Kepribadian Manusia Korelis, Sanguinis, Melankolis, Plegmatis

Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Bisa jadi kepribadian ini sudah ada sejak lahir ataupun terbentuk karena pengaruh lingkungan. Disamping mengetahui kepribadian, cermati juga 4 karakter manusia yakni koleris, plegmatis, sanguinis dan melankolis. Ulasan kali ini akan membahas karakter sanguine atau sanguinis secara lebih lengkap.

A. Pengertian Karakter Sanguine

Sanguinis atau karakter sanguine dapat dinilai sebagai kepribadian populer. Sebab, orang-orang sanguinis memiliki kelebihan persuasif dan keinginan untuk populer di lingkungannya. Mereka sangat terbuka dan senang berbicara. Sanguinis juga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Umumnya sanguinis sangat ramah, humoris, hangat, dan responsif.

Orang-orang yang memiliki kepribadian sanguinis sangat mudah bergaul, mereka tidak pilih-pilih. Apabila ada masalah yang menghampiri dapat dilewati dengan mudah karena sangunis lebih memfokuskan diri untuk kegembiraan. Mereka cenderung melakukan hal-hal spontan yang dianggap menyenangkan hatinya.

Jadi, orang-orang ini tidak akan terbelenggu dengan masa lalu ataupun terlalu mengkhawatirkan masa depan. Karakternya tidak memikirkan hal-hal berat, namun seringkali menafsirkan kejadian di sekitarnya dengan cepat. Sikap inilah yang menyebabkan sanguine sering terlibat dalam permasalahan.

Sanguine juga jarang memikirkan antisipasi atas tindakan yang diambil. Dalam mengambil tindakan-tindakan lebih didominasi oleh keputusan yang emosional. Banyak orang tertipu dengan perasaan mereka karena sanguine hanya menunjukkan kebahagiaan saja. Selain itu, sanguine mampu membuat orang sekitarnya tertawa dan merasa bahagia.

B. Ciri-Ciri Sanguinis

Berikut ini ciri-ciri orang yang memiliki karakter sanguinis sangat mudah diketahui, yakni :

  1. Aktif, biasanya sanguinis sangat aktif bergerak ke mana-mana saat melakukan aktivitas.
  2. Suka berbicara, tiada hari terisi tanpa berbicara dengan orang sekitarnya.
  3. Supel dan ramah, tidak ragu menyapa orang-orang yang baru dikenal dan memberikan perhatian.
  4. Lincah dan gesit, dalam melakukan berbagai hal dapat diandalkan.
  5. Mudah beradaptasi dengan tempat baru, mereka tidak meratapi ataupun mengenang tempat lama.
  6. Selalu ceria meski terkadang berubah jadi pemarah, raut wajah dan tutur kata mereka selalu menampilkan keceriaan.
  7. Minatnya bisa berubah-ubah cepat, karena sering mengambil keputusan berdasarkan emosional dengan melibatkan sedikit logika.
  8. Kurang bertanggung jawab, mereka sering menganggap enteng tanggung jawab karena dianggap dapat menundanya.
  9. Menyukai hal-hal baru karena dinilai sebagai tantangan.
  10. Mudah bangkit setelah jatuh, sehingga tidak gampang stres ketika dihadapkan dengan kegagalan.

C. Kelebihan Sanguine

Banyak orang menyukai karakter sanguine karena kelebihan-kelebihan berikut ini:

  1. Memiliki karakter yang menyenangkan.
  2. Mengutamakan kesenangan meskipun melakukan hal yang tidak sesuai perasaannya, mereka akan berusaha menyenangkan diri sendiri.
  3. Memberikan kehangatan bagi orang disekitarnya.
  4. Mudah menjalin hubungan pertemanan dan membinanya.
  5. Memiliki kemampuan persuasif yang handal.
  6. Selalu antusias dalam berbicara maupun beraktivitas.
  7. Ketika berbicara sanguine akan menggerakkan bagian tubuh, hal ini menunjukkan mereka dapat menjadi moderator yang berkompeten.
  8. Selalu berusaha membuat orang lain senang.
  9. Rasa empati yang dimiliki terhadap orang lain tinggi.

D. Kekurangan Sanguine

Sama seperti manusia, ternyata karakter sanguinis juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain :

  1. Emosi yang masih labil dan moody.
  2. Kurang produktif karena menyukai kesenangan dalam hidupnya.
  3. Bisa bekerja dengan optimal jika ditempatkan pada lingkungan kerja menyenangkan.
  4. Apabila ada masalah cenderung dibesar-besarkan dan bersikap bluffing.
  5. Lupa waktu karena keasyikan mengobrol.
  6. Kurang disiplin dalam hal apapun.
  7. Manajemen waktu yang buruk, beberapa pekerjaan bisa keteteran.

E. Karakteristik Orang Sanguinis

Menurus psikologi manusia orang-orang sangunis menunjukkan karakter tertentu dalam berperan. Karakter yang ditunjukkan berbeda-beda sesuai dengan hubungannya dengan orang lain maupun pekerjaan.

1. Sanguinis menjadi teman

Dalam lingkaran pertemanan mereka mudah mendapatkan teman-teman baru. Sanguinis sangat peduli dengan orang lain sehingga mereka bisa mencintai temannya. Disamping itu, sanguinis juga senang mendapatkan pujian. Ketika diajak berkumpul maka mereka akan segera merapat.

Sayangnya banyak orang yang cemburu dengan sanguinis. Walaupun sering dibuat marah atau kesal, para sanguine tidak mendendam. Mereka juga sadar ketika berbuat salah akan langsung memberikan penjelasan dan meminta maaf. Berteman dengan orang yang memiliki karakter ini dinilai sangat menyenangkan.

2. Sanguinis menjadi kekasih

Orang berkarakter sanguinis juga dapat menjadi kekasih idaman. Mereka akan menghujani pasangannya dengan pujian yang diucapkan secara spontan. Jalinan asmara dengan orang sanguinis penuh dengan keterbukaan, mereka juga akan berterus terang. Utamanya, orang sanguinis suka memberi kejutan. Dikenal sangat setia terhadap pasangan, mereka tidak mudah berpaling dan anti selingkuh.

3. Sanguinis menjadi orang tua

Ketika berperan sebagai orang tua, umumnya keluarga yang dibina sanguine sangat hangat dan menyenangkan. Anak-anaknya pun sangat menyayangi mereka. Kelebihannya saat keluarga mengalami musibah, sanguine dapat mengubahnya menjadi menjadi humor.

4. Sanguinis saat bekerja

Dalam melakukan pekerjaan baru mereka juga dapat diandalkan. Terkadang sanguinis tidak ragu menjadi sukarelawan mengerjakan tugas yang diberikan. Mereka menyukai kegiatan baru yang tidak monoton. Awalnya mereka terkesan hebat menyelesaikan tugas.

Ide-ide yang diberikan biasanya kreatif dan inovatif. Sanguinis terlihat antusias dan sangat berenergi saat berhadapan dengan hal-hal baru. Intinya orang sanguinis mampu membuat lingkungan kerja terpesona terhadap hasil yang berikan. Sehingga tidak jarang pemilik karakter sanguini sering dijadikan contoh.

Sanguinis dapat menjadi orang-orang yang sangat dicintai orang lain. Namun, mereka juga memiliki kelebihan dan kekurangan harus dimaklumi. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan dapat dijadikan pedoman untuk menganalisa kepribadian orang sekitar.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.