Omega Male Adalah Arti Pengertian, Ciri Ciri, dan Karakteristik

Mungkin banyak orang lebih familiar dengan istilah Alpha Male karena dianggap kepribadian terkuat. Memang awalnya Alpha, Beta, Gamma, Stigma, Delta, dan Omega hanya digunakan sebagai label binatang jantan. Namun, ilmu psikologi mengadopsinya hingga dapat menjelaskan karakter pria. Pembahasan kali ini mengenai Omega Male yang dinilai sebagai antitesis dari sang Alpha. Simak penjalasan berikut ini untuk mengetahui karakter pria Omega lebih lengkap.

A. Apa Itu Omega Male?

Sebagian kecil dari pria di dunia memiliki karakter kebalikan dari Alpha dan Beta yakni Omega Male. Pria Omega Male bukan berarti penakut dan cupu. Mereka juga memiliki kemampuan dan kepercayaan diri hanya saja Omega cenderung melakukan apa yang diperintahkan oleh Alpha dan Beta

Berdasarkan ilmu ethology, Omega merupakan labeling binatang yang hirarkinya berada pada bagian terbawah. Dalam kelompok dan komunitas juga sama, Omega tidak ingin terikat dan tidak berniat menjadi pemimpin. Mereka cenderung memiliki satu atau dua sahabat dekat karena tidak mau dirinya terlalu diekspos.

Ketika melihat ada orang yang lebih pandai dan gesit, para Omega ini tidak peduli. Kepedulian mereka hanya ditujukan kepada orang-orang terdekat dan terkasih saja. Dalam menjalani kehidupan, terkadang membutuhkan dorongan dari orang terdekat agar terus maju.

Pria Omega juga sulit menunjukkan emosi atau rasa sayangnya kepada orang terkasih. Populer sebagai kepribadian yang paling tepat jika diajak curhat karena mereka pendengar yang baik. Ketika ada yang berbicara Omega tidak akan menyela ataupun menentangnya karena mereka menghargai pendapat orang lain.

B. Ciri Ciri Omega Male

Ternyata seorang pria dapat dikategorikan sebagai sosok Omega dapat diketahui melalui ciri-ciri berikut ini.

1. Tertutup

Omega cenderung bersikap tertutup dan menyukasi kesendirian. Bukannya kuper, tetapi mereka adalah sosok pemalu yang menikmati hidup dengan cara sendiri. Misalnya melakukan solo travelling agar memperoleh pengalaman menyenangkan bagi mereka.

2. Kreatif dan Artistik

Memiliki kreatifitas tinggi dalam dunia seni dan artistik seperti karakter cowok pada umumnya. Jadi, bersiap-siaplah melihat karya musik, novel, puisi hingga grafiti mereka.

3. Romantis

Menyoal sisi romantis, Omega mungkin tidak akan memperlihatkannya didepan umum seperti keinginan wanita. Mereka lebih memilih tindakan jantan untuk menunjukkan kepada orang tercinta. Omega Male akan bersikap romantis hanya saat sedang berduan dengan pasangannya.

4. Baik Hati

Mungkin kebanyakan pria ingin terlihat menjadi pahlawan dengan menolong orang lain. Berbeda dengan para Omega yang rela melakukannya tanpa embel-embel ingin terlihat baik atau pencitraan. Terlebih lagi, mereka tidak ragu menolong siapa saja tanpa pamrih, sebab pada dasarnya Omega berhati mulia.

5. Pendengar Yang Baik

Ketika sahabat dan keluarganya bingung atau tengah berduka maka akan memilih Omega untuk mendengar keluh kesahnya. Pasalnya, Omega bisa mengerti perasaan orang lain dan tidak akan menghakimi suatu kejadian maupun seseorang.

6. Pekerja Individual

Meskipun memiliki reputasi ditengah lingkup kerja maupun pertemanan, seorang Omega Male lebih senang mengerjakan sesuatu sendirian. Bukan tipe manusia yang suka bekerja dalam tim. Namun, Omega tetap bisa diandalkan ketika tim atau kelompoknya sedang kesusahan.

7. Tidak Egois

Omega tidak memiliki ambisi tinggi, jadi akan lebih fokus terhadap pekerjaannya. Mereka hanya melakukan sesuatu yang dianggap memberikan kepuasan dan kebahagiaan bagi diri sendiri. Ketika sukses pria Omega enggan mengumbarnya pada orang lain, cenderung lebih nyaman dinikmati sendiri.

8. Gentleman

Pria gentleman dibilang idaman para wanita, sama halnya dengan Omega Male. Memang secara penampilan mereka tidak peduli dengan apa yang dikenakannya. Namun, bukan berarti mereka tidak dapat bertindak gentleman. Bahkan, rata-rata pria Omega lebih menghargai dan tahu cara memperlakukan wanita.

9. Cenderung Lari Dari Masalah

Omega memang baik, percaya diri, dan tidak egois tetapi sikapnya yang paling buruk adalah lari dari masalah. Mereka bukan sosok pria yang dapat menghadapi dan menyelesaikan masalahnya sendiri maupun masalah dengan pasangan. Disamping itu, sosoknya yang setia bukan berarti dapat mudah berkomitmen dengan wanita.

C. Cara Menghadapi Omega Male

Pria Omega merupakan pribadi antikonformitas, jadi kamu harus mengerti mereka kurang tertarik dengan pertemanan mendalam. Menurut Omega Male, pertemanan atau persahabatan hanyalah ajang sosialisasi. Itulah penyebab mereka hanya memiliki satu atau dua orang sahabat.

Ketika berhadapan dengan Omega, kamu juga tidak dapat mengumbar perasaan. Bahkan, sulit menuntutnya agar berlaku romantis ataupun meminta perhatian kecil. Selain itu, pola pikir mereka cenderung realistis dan mengarah ke hal-hal konkret saja. Jadi, utamakan logika kamu ketimbang rasa ketika berhubungan dengan para Omega.

Meskipun dianggap sebagai karakter yang menempati posisi terbawah, Omega tidak pernah ragu dengan keterampilannya dan cukup percaya diri dengan hal tersebut. Cara memulai percakapan dengan Omega sebaiknya sistematis, diawali dengan hal-hal terukur dan hasil observasi, dan pendapat-pendapat yang masuk akal sehat lainnya.

Omega Male memang tidak sehebat pria berkarakter Alpha dan Beta, tetapi mereka menjadi tempat curhat terbaik. Ada banyak kualitas dalam diri mereka yang enggan ditunjukkan kepada orang lain. Apabila bertemu dengan pria berkarakter seperti ini, tidak ada salahnya memulai hubungan pertemanan. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Buat kamu pria yang bingung dimana kategorimu dalam tingkatan Sigma, Alpha, Beta, Delta, Omega ataupun Gamma hal ini tidak begitu penting pada akhirnya. Fokuslah untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi dan itu lebih jauh bermanfaat bagi kehidupan ini.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.