Jagad.id – Pemimpin Merupakan sesorang yang akan memepengaruhi atau memberi sebuah contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai sebuah tujuan dalam organisasi ataupun kelompok. Untuk memepelajari agar menjadi seorang pemimpin, anda harus mempelajarinya dengan melakukannya dalam kerja, dalam artian anda harus menjadi pemimpin bukan hanya katanya saja, tapi ada kerja keras dan kerja nyata.
Menjadi pemimpin harus bisa mencontohkan yang baik dan bisa mengurus pengikutnya agar bisa menjadi panutan bagi calon calon penerus sebuah kepemimpnan. Setiap organisasi ataupun kelompok pasti memerlukan kerja sama antar manusia dan tahu bahwa permasalahan setiap manusia adalah seorang pemimpin. Contohnya adalah seorang pemimpin negara khususnya Indonesia, presiden harus bisa menjadi contoh baik kepada warganya dan bisa memajukan kesejahteraan rakyatnya mulai dari ekonomi, sosail dan budaya.
Untuk itu, untuk menjadi seorang pemimpin dari yang besar ataupun yang kecil, harus memenuhi beberapa kriteria kepemimpinan yang baik dan benar agar bisa membimbing warganya kedalam kesejahteraan.
Kriteria Pemimpin Yang Baik Dan Benar
1. Terjun Lapangan
Seorang pemimpin yang baik bukan hanya menyuruh anak buahnya saja untuk melakukan suatu pekerjaan, tetapi pemimpin yang baik harus bisa terjun langsung ke lapangan untuk menapatkan hasil yang lebih memuaskan. Selain itu, juga dapat menjadi contoh yang baik bagi warganya agar jika sewaktu waktu warganya menjadi seorang pemimpin bisa menjadi contoh juga bagi pengikutnya, begitupun seterusnya. Hal ini sangat baik kedepannya dan pemimpin yang sering terjun ke lapangan menandakan bahwa ia adalah seorang pekerja keras. Seorang pemimpin yang bisa terjun ke lapangan secara langsung akan mendapatkan respect (Rasa Hormat) dari karyawaanya dan akan dinilai lebih baik oleh semua yang bersangkutan.
2. Hubungan Yang Baik
Seorang pemimpn harus memiliki kriteria tersebut untuk menghasilkan kerja yang optimal. Pemimpin harus memiliki hubungan yang baik terhadap karyawannya agar ia bisa membuat nyaman dan aman saat menjadi anak buahnya (Bawahan). Perlu di ingat, bahawa seorang bawahan atau karyawan memiliki kepribadian yang unik dan permasalahan tertentu. Menjadi seorang pemimpin harus benar benar berbaur dengan karyawannya, Anda bisa mengenalnya secara personal sehingga karyawan tidak akan merasa canggung sehingga seorang pemimpin bisa melakukan coaching yang tepat.
3. Menumbuhkan Motivasi
Pemimpin yang baik harus bisa menjadi acuan bagi bawahannya. Di sisi lain, seorang pemimpin juga harus menghargai kerja keras seorang karyawan dengan memberikan penghargaan atapun dengan yang lainnya agar bisa menumbuhkan motivasi dirinya untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Adapun jika ada karyawan yang terlambat berikanlah kata kata pujian tanpa menyindirnya sedikitpun. Itu akan membuat karyawan tersebut menjadi lebih baik lagi dan termotivasi untuk tidak mengulangi kesalahannya.
4. Menjadi Inspirasi
Pemimpin yang baik harus menjadi seorang yang bisa ditiru oleh para karyawannya. Berbagi penglaman kepada bawahan adalah cara terbaik bagi anda untuk menjadi inspirasi bagi karyawan maupun semua orang. Pengalaman yang anda punya bisa menjadi sebuah inspirasi bagi bawahan. Anda bisa menceritakan pertam kali anda bekerja atapun hal apapun yang anda kerjakan dari nol hingga menjadi seorang pemimpin. Hal itu akan sangat bermanfaat dan menjadi tolak ukur bagi para karyawannya.
