Alpha Male Pengertian, Sejarah, Karakter dan Ciri Ciri

Siapa yang tidak mengenal sosok alpha male atau pria alfa. Dalam masyarakat sosok ini dianggap sebagai pemimpin ideal karena bertindak layaknya seorang ksatria. Tidak jarang seorang alpha menjadi inspirasi diantara kawanannya. Biasanya sosok mereka paling menonjol, paling tampan, dan aura charming. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

A. Pengertian Alpha Male

Alpha male alias pria alpha merupakan pribadi menonjol yang diindentikkan sebagai pemimpin. Dalam mitologi, pria seperti ini hadir diantara kawanan serigala (wolf pack). Seperti itu gambaran dari dongeng, sementara pada kenyataannya hampir sama. Menurut penelitian, alpha male merupakan karakter psikologi seseorang yang terlihan menonjol didalam kelompoknya. Kualitas ini juga menjadi idaman para wanita.

B. Sejarah Alpha Male

Rupanya penelitian terkait kepribadian Alpha Male ini sudah eksis sejak dulu. Para ilmuwan dunia sempat melakukan studi dengan cara mempelajari perilaku dan aktivitas dari kera alpha. Sehingga dapat ditemukan hubungan dengan perasaan dan perilaku manusia. Alasan kera menjadi pilihan penelitian karena konteksnya sesama primata.

Hasilnya, didapatkan benang merah perilaku alpha male dengan kharisma dan kualitas pria dalam kelompok manusia. Sejak dulu karakter alpha ini dianggap superior, berpengaruh, dan paling dominan di wilayahnya.

Tingkatan dibawahnya ada beta male dan omega male. Kualitas alpha ini tidak hanya berlaku diantara manusia saja. Tetapi, hewan lainnya seperti singa, anjing, kuda nil, rusa, dan serigala juga memiliki alpha masing-masing.

C. Alasan Alpa Male Jadi Idaman

Zaman dulu, dimana manusia masih hidup nomaden dengan cara berburu hewan, ciri pria alpha sangat ketara. Mereka merupakan seseorang yang memimpin kelompok manusia dan dihormati. Bahkan memiliki royalti lebih yakni memperoleh porsi makanan lebih banyak, tanah luas, dan pasangan yang cantik.

Intinya, menjadi alpha pada masa itu memperoleh privilege seorang pemimpin. Bahkan para kawanan wanita rela mengantri supaya berdekatan dengan sosok alpha. Alasannya kala itu, sosok alpha menjamin kesejahteraan pasangan beserta keturunannya. Mereka akan dilindungi anggota suku lainnya.

Kualitas genetik yang dimiliki alpha male juga berbeda dari manusia lain. Tentu saja hanya keturunan langsung dari sang alpha akan memperoleh kualitas alpha pula. Ternyata sampai sekarang sistem ini tidak pernah punah karena revolusi alam.  Setelah ratusan tahun dilalui, karakteristik alpha male masih eksis pada genetik manusia.

Terutama saat mencari pasangan, seperti saat ini wanita lebih mengidam-idamkan sosok alpha male. Hal yang wanita sukai dari alpha male adalah kualitasnya sebagai pemimpin, berjiwa petualang, penjelajah sejati, pekerja keras, cerdas, dan mendominasi. Alpha tidak hanya memiliki kualitas yang dielu-elukan wanita, tetapi beberapa dilekati image ‘bad boy’. Hal ini menjadi karakteristik tersendiri yang disukai wanita.

D. Ciri-ciri Alpha Male

Sudah menjadi rahasia umum lagi, mereka yang memiliki kualitas alpha male dapat memimpin. Rata-rata mereka menonjol, tampan, dan disukai siapa saja. Berikut ciri-ciri alpha male yang dapat kamu rasakan.

  1. Sosok alpha sebaiknya menampilkan kegigihan dan sikap pantang menyerah. Layaknya pria yang berdiri terakhir diantara kawanannya. Mereka selalu berkeinginan untuk melindungi dan berjuang demi kelompoknya.
  2. Sangat menyayangi pasangan dan keluarganya merupakan ciri utama seorang alpha. Mereka tidak ragu menghantam orang-orang yang hendak merusak kebahagian keluarganya.
  3. Bentuk fisik sangat menawan, melambangkan kekuatan dan diikuti tubuh yang atletis. Alhasil, para lawan jenis pun bertekuk lutut dan meleleh hanya dengan menatap matanya.
  4. Orang-orang yang berani mengambil resiko, menghadapi tantangan tanpa rasa takut. Sebab, alpha mampu melihat peluang yang ada disekitarnya walaupun sedang berada dalam kesulitan.
  5. Pribadi humoris karena mampu membuat kekonyolan dari menertawakan diri sendiri. Namun, tidak jarang sosok alpha male kaku dan terlihat lebih charming.
  6. Ramah kepada orang lain tetapi bukan penjilat, mudah bergaul, rendah hati. Meskipun mereka terkenal memiliki kemampuan melebihi rata-rata manusia normal.
  7. Biasanya terpelajar dan memiliki wawasan cukup luas. Sehingga, sangat enak diajak berdiskusi topik apapun.
  8. Karakter lelaki terbaik diantara kelompok lelaki lainnya. Awalnya mereka terlihat kurang nyaman diajak berkumpul bersama. Namun, percayalah seorang alpha male memiliki jiwa sisi humoris terpendam.
  9. Bersedia memegang perkataan yang telah mereka lontarkan. Selain itu, karakteristik alpha selalu memegang janjinya.
  10. Memiliki arah dan tujuan kehidupan yang jelas. Mereka akan menyusun rencana-rencana dimana akan diwujudkan dengan target-target berjangka waktu tertentu.
  11. Pekerja keras, tidak peduli bagaimana kondisinya seorang alpha male terus bekerja tanpa kenal lelah. Disamping bekerja keras mereka juga mengutamakan kerja cerdas.
  12. Mereka lebih memanfaatkan waktu dengan baik karena sangat menyadari waktu tidak dapat diulang kembali.
  13. Gaya pakaian alpha selalu jadi trend center bagi orang lain, tetapi condong ke manly bukan metroseksual.
  14. Memegang teguh prinsipnya dan tidak plin plan dengan apa yang telah diyakini.
  15. Bersikap layaknya pria sejati dengan menghargai dan memperlakukan wanita sebagaimana harusnya.
  16. Sifat mereka ringan tangan dan mudah membantu teman, keluarga, serta kawanannya yang sedang kesusahan.
  17. Umumnya seorang alpha male menerapkan perilaku baik ketika bertemu orang lain.

Alpha male memang terkenal sebagai pribadi yang dapat diandalkan dalam segala situasi. Hal inilah yang menjadikan karakteristik alpha begitu didambakan. Jadi, apakah kamu termasuk Alpha male atau jangan jangan kamu adalah Sigma Male? Semoga ulasan ini bermanfaat.

Buat kamu pria yang bingung dimana kategorimu dalam tingkatan Sigma, Alpha, Beta, Delta, Omega ataupun Gamma hal ini tidak begitu penting pada akhirnya. Fokuslah untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi dan itu lebih jauh bermanfaat bagi kehidupan ini.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.