Jagad.id – Pemimpin Merupakan sesorang yang akan memepengaruhi atau memberi sebuah contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai sebuah tujuan dalam organisasi ataupun kelompok. Untuk memepelajari agar menjadi seorang pemimpin, anda harus mempelajarinya dengan melakukannya dalam kerja, dalam artian anda harus menjadi pemimpin bukan hanya katanya saja, tapi ada kerja keras dan kerja nyata.
Menjadi pemimpin harus bisa mencontohkan yang baik dan bisa mengurus pengikutnya agar bisa menjadi panutan bagi calon calon penerus sebuah kepemimpnan. Setiap organisasi ataupun kelompok pasti memerlukan kerja sama antar manusia dan tahu bahwa permasalahan setiap manusia adalah seorang pemimpin. Contohnya adalah seorang pemimpin negara khususnya Indonesia, presiden harus bisa menjadi contoh baik kepada warganya dan bisa memajukan kesejahteraan rakyatnya mulai dari ekonomi, sosail dan budaya.
Untuk itu, untuk menjadi seorang pemimpin dari yang besar ataupun yang kecil, harus memenuhi beberapa kriteria kepemimpinan yang baik dan benar agar bisa membimbing warganya kedalam kesejahteraan.
Kriteria Pemimpin Yang Baik Dan Benar
1. Terjun Lapangan
Seorang pemimpin yang baik bukan hanya menyuruh anak buahnya saja untuk melakukan suatu pekerjaan, tetapi pemimpin yang baik harus bisa terjun langsung ke lapangan untuk menapatkan hasil yang lebih memuaskan. Selain itu, juga dapat menjadi contoh yang baik bagi warganya agar jika sewaktu waktu warganya menjadi seorang pemimpin bisa menjadi contoh juga bagi pengikutnya, begitupun seterusnya. Hal ini sangat baik kedepannya dan pemimpin yang sering terjun ke lapangan menandakan bahwa ia adalah seorang pekerja keras. Seorang pemimpin yang bisa terjun ke lapangan secara langsung akan mendapatkan respect (Rasa Hormat) dari karyawaanya dan akan dinilai lebih baik oleh semua yang bersangkutan.
2. Hubungan Yang Baik
Seorang pemimpn harus memiliki kriteria tersebut untuk menghasilkan kerja yang optimal. Pemimpin harus memiliki hubungan yang baik terhadap karyawannya agar ia bisa membuat nyaman dan aman saat menjadi anak buahnya (Bawahan). Perlu di ingat, bahawa seorang bawahan atau karyawan memiliki kepribadian yang unik dan permasalahan tertentu. Menjadi seorang pemimpin harus benar benar berbaur dengan karyawannya, Anda bisa mengenalnya secara personal sehingga karyawan tidak akan merasa canggung sehingga seorang pemimpin bisa melakukan coaching yang tepat.
3. Menumbuhkan Motivasi
Pemimpin yang baik harus bisa menjadi acuan bagi bawahannya. Di sisi lain, seorang pemimpin juga harus menghargai kerja keras seorang karyawan dengan memberikan penghargaan atapun dengan yang lainnya agar bisa menumbuhkan motivasi dirinya untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Adapun jika ada karyawan yang terlambat berikanlah kata kata pujian tanpa menyindirnya sedikitpun. Itu akan membuat karyawan tersebut menjadi lebih baik lagi dan termotivasi untuk tidak mengulangi kesalahannya.
4. Menjadi Inspirasi
Pemimpin yang baik harus menjadi seorang yang bisa ditiru oleh para karyawannya. Berbagi penglaman kepada bawahan adalah cara terbaik bagi anda untuk menjadi inspirasi bagi karyawan maupun semua orang. Pengalaman yang anda punya bisa menjadi sebuah inspirasi bagi bawahan. Anda bisa menceritakan pertam kali anda bekerja atapun hal apapun yang anda kerjakan dari nol hingga menjadi seorang pemimpin. Hal itu akan sangat bermanfaat dan menjadi tolak ukur bagi para karyawannya.