5. Komunikasi Yang Baik
Pemimin yang baik dan benar merupakan seorang yang bisa berkomunikasi dengan perorangan ataupun kelompok secar jelas, tegas, dan dimengerti. Setiap perkataan seorang pemimpin akan sangat berpengaruh kedepannya karena setiap ucapan yang dikeluarkan akan selalu dicermati oleh bawahannya. Bekali anak buah dengan penilaian terhadap hasil kerjanya sampai saat ini, apakah masih kurang ataupun sudah cukup memuaskan. Bicarakan kepada karyawan Anda apakah setuju jika mengeluarkan kebijakan yang baru atau tidak dan Musyawarah itu akan membuat anda menjadi seorang pemimpin yang mudah berbaur dengan bawahan.
6. Bersikap Positif
Menjadi seorang pemimpin harus sealu bersikap postif terutama kepada anak buahnya. Setiap orang selalu tidak luput dari keslahan, jadi ika ada karyawan yang melakukan kesalahan baik itu kecil maupun besar untuk tidak memarahinya ataupun mengomelinya secara berlebihan. Bicarakan baik baik apa yang menyebabkan kesalahan tersebut dan selesaikan persalahan tersebut secara tuntas. Tidak menutuk kemungkinan juga seorang pemimpin melakukan sebuah kesalahan. Sebagai pemimpin yang baik dan benar harus mengakui kesalahannya kepada pihak tertentu dan pastinya memperbaiki kesalahan tersebut dan tidak akan mengulanginya kembali.
7. Menyelesaikan Masalah
Seorang pemimpin diharuskan bisa menyelesaikan sebuah permasalahan yang dilakukan oleh pihak pihak yang terkait maupun drinya sendiri terhadap orang lain. Pemimpin harus bisa membuat sebuah permasalahan tersebut selesai secara tuntas tanpa adanya masalah yang berkepanjangan. Itu dimaksudkan agar antara pemimpin dengan akryawan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya halangan sedikitpun.
Menjadi seorang pemimpin itu tidaklah mudah bahkan harus mempraktekan kriteria kriteria yang saya sudah ulas di atas. Sekian artikel tentang kriteria pemimpin yang baik dan benar dari saya. Share ke teman anda dan semoga bermanfaat bagi kita semua terutama yang ingin menjadi seorang pemimpin. Sekian dan terima kasih telah berkunjung
Rekomendasi:
- Pengertian Globalisasi Adalah : Teori, Faktor Penyebab dan… Lebih kurang sekitar 10 tahun yang lalu kata “globalisasi” telah menggaung di bumi nusantara Indonesia. Namun, sampai saat ini masih banyak yang belum mengerti apa sebenarnya yang dimaksud dengan globalisasi…
- Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengertian, Fungsi, Tujuan… Jagad.id - Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM),- Setiap perusahaan membutuhkan sistem manajemen baik keuangan, sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Sistem manajemen yang dijalankan dengan baik akan memperlancar proses…
- Cara Manajemen Waktu Untuk Pelajar dan Mahasiswa Cara Manajemen Waktu Untuk Pelajar dan Mahasiswa – Kehidupan yang kompleks memaksa kita untuk mahir dalam memanajemen waktu supaya semua hal bisa kita laksanakan dengan maksimal. Apalagi kamu adalah seorang…
- Pengertian Kelurahan Pembagian wilayah setiap daerah telah ditentukan oleh masing – masing pemerintah daerah setempat. Karena daerah territorial tersebut sudah menjadi hak milik dari para penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Apabila…
- Pengertian HAM dan Pelanggaran HAM, Ketahui Sekarang! Jagad.id - Pengertian HAM dan Pelanggaran HAM - Hak Asasi Manusia atau yang lebih sering disebut dengan singkatannya saja, yaitu HAM adalah hak universal (kapan saja dan dimana saja), tanpa…
- Arti Sahabat Sejati Sesungguhnya Jagad.id - Kata "sahabat" berasal dari "sahiba" yang berarti menyertai. Dengan kata lain, sahabat adalah orang selalu menyertai kita di dalam kehidupan. Ikatan sebuah persahabatan bahkan bisa lebih erat dibandingkan…
