri mereka sendiri juga tahu bahwa mereka adalah orang yang rumit, sehingga lebih banyak diam dibanding berbicara. INFJ juga terkenal sebagai pribadi yang sulit dipahami.

B. Kekuatan dan Kelebihan INFJ

INFJ memiliki segudang kelebihan yang selalu menarik untuk ditelusuri. Berikut ini daftar kelebihan si lembut yang memiliki prinsip ini.

1. Introvert Pandai Bergaul

Banyak orang mengira INFJ seorang ekstrovert, karena terlihat mudah bergaul dan beradaptasi Sebenarnya INFJ introvert, karena mereka tidak begitu menyukai tempat yang ramai orang. INFJ dapat mengisi kembali energinya setelah menjauh dari kerumunan dan mendapatkan me time nya.

2. Intuisi Tajam

Hati-hati ketika membohongi INFJ karena mereka pandai mengetahui kemunafikan dan kebohongan. Mereka tahu lawan bicaranya hanya memanipulasi dan membual saja. Selain itu, INFJ pandai melihat kejadian dan masalah dari sudut pandang. Walaupun demikian, seringkali INFJ membiarkan orang lain berbohong karena infj tidak menyukai konflik.

3. Selalu Merasa Berbeda Dengan Orang Lain

INFJ tidak jarang merasa diri mereka berbeda dari orang kebanyakan. Sehingga sangat sulit mencari partner atau tim yang satu frekuensi. Alhasil INFJ sering merasa kesepian walaupun memiliki banyak teman.

4. Mempesona dan Pribadi Hangat

Kepribadian mereka ramah dan hangat. INFJ lebih suka mendengar perkataan orang lain dan mau membantu. Jadi, jangan heran banyak orang dan teman yang nyaman berada didekatnya.

5. Memiliki Rasa Empati Tinggi

INFJ juga lebih memahami perasaan orang lain. Mereka sangat peka jika seseorang sedang merasa sedih dan mudah mengetahuinya. Selain itu, memiliki rasa peduli yang tinggi ketika teman dan keluarga berada dalam kesulitan. Apa yang dilakukan iklas dan tidak mengedepankan kepentingan sendiri.

6. Berkeinginan Mengubah Dunia

Orang-orang dengan kepribadian ini bermimpi untuk mengubah dunia serta tau cara mewujudkannya. INFJ juga melihat hal-hal baik didunia, dari sana ingin berkontribusi membuat perubahan. Umumnya INFJ ingin menciptakan sesuatu yang dampaknya positif bagi orang banyak. Mereka juga tidak membiarkan siapapun mengganggu cita-cita dan apa yang diyakini.

7. Pribadi Visioner

INFJ juga terkenal sebagai seseorang yang memiliki visi besar. Agar cita-cita besarnya terwujud mereka akan fokus dalam mengambil tindakan. Secara bertahap mereka akan melakukan hal konkret untuk mewujudkannya. Mereka sangat ahli dalam menulis, yang akhirnya digunakan untuk mendorong orang lain melakukan kehendaknya. Namun, INFJ jarang menyelesaikan hal-hal sepele karena dianggap tidak begitu penting.

8. Ambisius

Memang idealis menjadi bagian dari hidup INFJ yang membuatnya mengerjakan sesuatu yang dianggap penting hingga selesai. Bahkan, INFJ tidak ragu-ragu memaksa orang lain agar mengimbangi kinerjanya. Mereka juga sangat berikeras mengerjakan sesuatu yang menjadi passionnya.

Tipe Kepribadian Paling Langka - INFJ si Misterius yang Unik dan Berbeda

C. Kelemahan dan Kekurangan INFJ

INFJ juga memiliki kekurangan yang membuatnya kurang disukai oleh orang lain, antara lain yaitu:

 1. Pribadi Sensitif

Mereka sangat sensitif jika prinsipnya dipertanyakan dan sulit menerima kritikan. Apalagi jika diledek mudah tersinggu sampai dimasukkan di dalam hati.

2. Memaksa Pekerjaan Melebihi Kemampuan Orang Lain

Memiliki passion yang kuat membuat INFJ memaksakan orang lain mengerjakan sesuatu melebihi kemampuannya. Tidak jarang tindakannya ini justru dapat memicu konflik.

3. Sulit Membuat Keputusan Berat

Terkadang ketika menghadapi masalah INFJ sulit menemukan solusi yang tepat. Jika berhubungan dengan perasaan orang lain terlebih lagi mereka memiliki empati tinggi, dampaknya sering kesusahan dalam mengambil keputusan.

4. Menghindari Konflik

Sayangnya orang-orang INFJ cenderung menghindari konflik. Mereka juga ingin menyenangkan setiap orang dan semua pihak.

5. Perfeksionis

Pribadi yang sangat terobsesi mengejar cita-citanya. Keinginan kuat dan besarnya didukung dengan sikap perfeksionisnya. Alhasil, mereka ingin semua hal berjalan sesuai keinginannya.

6. Mudah Mengalami Stres

Memiliki passion yang kuat ternyata tidak selalu baik bagi orang INFJ. Mereka biasanya kesulitan melampiasan beban pikiran dan amarah. Jadi, tidak jarang mengalami stress dengan mudah.

D. Profesi Pas Kepribadian INFJ

Ternyata orang-orang INFJ cocok menyelami profesi berikut ini. Meskipun tidak wajib bagi setiap INFJ memiliki karir sesuai kepribadiannya karena bergantung banyak faktor, seperti lingkungan dan watak.

  1. Aktor
  2. Seniman
  3. Musisi
  4. Fotografer
  5. Pengusaha
  6. Konselor
  7. Psikolog
  8. Pemuka Agama (religious worker)
  9. Pustakawan
  10. Penulis
  11. Guru
  12. Blogger
  13. Vlogger

E. Tokoh Poluler Dunia Berkepribadian INFJ

Meskipun populasi orang berkepribadian INFJ sangat sedikit, beberapa tokoh terkenal sepanjang masa yang memiliki kepribadian ini, yakni:

INFJ Meme - Pemikir dan Perasa
  • Plato
  • Martin Luther King, Jr
  • Mahatma Gandhi
  • Nelson Mandela
  • Billy Crystal
  • Carl Gustav Jung
  • Johann Wofgang von Geothe
  • Mary Wollstonecraft
  • Niels Bohr
  • Adolf Hitler

Memang tidak diragukan lagi, orang-orang INFJ ini sangat perfeksionis melakukan banyak hal, terutama berhubungan dengan mimpinya. Masih tergolong pribadi introvert INFJ memerlukan privasi atau waktu sendiri untuk menambah energi. Selain itu, mereka dapat mengerjakan banyak profesi menakjubkan sesuai dengan kelebihannya. Semoga ulasan mengenai tipe kepribadian INFJ ini bermanfaat.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.