5. Komunikasi Yang Baik
Pemimin yang baik dan benar merupakan seorang yang bisa berkomunikasi dengan perorangan ataupun kelompok secar jelas, tegas, dan dimengerti. Setiap perkataan seorang pemimpin akan sangat berpengaruh kedepannya karena setiap ucapan yang dikeluarkan akan selalu dicermati oleh bawahannya. Bekali anak buah dengan penilaian terhadap hasil kerjanya sampai saat ini, apakah masih kurang ataupun sudah cukup memuaskan. Bicarakan kepada karyawan Anda apakah setuju jika mengeluarkan kebijakan yang baru atau tidak dan Musyawarah itu akan membuat anda menjadi seorang pemimpin yang mudah berbaur dengan bawahan.
6. Bersikap Positif
Menjadi seorang pemimpin harus sealu bersikap postif terutama kepada anak buahnya. Setiap orang selalu tidak luput dari keslahan, jadi ika ada karyawan yang melakukan kesalahan baik itu kecil maupun besar untuk tidak memarahinya ataupun mengomelinya secara berlebihan. Bicarakan baik baik apa yang menyebabkan kesalahan tersebut dan selesaikan persalahan tersebut secara tuntas. Tidak menutuk kemungkinan juga seorang pemimpin melakukan sebuah kesalahan. Sebagai pemimpin yang baik dan benar harus mengakui kesalahannya kepada pihak tertentu dan pastinya memperbaiki kesalahan tersebut dan tidak akan mengulanginya kembali.
7. Menyelesaikan Masalah
Seorang pemimpin diharuskan bisa menyelesaikan sebuah permasalahan yang dilakukan oleh pihak pihak yang terkait maupun drinya sendiri terhadap orang lain. Pemimpin harus bisa membuat sebuah permasalahan tersebut selesai secara tuntas tanpa adanya masalah yang berkepanjangan. Itu dimaksudkan agar antara pemimpin dengan akryawan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya halangan sedikitpun.
Menjadi seorang pemimpin itu tidaklah mudah bahkan harus mempraktekan kriteria kriteria yang saya sudah ulas di atas. Sekian artikel tentang kriteria pemimpin yang baik dan benar dari saya. Share ke teman anda dan semoga bermanfaat bagi kita semua terutama yang ingin menjadi seorang pemimpin. Sekian dan terima kasih telah berkunjung
Rekomendasi:
- Pengertian dan Peran : Rumah Tangga Konsumen, Produsen,… Di dalam suatu kegiatan ekonomi, pastinya ada juga yang disebut dengan pelaku ekonomi. Apakah yang dimaksud dengan pelaku ekonomi? Sebenarnya pelaku ekonomi adalah subjek baik perorangan ataupun kelompok yang melakukan…
- Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar - Teknik Blogging Jagad.id - Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar - Menulis adalah kegiatan dimana seseorang dapat mengekspresikan segala sesuatu dengan tujuan menyampaikan suatu pesan informasi kepada pembaca. Menulis juga merupakan sebuah…
- Manfaat Musyawarah : Ciri Ciri, Tujuan dan Tata Cara Jagad.id - Musyawarah yang dalam bahasa inggris adalah discussion dan juga dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Diskusi, merupakan suatu komunikasi yang bertujuan untuk mencari kesimpulan bersama pada suatu bahasan tertentu yang…
- Kepribadian Koleris : Ciri Ciri, Kekurangan, Kelebihan,… Koleris merupakan salah satu kepribadian manusia dalam dunia psikologi. Umumnya orang dengan kepribadian choleric (koleris) dikenal sebagai pekerja keras, mandiri, tegas, dan banyak tuntutan. Tidak jarang mereka menyimpan energi besar…
- Pengertian Humas Adalah : Peran, Tujuan dan Tugas Mungkin banyak diantara kita yang sudah tidak asing lagi saat mendengar kata “Humas”. Tapi sudahkah kita tahu, apa humas itu sebenarnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada…