- Contoh Surat Lamaran Kerja Indonesia dan Inggris, Pasti… Surat lamaran kerja adalah salah satu persyaratan yang paling banyak diminta ketika mencari kerja. Surat lamaran kerja ini menyatakan skill dan keinginan pelamar kerja untuk bekerja di perusahaan serta kontribusi…
- Pengertian Produktivitas : Arti, Konsep, Faktor dan Penyebab… Secara umum definisi atau pengertian produktivitas adalah istilah yang digunakan dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara luaran (output) dan masukan (input). Produktivitas juga dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang menyatakan…
- Pengertian Resiko : Contoh Macam Jenis Resiko Usaha Dalam membuka sebuah usaha atau suatu bisnis tertentu memang harus membutuhkan keberanian, tekad, dan manajemen juga strategi bisnis yang baik dan tepat. Menjalankan sebuah usaha atau bisnis membutuhkan tekad yang…
- Pengertian Manajer : Tingkatan, Tugas, Peran dan Contoh Dalam sebuah kelompok kecil atau kelompok besar, biasanya anggota kelompok akan bermusyawarah untuk menentukan siapa yang menjadi ketua atau pemimpin kelompok. Keberadaan ketua atau pemimpin dalam sebuah kelompok sangatlah penting…
- Keutamaan Memaafkan Kesalahan Orang Lain Keutamaan Memaafkan Kesalahan Orang Lain - Kesahalan, semua orang pasti pernah melakukannya, bahkan dari kecil kita sering melakukan kesalahan entah itu yang kita sengaja atau tidak sengaja. Maka dari itu…
- Unsur Komponen Komunikasi - Penjelasan Komplit Jagad.id - Penjelasan Lengkap Unsur Komponen Komunikasi - Komunikasi memiliki arti yaitu adanya interaksi antara dua orang atau lebih mencakup pengiriman dan penerimaan pesan dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan…
- Pengertian Administrasi Adalah : Unsur, Tujuan, Jenis, Ciri… Tentu saja kita sudah sangat sering mendengar kata administrasi dalam kehidupan ini. Sebagaimana yang kita ketahui hal ini seringkali berkaitan dengan kegiatan surat-menyurat, catat-mencatat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu,…
- Pengertian Wirausaha : Tujuan, Ciri Ciri, Karakteristik dan… Wiraswasta atau wirausaha sudah menjadi pekerjaan yang banyak dipilih dan dilakukan oleh masyarakat di perkotaan. Bahkan banyak juga orang-orang yang memilih menjadi wiraswasta dibanding menjadi pekerja kantoran, sampai mereka sengaja…
- Peluang Karir di Era Revolusi 4.0 Sejak era 90-an, perkembangan dunia teknologi mengubah tatanan hingga struktur pasar. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pergeseran pekerjaan maupun bertambahnya lapangan kerja. Menjadi hal yang bagus sekaligus hal yang kurang…
- Tugas Administrasi Staff Adninistrasi staff merupakan jenis administrasi yang paling umum, sebab setiap perusahaan apapun tentu terdapat posisi yang satu ini. Tugas administrasi staff sebenarnya tidak sedikit dan membutuhkan banyak kemampuan khusus, sehingga…
- Cara Agar Khusyuk dalam Sholat Jagad.id - Cara Agar Khusyuk dalam Sholat – Sholat merupakan rukun islam yang ke 2, sehingga menjadi sebuah kewajiban untuk dilaksanakan bagi umat islam. Sholat khusyuk adalah dengan mengingat Allah…
- Jawab ini 5 Soalan Temuduga Dan Dapatkan Kerja Impian Anda! Jagad.id - Menjawab soalan-soalan daripada pihak majikan semasa sesi temuduga amat menggerunkan bagi sesiapa sahaja. Ia akan bertambah gerun dan gementar sekiranya pihak majikan menggunakan bahasa Inggeris sebagai bahasa semasa…
