Manfaat Humor Bagi Kesehatan Dalam kehidupan

1. Mengurangi Rasa Sakit

Pernahkah mendengar kisah pasien kanker yang membaik setelah divonis hidupnya hanya akan bertahan beberapa bulan. Tidak sedikit kasus kondisi kesehatan pasien diketahui semakin membaik karena banyak menonton film komedi yang membuatnya tertawa. Dr Elias Shay, psikiatri Good Samaritan Hospital di Baltimore mengatakan bahwa menonton film komedi dapat mengurangi rasa sakit. Apalagi jika terlibat dalam sesuatu lelucon, rasa sakit yang berkurang lebih banyak.

2. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Humor dan tertawa ternyata bermanfaat banyak bagi tubuh manusia. Adapun manfaat yang langsung dirasakan adalah otot dan saraf mengendur, suasana hati tenang. Hasilnya tubuh dapat memberikan respon positif kepada otak. Efeknya otak dapat bekerja lebih optimal.

3. Membuat Pikiran Rileks

Humor dapat dikatakan seperti latihan yang membuat pikiran rileks. Bayangkan saja humor yang membuat orang tertawa akan melepaskan rasa stres kronis. Jadi, orang tersebut dapat menjalani hari lebih santai dan rileks.

4. Membangkitkan Daya Kreatif

Robert Alan Black PhD merupakan seorang ahli yang sudah bekerja lebih dari 35 tahun dan meneliti bidang kreativitas. Robert menemukan teori bahwa humor, gurauan, dan kelucuan memiliki porsi sendiri di dalam proses kerja serius. Humor ini sangat efektif untuk membangkitkan imajinasi manusia dan meningkatkan daya kreatif.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sebuah studi dari Loma Linda University di Loma Linda, Califonia (2006) dipimpin oleh Lee Berk dan Stanley A Tan memberikan penemua baru. Mereka memperoleh hasil bahwa hormon beta endorfin untuk mengurangi depresi meningkat sebanyak 27 persen. Sedangkan, hormon human growth hormone untuk membantu sistem kekebalan tubuh juga meningkat 87 persen. Keduanya hanya mengalami peningkatan setelah menonton sesuatu yang lucu.

6. Baik Untuk Melatih Pernafasan

Siapa sangka ternyata tertawa menjadi latihan yang baik untuk mengolah pernafasan. Tertawa juga mengendurkan punggung kaki, dan otot wajah. Jika ingin sistem pernapasan sehat dapat memulai latihan tertawa secara rutin.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.