Bahaya dan Manfaat Minum Kopi

Bahaya dan Manfaat Minum Kopi – Minuman Kopi merupakan minuman yang banyak di sukai oleh wanita atau pria. minuman Kopi ini di percaya bisa menghilangkan rasa ngantuk. Meminum kopi memang bagus untuk tubuh, akan tetapi bila terlalu banyak mengkonsumsi minuman kopi juga sangat berbahaya karena minuman kopi ini mengangdung Kafein yang termasuk senyawa kimia alkeloid.

Manfaat Dan Bahaya Minum Kopi

Bagi beberapa orang minum segalas kopi pada waktu pagi hari akan membuat tubuh bersemangat ketika menjalani aktivitas sepanjang hari, minuman kopi telah menjadi bagian penting di kehidupan orang banyak, orang yang telah terbiasa meminum kopi, tanpa minum kopi hidupnya akan terasa kurang bersemangat. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Manfaat Dan Bahaya Minum Kopi, akan tetapi Sebelum membahas hal tersebut, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja yang terkandung di dalam minuman kopi

Kandungan di Dalam Kopi

1. Kafein

Kandungan yang pertama yang ada di minuman kopi adalah Kafein, Kafein adalah senyawa kimia alkeloid, akan tetapi kafein sudah di akui aman dikonsumsi dalam dosis tertentu, bila melebihi dosis yang sudah di tentukan bisa menyebabkan ketergantungan serta juga dalam waktu lama dapat menyebabkan kanker ataupun gangguan tidur.

2. Ethyphenol

Zat satu ini pasti asing untuk beberapa orang, akan tetapi zat ini merupakan aroma khusus dari minuman kopi, zat ethyphenol mirip dengan tar serta mengandung pheremone.

3. Quinic acid

Rasa asam di minuman kopi di tentukan dari jumlah atau takaran zat ini, jumlah Quinic acid di minuman kopi biasanya jumlahnya berbeda-beda. Di dalam ilmu kedokteran zat ini di pakai untuk bahan obat flu.

4. Dicaffeoylquinic Acid

Zat Dicaffeoylquinic Acid merupakan salah satu zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Walaupun jumlah zat oksidan di dalam biji kopi tidak sebanyak tanaman obat yang lain, akan tetapi minum kopi merupakan suplayer anti oksidan yang banyak di konsumsi orang di seluruh dunia.

5. Acetylmethylcarbinol

Zat Acetylmethylcarbinol merupakan zat yang membuat kopi jadi terasa gurih di lidah, zat Acetylmethylcarbinol pun banyak di temukan di mentega.

6. Putrescin

Zat Putrescin di hasilkan oleh bakteri E. COLI yakni sebuah bakteri yang dapat membuat sesuatu menjadi busuk, zat Putrescin ini merupakan hasil dari pembusukan bakteri tersebut.

7. Trigonelline

Zat Trigonelline memiliki fungsi untuk melindungi gigi, walaupun sebenarnya meminum kopi bisa juga menyababkan gigi menjadi hitam, tapi para penggermar kopi biasanya memiliki gigi yang kuat serta giginya tidak mudah berlubang.

8. Niacin

Zat yang bernama Niacin ini merupakan sebuah senyawa yang kurang bagus untuk tubuh, sebab senyawa ini bisa menyerap vitamin-vitamin di dalam tubuh, sedangkan vitamin-vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, oleh karena itu meminum minuman kopi hanya di sarankan paling banyak 2-3 kali sehari saja.

Dari penjelasan kandungan minuman kopi di atas maka bisa kmau simpulkan apa saja manfaat serta bahaya kopi bagi kesehatan tubuh kita. Oke kita lanjut ke manfaat dan bahaya minum kopi

Manfaat Minum Kopi

Manfaat Minum Kopi

1. Mencegah terkena batu ginjal

Menurut ahli yang sudah banyak melakukan penelitian terhadap minuman kopi mengungkapkan bila seorang perempuan meminum kopi sebanyak 2-3 cangkir dalam sehari, maka mereka sudah mengurangi sekitar 25% resiko terkena penyakit batu ginjal, hal ini pun di perkuat oleh para ahli kesehatan di beberapa negara.

2. Dapat Menurunkan resiko diabetes

Dengan meminum minuman kopi setiap hari bisa menurunkan resiko terserang penyakit diabetes type 2. Hal tersebut disebabkan oleh sebuah kandungan asam klorogenik dalam kopi yang berfungsi untuk penyerap kadar gula di sistem penceranaan tubuh kita, zat ini pun memiliki fungsi membantu proses pembentukan GLP-1 yang berfungsi menambah insulin di dalam tubuh.

3. Mencegah kanker

Menurut study yang sudah di lakukan, dengan minum sebanyak 2 sampai 3 cangkir kopi dalam sehari, bisa menurunkan resiko terkena kanker. Penyakit kanker yang bisa terminimalisir seperti contohnya kanker usus besar, kanker hati, serta kanker yang terjadi pada wanita.

4 Mencegah strok dan penyakit jantung

Minum kopi sebanyak 2 sampai 3 gelas secara rutin di setiap hari tenyata bisa mencegah penyakit jantung serta strok. Menurut penilitian yang sudah dilakukan kepada sekitar 83.000 wanita diseluruh dunia, menyimpulkan bahwa wanita yang memiliki usia 24 tahun ke atas bisa meminimalisir terkena penyakit strok sampain 19%

5. Melindungi hati

Kopi ternyata pn bisa melindungi hati dari sirosis, terutama oleh serangan sirosis yang biasanya disebabkan kecanduan minuman keras atau berakohol.

Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan

Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan

1. Bisa Meningkatkan asam lambung

Bila orang yang minum kopi dengan dosis yang banyak atau berlebihan, maka orang tersebut akan mudah mengalami kegelisahan dan kadar keasaman yang terdapat dalam kopi bisa meningkatkan asam lambung di tubuh kita.

2. Tekanan darah

Zat kafein yang ada di minuman kopi pun bisa memiliki dampak yang buruk bagi sistem kardiovaskuler tubuh kita seperti terdapat peningkatan denyut jantung yang akan membuat tekanan darah dalam tubuh menjadi meningkat

3. Kafein dapat membunuhmu

Mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan tidak bagus bagi tubuh kita hal ini pun dapat menyebabkan sebuah kematian, bila kamu seorang penggemar kopi lebih bak diimbangi dengan banyak minum air putih yang banyak.

4. Menyebabkan insomia

Kebanyakan orang tahu, jika meminum kopi bisa menghilangkan rasa ngantuk, akan tetapi bila kamu sering mengkonsumsi kopi, basanya kamu pun akan kesulitan dalam tidur, karena kamu tidak lagi memiliki rasa ngantuk.

5. Membuat gigi menjadi hitam

Sering meminum minuman kopi pun tidak bagus bagi gigi, kamu perhatikan saja para orang tua yang mempunyai hobi meminum kopi, pasti gigi mereka terlihat hitam ataupun terlihat berwarna kuning. Tentunya kamu tidak maukan bila memiliki gigi hitam ataupun kuning.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.