- Pengertian Klien Adalah : Arti, Ciri Ciri dan Contoh Dalam dunia bisnis, istilah Klien sudah tidak asing lagi. Tapi sebenarnya ada istilah lain yang mengiringinya yaitu Kostumer atau Konsumen. Ketiga istilah ini nampaknya sama, tetapi tahukah Anda jika masing-masing…
- Norma Kesopanan : Sumber, Ciri-Ciri, Tujuan, Dan Contoh Jagad.id - Pengertian Norma kesopanan adalah serangkaian aturan yang diberlakukan dalam kehidupan masyarakat, tentang tingkah laku seseorang. Norma Kesopanan ini berasal dari adat istiadat, budaya, dan tradisi di suatu wilayah…
- Pengertian Resiko : Contoh Macam Jenis Resiko Usaha Dalam membuka sebuah usaha atau suatu bisnis tertentu memang harus membutuhkan keberanian, tekad, dan manajemen juga strategi bisnis yang baik dan tepat. Menjalankan sebuah usaha atau bisnis membutuhkan tekad yang…
- Pengertian Mitra Kerja Adalah : Arti, Ciri Ciri dan Contoh Jagad.id - Pengertian Mitra Kerja - Sebelum membahas lebih jauh, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan arti kata mitra. Mitra adalah teman, partner, sahabat atau hubungan dua belah pihak…
- Tips Membuat Portofolio Desain Grafis Yang Mengesankan Jagad.id - Tips Membuat Portofolio Desain Grafis - Jika ada waktu untuk pamer, itu ada dalam portofolio desain grafis Anda. Ini adalah kesempatan pertama dan satu-satunya Anda untuk memberikan kesan…
- Pengertian Relasi : Arti, Cara, Pengembangan Dan Manfaat Arti kata relasi berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) yaitu sama dengan hubungan, perhubungan, kenalan, pertalian termasuk juga pelanggan. Pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu…
- Cara Manajemen Waktu Untuk Pelajar dan Mahasiswa Cara Manajemen Waktu Untuk Pelajar dan Mahasiswa – Kehidupan yang kompleks memaksa kita untuk mahir dalam memanajemen waktu supaya semua hal bisa kita laksanakan dengan maksimal. Apalagi kamu adalah seorang…
- Pengertian Kontribusi : Arti, Strategi Dan Jenis Secara teoritis, masyarakat awam mengartikan kontribusi sebagai suatu sumbangsi atau keikutsertaan seseorang dalam suatu kegiatan tertentu. Kontribusi juga diartikan sebagai adanya campur tangan masyarakat baik dalam bentuk uang, tenaga, fikiran…
- Asimilasi : Definisi, Contoh, Faktor Pendorong dan… Pada dasarnya, Asimilasi merupakan suatu konsep yang dibutuhkan untuk melakukan analisis perubahan sosial di kehidupan bermasyarakat serta perubahan kebudayaan. Sosiologi yang merupakan kajian ilmu sosial senantiasa melakukan kajian asimilasi di…
- Komitmen Organisasi : Pengertian, Pendekatan, Komponen dan… Ketika menjadi bagian dari sebuah organisasi, tentu kita ingin memiliki keterikatan yang kuat dengan organisasi tempat kita bernaung. Keinginan yang pada akhirnya membawa kita pada sebuah komitmen untuk tetap bertahan…
- Pengertian Visi dan Misi : Perbedaan dan Contohnya Jagad.id - Pengertian Visi dan Misi - Bagi Anda yang sudah duduk di bangku kuliahan, atau telah terjun ke dalam dunia kerja, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata visi…
- Pengertian Pedoman : Arti, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan… Jagad.id - Pengertian Pedoman merupakan suatu kumpulan dari ketentuan dasar yang dapat memberikan arah bagaimana sesuatu harus dilakukan dan bisa juga diartikan sebagai hal pokok atau yang bersifat dasar yang…
- Bagaimana Bisa Sukses? Hidup Penuh Dengan Kekurangan Di afrika setiap pagi, seekor rusa terbangun dan dia harus berlari setidaknya lebih cepat daripada rusa yang paling lambat agar dia bisa hidup hari itu tanpa dimakan binatang buas. Begitu…