- Pengertian Yayasan : Syarat Pendirian, Jenis Jenis dan… Yayasan adalah entitas non-pemerintah yang didirikan sebagai perusahaan nirlaba atau kepercayaan amal, dengan tujuan utama membuat hibah organisasi terkait, lembaga atau individu untuk ilmiah, pendidikan, budaya, agama , atau tujuan…
- Bagaimana Bisa Sukses? Hidup Penuh Dengan Kekurangan Di afrika setiap pagi, seekor rusa terbangun dan dia harus berlari setidaknya lebih cepat daripada rusa yang paling lambat agar dia bisa hidup hari itu tanpa dimakan binatang buas. Begitu…
- Pengertian Imitasi Adalah : Arti, Pengaruh, Syarat dan… Secara umum definisi atau pengertian Imitasi adalah sebuah proses tindakan yang biasanya dilakukan oleh seseorang untuk menyerupai atau meniru tindakan orang lain. Dimana proses imitasi ini biasanya sering kita jumpai…
- Pengertian Wiraswasta : Contoh dan Perbedaan dengan… Pengertian Wiraswasta dan contohnya berserta Perbedaan dengan Wirausaha – Wiraswasta merupakan orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan dalam bisnis, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan dalam mengambil keuntungan. Selain…
- Pengertian Periodisasi dan Contohnya Pengertian Periodisasi dan Contohnya – Sudah pasti memang kronologi dan periodisasi memiliki kaitan yang pada umumnya ditemukan dalam kronologi sejarah. Urut urutan kejadian dalam sejarah yang akan menghasilkan periodisasi yaitu…
- Puisi Motivasi Belajar Jagad.id - Setiap manusia termasuk kamu tentu membutuhkan dorongan atau motivasi belajar, ketika sedang malas belajar. Dorongan atau motivasi pun bisa didapatkan dari mana saja, termasuk puisi motivasi belajar. Jadi,…
- Pengertian Administrasi Perkantoran : Unsur, Fungsi, Ruang… Administrasi perkantoran merupakan kegiatan, pekerjaan, sekaligus disiplin ilmu yang banyak digeluti oleh masyarakat. Alasannya, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli perkantoran untuk menjalankan aktivitasnya sesuai kebutuhan. Tak heran jika…
- Pengertian Direktur Adalah: Arti, Macam Jenis, Tugas, Tipe… Secara umum definisi atau pengertian Direktur adalah seseorang yang memimpin suatu perusahaan, baik itu pemiliki perusahaan atau seseorang yang dipilih pemilik perusahaan untuk menjalankan atau memimpin perusahaan. Direktur juga bisa…
- Cara Mengetahui Karakter Diri Sendiri – Psikologi Cara Mengetahui Karakter Diri Sendiri – Psikologi, Beberapa tes psikologi bisa memberikan kamu gambaran mengenai kepribadian diri sendiri. Biasanya tes psikologi dilakukan dengan memberikan beberapa soal yang menuntut kamu untuk…
- 6 Jenis Profesi Menulis Berdasarkan Spesialisasinya Profesi Menulis - Hal yang harus di pahami oleh mereka yang berprofesi sebagai seorang penulis adalah mempunyai kemampuan menulis yang baik. Kemampuan tersebut bisa di dapatkan dari banyaknya bahan dari…
- Pengertian Pramuka : Sejarah Singkat Dan Contoh Yel Yel… Pramuka adalah salah satu organisasi yang mengajarkan tentang kepanduan yang memiliki prinsip kepramukaan, metode, maupun lambang. Pramuka kini telah diajarkan di sekolah dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah menengah atas.…
- Komitmen Organisasi : Pengertian, Pendekatan, Komponen dan… Ketika menjadi bagian dari sebuah organisasi, tentu kita ingin memiliki keterikatan yang kuat dengan organisasi tempat kita bernaung. Keinginan yang pada akhirnya membawa kita pada sebuah komitmen untuk tetap bertahan…
Artikelnya menarik, Pak Adam.
Semoga bisa menginspirasi pemimpin pemimpim muda masa depan.
Sukses buat blog ini,selamanya..
Salam
Candra Transwish Indonesia
Sama-sama …
Terimakasih sudah berkunjung semoga artikelnya bermanfaat