Perang Dunia 1

Sejarah merupakan hal yang telah terjadi di masa lampau, dan dapat dikaji atau dipelajari kembali melalui bukti-bukti yang ada. Dalam arti sempit, sejarah adalah peristiwa yang dialami oleh manusia yang sumbernya berasal dari realisasi diri, kebebasan, dan keputusan daya rohani. Secara umum pengertian sejarah adalah catatan peristiwa di masa lampau, yang juga merupakan sebuah cerita hidup.

Mengapa sejarah sangat penting bagi sebuah bangsa, karena sejarah juga menjadi suatu gambaran hidup masyarakat di masa lalu. Yang dimana hal itu bisa menjadi pelajaran penting bagi kita yang hidup di masa kini. Dengan adanya sejarah maka kita bisa mengetahui apa saja peristiwa atau kejadian, yang pernah terjadi di masa lalu.

Konsep Dasar Sejarah

Sejarah memiliki beberapa sifat yang khas dibandingkan dengan jenis ilmu yang lainnya. Diantaranya yaitu :

  1. Adanya peristiwa atau kejadian di masa lalu yang berdasarkan pada urutan waktu atau kronologis suatu cerita tertentu.
  2. Peristiwa sejarah biasanya mengandung tiga dimensi waktu yang terdiri dari masa lalu, masa kini dan masa depan.
  3. Terdapat hubungan sebab dan akibat dari peristiwa-peristiwa tersebut.
  4. Kebenaran dari peristiwa sejarah sementara adalah hipotesis, yang akan gugur jika ditemukan data mengenai pembuktian yang baru.

Sejarah merupakan cabang dari ilmu pengetahuan yang mengkaji dengan cara yang sistematis, mengenai keseluruhan perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat dengan berbagai aspek yang telah terjadi pada peristiwa di masa lalu.

Masa lalu itu sendiri adalah sebuah masa yang sudah terlewati, tetapi bukan suatu masa yang final, terhenti bahkan tertutup. Masa lalu tersebut juga memiliki sifat yang berkesinambungan dan terbuka. Sehingga di dalam suatu sejarah, masa lalu manusia terjadi bukan karena masa lalu itu sendiri. Serta akan dilupakan begitu saja.

Karena sejarah yang berkesinambungan akan menjadi sebuah gambaran bagi setiap orang, dalam bertindak di masa kini untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Maka sejarah juga dapat dijadikan modal seseorang, dalam bertindak di masa kini. Serta menjadi acuan dalam merencanakan apa yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

Masa lalu merupakan kejadian yang telah dilewati oleh masyarakat di suatu bangsa, yang terkait dengan beberapa konsep dasar yang berupa ruang, waktu, manusia, dan perubahan yang saling berkesinambungan. Waktu juga akan memberikan makna di dalam kehidupan dunia, yang sedang dijalani. Sehingga selama hidupnya manusia tidak akan lepas dari waktu dan perjalanan hidup.

Ciri-Ciri Sejarah

  1. Merupakan fakta yang tepat dan juga benar
  2. Merupakan segala jenis peristiwa, tempat, dan tokoh penting yang dianggap sebagai fakta dari sejarah.
  3. Fakta sejarah harus dibuktikan melalui data atau sumber yang valid.
  4. Fakta tidak boleh direka-reka atau ditambahkan.
  5. Fakta sejarah juga merupakan bukti kesahihan dari sejarah itu sendiri.
  6. Bersifat penting dan bermakna
  7. Suatu peristiwa sejarah harus merupakan peristiwa yang penting yang akan membawa makna pada kehidupan yang akan datang.
  8. Merupakan peristiwa yang penting khususnya pada negara kemerdekaan.
  9. Peristiwa yang juga penting untuk pelajar di masa yang akan datang.
  10. Terdapat sebab dan akibatnya
  11. Mencari kebenaran dari sebuah peristiwa atau kejadian di masa lalu.
  12. Mengetahui apa sebab dan akibat suatu peristiwa, misalnya apa, siapa, jika, mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
  13. Seorang sejarawan akan membuktikan kebenaran dari suatu peristiwa, yang berasal dari sumber yang tepat.
  14. Memiliki sebab dan akibat dari suatu peristiwa dan timbulnya perasaan ingin tahu.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.