- Pengertian Konflik Adalah : Teori, Penyebab, Macam Jenis dan… Konflik ini merupakan sebuah permasalahan yang terjadi dan penyebab pada sebuah kerusuhan. Secara gamblang, demikianlah pengertian yang sering kita simpulkan mengenai apa itu konflik. Konflik bisa terjadi pada siapa saja…
- CEO Adalah - Apa Itu CEO ? Saat mendengar kata CEO, apa yang tiba – tiba muncul dalam benak Anda? Sebagian besar orang berpendapat bahwa CEO merupakan pemimpin / pemilik perusahaan. Akan tetapi benarkah demikian? Kepanjangan katanya…
- 6 Jenis Profesi Menulis Berdasarkan Spesialisasinya Profesi Menulis - Hal yang harus di pahami oleh mereka yang berprofesi sebagai seorang penulis adalah mempunyai kemampuan menulis yang baik. Kemampuan tersebut bisa di dapatkan dari banyaknya bahan dari…
- Alasan Penyebab Karyawan Resign - Mengundurkan Diri Jagad.id - Alasan Mengapa Karyawan Resign atau Mengundurkan Diri - Perusahaan yang baik bisa terlihat dari jumlah pekerja yang mengundurkan diri tiap tahunnya. Semakin kecil tingkat resign bisa dikatakan perusahaan…
- Pengertian Sosiologi : Sejarah, Tujuan, Ciri Ciri, Ruang… Pengertian sosiologi merupakan salah satu ilmu sosial yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Pada intinya, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia dengan masyarakat atau lingkungan sosialnya. Pengertian secara singkat, sosiologi…
- Kepribadian ENFJ : Ciri Karakteristik, Kekuatan, Kelemahan,… Jagad.id - Kepribadian ENFJ merupakan salah satu kepribadian dari test MBTI. ENFJ – The Giver merupakan sosok pemberi dan pengajar diantara kepribadian lainnya. Dimensi kepribadian ini antara lain extraversion, intuitive,…
- Demokrasi : Pengertian, Prinsip, Ciri Ciri dan Macam Macam Pengertian Demokrasi – Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘demokratia’, di mana kata ini terbentuk dari dua kata yaitu ‘demos’ yang berarti rakyat, dan ‘kratos’ yang berarti kekuasaan atau…
- Pengertian Etika Bisnis Adalah : Prinsip, Tujuan dan Contoh Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita akan melakukan berbagai aktifitas, dan pastinya disetiap aktifitas kita pasti memiliki aturan-aturan atau norma yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Berbicara tentang bisnis tentu pasti…
- Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen - Konsumen adalah setiap orang yang memakai barang atau jasa yang tersedia dalam sebuah masyarakat, baik bagi kepentingan orang banyak seperti diri sendiri, keluarga, kerabat,…
- Pengertian Direktur Adalah: Arti, Macam Jenis, Tugas, Tipe… Secara umum definisi atau pengertian Direktur adalah seseorang yang memimpin suatu perusahaan, baik itu pemiliki perusahaan atau seseorang yang dipilih pemilik perusahaan untuk menjalankan atau memimpin perusahaan. Direktur juga bisa…
- Keutamaan Memaafkan Kesalahan Orang Lain Keutamaan Memaafkan Kesalahan Orang Lain - Kesahalan, semua orang pasti pernah melakukannya, bahkan dari kecil kita sering melakukan kesalahan entah itu yang kita sengaja atau tidak sengaja. Maka dari itu…
- 4 Tips Belajar Yang Efektif Dan Menyenangkan Jagad.id - Tips Belajar yang efektif dan menyenangkan – Belajar menuntut ilmu merupakan hal yang wajib kita lakukan sejak lahir hingga kita sampai ke liang lahat. Belajar tidak harus selalu…
Artikelnya menarik, Pak Adam.
Semoga bisa menginspirasi pemimpin pemimpim muda masa depan.
Sukses buat blog ini,selamanya..
Salam
Candra Transwish Indonesia
Sama-sama …
Terimakasih sudah berkunjung semoga artikelnya bermanfaat