Kepribadian INTP Adalah Dimensi, Ciri-ciri, Kekuatan, Kelemahan, Profesi, dan Tokoh Dunia

Siapa tidak mengenal tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) yang digunakan untuk berbagai hal di dunia. INTP – The Thinker dinilai sebagai seorang perancang dan pendiam. Mereka juga lebih suka memikirkan semua hal dengan latar belakang perbaikan. Selain itu, orang-orang dengan kepribadian ini cenderung melihat dunia dari kemungkinan teoritis.

A. Apa itu Tipe Kepribadian INTP?

Orang yang memiliki tipe kepribadian INTP dinilai sebagai pribadi pemikir yang cerdas. Selalu berusaha menjelaskan segala hal secara masuk akal menurut pengetahuan mereka. Menyoal kemampuan inteligensi mereka tidak perlu ditanyakan lagi karena pengaplikasiannya sangat kompleks, mulai dari teori hingga solusi.

Selain itu, mampu menyelesaikan suatu permasalahan secara logis. Metode analisa yang dimiliki orang INTP biasanya logis dan mengidentifikasi pola. Hasil dari analisa terhadap sesuatu juga disampaikan secara jelas dan mudah dimengerti.

Secara alamiah, orang-orang dengan tipe kepribadian ini lebih suka mencari teori baru sesuai dengan jalan pikiran mereka. Sebab, INTP lebih tertaik dengan hal-hal baru yang berhubungan dengan teori dan abstrak. Tidak jarang, orang-orang ini mendiskusikan konsep kepada orang lain dengan tujuan memperluas pandangan. INTP cenderung menolak ketika diberikan amanah sebagai pemimpin. Namun, mereka dapat bertindak fleksibel dan toleran.

B. Dimensi Kepribadian INTP

Rupanya populasi orang berkepribadian INTP hanya ada 3-5% di dunia. Adapun dimensi INTP antara lain Introvert, Intuition, Thinking, Perception.

1. I (Introversion)

Menampilkan sikap yang tenang dan pendiam, umumnya nyaman bekerja secara individu maupun dalam kelompok kecil. Orang introvert mengisi energi setelah menyendiri.

2. N (Intuition)

Melihat segala hal melalui gambaran besar dibanding detail. Selain itu, mementingkan hal-hal yang terjadi di masa depan daripada masa kini.

3. T (Thinking)

Tipe pemikir yang senang menilai segala sesutu dengan objektif, menghindar pemikirannya sendiri. Menimbang berdasarkan logikanya ketika mengambil sebuah keputusan, jarang menggunakan pertimbangan sosial.

4. P (Perception)

Memiliki kecenderungan menunda keputusan dan menahan pendapat. Tetapi akan terbuka terhadap berbagai pilihan. Tujuannya agar segala sesuatu mungkin diubah sesuai dengan situasi dan kondisi.

C. Ciri Karakteristik Kepribadian INTP

Dengan mengetahui ciri dan karakteristik tipe kepribadian ini maka akan lebih mudah serta dapat mengenali apakah teman, keluarga, atau orang sekitar memiliki kepribadian INTP dari ciri-ciri berikut ini:

1. Menyukai Ide dan Teori

INTP menyukai segala sesuatu yang bersifat terori dan ide yang abstrak. Pemikiran logis mereka membuat sikapnya lebih menghargai kompetensi dan ilmu pengetahuan.

2. Senang Bekerja Individu

INTP cenderung memilih bekerja sendiri-sendiri dibanding terlibat dalam sebuat tim. Sebab, mereka merasa tidak nyaman harus menyelaraskan pemikiran yang tidak sesuai dengan orang lain. Selain itu, tidak suka menjadi pemimpin maupun pengikut.

3. Standar Tinggi

Dalam kehidupan orang dengan kepribadian INTP ini selalu menetapkan standar yang tinggi. Terutama perihal pekerjaan dan cita-citanya.

4. Pandai dan Banyak Akal

Terkenal sebagai seseorang yang memiliki banyak akal dan intelijen yang tinggi. Tidak jarang orang-orang ini mengemukakan pendapat yang dianggap benar pada orang lain maupun dimuka umum.

D. Kelebihan dan Kekuatan INTP

Ternyata orang-orang INTP memiliki kekuatan tersembunyi dalam dirinya, antara lain :

  1. Analis yang hebat dan pemikir abstrak, pandangannya terhadap dunia Β dan analis yang hebat. Mereka memandang dunia ini sebagai mesin yang kompleks, artinya setiap bagian saling terhubung satu dengan yang lain.
  2. Berusaha selalu membuktikan ide-ide yang dikemukakannya meskipun menyimpangi intuisinya. Meskipun orang lain yang melihatnya menganggap ide-ide tersebut tidak dapat membawa menuju titik terang.
  3. Berpikiran terbuka dan mau menerima teori orang lain, sepanjang teori tersebut dilampirkan fakta-fakta dan diterima secara logika.
  4. Ketika memperoleh ide yang menarik maka akan bertindak secara antusias.
  5. Tidak berniat menyakiti orang lain karena semua dilakukan berdasarkan kebenaran.
  6. Selalu memberikan apresiasi dan menanggapi kebenaran.

E. Kekurangan dan Kelemahan INTP

Tidak hanya kekuatan saja, orang-orang INTP juga memiliki kelemahan, yakni:

  1. Pribadi yang tertutup dan bisa tiba-tiba menarik diri dari pergaulan maupun lingkungannya. Sehingga, orang lain sangat sulit menebak pikiran dan perasaannya meskipun sedang berhadapan.
  2. Berpikiran terlalu logis akhirnya mengabaikan perasaan orang lain.
  3. Biasanya menolak hal-hal yang tidak rasional, meskipun termasuk dalam tradisi.
  4. Ketika tertarik terhadap sesuatu maka akan menjadi fokus hingga lupa dengan hal-hal penting lainnya.Tidak jarang membuat mereka lupa makan, tidur kemalaman, dan tidak bersosialisasi dengan lingkungan.
  5. Kurang menyukai peraturan karena menganggap peraturan yang membatasi dan mengendalikan mereka. Namun, INTP akan membuat peraturan untuk dirinya sendiri.

F. Profesi Cocok INTP

Karir seorang INTP dapat berkembang apabila menjalani profesi berikut ini:

  1. Aktor
  2. Ahli komputer
  3. Ahli matematika
  4. Ahli ekonomi
  5. Ahli forensik
  6. Investigator
  7. Arkeolog
  8. Arsitek
  9. Artis
  10. Guru
  11. Peneliti
  12. Pengacara
  13. Hakim
  14. Ilmuwan
  15. Sejarawan
  16. Penulis buku teknis

G. Tokoh Dunia Berkepribadian INTP

Beberapa tokoh dunia yang terkenal ternyata memiliki kepribadian INTP, yakni :

  1. Socrates
  2. Abraham Lincoln
  3. Immanuel Kant
  4. Ashley Olsen
  5. Mary Kate Olsen
  6. Albert Einstein
  7. William James
  8. Charles Darwin
  9. C. G. Jung
  10. Dwight D. Eisenhower

Orang-orang INTP yang memiliki pembawaan unik ini memang sedikit dari populasi manusia di dunia. Namun, keberadaannya juga ditunggu-tunggu dalam setiap bidang keilmuan. INTP bisa berkembang jika mendalami profesi yang sesuai dengan karakter dan kekuatannya.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.