Macam Kepribadian Korelis, Sanguinis, Melankolis, Plegmatis

Jenis kepribadian manusia sangat beragam, salah satunya adalah melankolis. Kepribadian lainnya diketahui yakni Sanguis, Koleris, dan Pleghmatis memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Orang dengan kepribadian melankolis lebih menjunjung tradisi. Mereka juga sangat mencintai keluarga dan teman-temannya. Berikut ini ulasan lengkap mengenai kepribadian melancholy (melankolis) yang wajib disimak.

A. Apa Itu Kepribadian Melancholy (Melankolis)?

Melankolis merupakan salah satu kepribadian yang dapat dikategorikan sebagai sub dari introvert. Umumnya, orang melancholy (melankolis) tidak menyukai keramaian dan memiliki karakter pemikir. Namun, bukan berarti melankolis anti keramaian. Dalam pikirannya lebih asik sendiri karena waktu yang tepat untuk mengembangkan imajinasi dan daya seni. Sehingga tidak mengherankan orang dengan kepribadian ini dapat menciptakan karya seni bercita rasa tinggi.

B. Ciri-Ciri Kepribadian Melancholy

Orang yang memiliki kepribadian melankolis dijuluki si sempurna ini dapat dikenali dengan ciri-ciri berikut ini:

1. Perfeksionis

Dimana kepribadian melankolis selalu memikirkan sesuatu dan melakukannya dengan sempurna. Sehingga mereka akan berusaha mengerjakan dengan optimal. Selain itu, tidak dilakukan asal-asalan meskipun hal yang kecil seperti merapikan buku.

2. Penuh Pikiran dan Analisa

Mereka yang memiliki kepribadian ini sangat suka melakukan analisa dengan mendalam dan lebih mendetail. Terlebih lagi analisa terhadap tugas-tugas yang diberikan. Disamping itu, dalam pikiran mereka sering berbicara mengenai potensi resiko yang mungkin terjadi pada masa depan.

3. Sensitif dan Peka

Membahas masalah perasaan, kebanyakan melancholy merupakan pribadi yang sensitif. Bahkan sangat peka dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Orang dengan kepribadian ini sangat cocok dijadikan tempat ngobrol dan mencurahkan isi hati. Sebab mereka akan menjadi pendengar yang baik terhadap apa yang dibicarakan orang lain.

4. Rela Berkorban

Salah satu alasan kepribadian melankolis dapat dijadikan sahabat terbaik karena sikap rela berkorban mereka. Melancholy juga mementingkan orang lain dibanding diri sendiri. Sehingga mereka selalu memperlakukan orang dengan baik karena ingin diperlakukan dengan baik pula. Sikap inilah yang membuat melankolis sangat cocok dijadikan pasangan hidup karena mau berkorban demi seseorang yang dicintainya.

5. Bekerja Dibelakang Layar

Umumnya, melankolis tidak menyukai perhatian berlebihan maupun menjadi pusat perhatian. Apabila disamakan dengan film, mereka tidak akan mengambil peran tetapi menjadi sutradara maupun penulis skenario.

6. Menyukai Kesunyian

Tenggelam dalam kesunyian merupakan salah satu aktivitas yang mereka senangi. Orang dengan tipe melankolis lebih memilih tempat sunyi daripada tempat yang ramai dengan penuh manusia. Terlebih lagi dalam keadaan sedih, galau, maupun untuk memikirkan sesuatu.

7. Senang Bekerja Sendiri

Apabila sedang mengerjakan sesuatu, melankolis akan memilih mengerjakannya secara individual. Sebab mereka dapat menetapkan standar dan aturan kerja sendiri. Biasanya standar yang ditetapkan terhadap sesuatu cukup tinggi. Mereka juga menganggap belum tentu orang lain mampu mengerjakannya sebaik mereka.

8. Mudah Terbawa Perasaan

Saat berbicara dengan orang-orang melankolis sebaiknya berhati-hati karena perasaan mereka sangat sensitif. Hal ini juga menyebabkan mereka mudah terbawa perasaan. Terlebih lagi kata-kata yang tersirat cacian, hinaan, dan celetukan guyon. Apabila mereka mendengarkan kata-kata tersebut dapat membuat mentalnya mudah jatuh. Alhasil, perkataan tidak mengenakkan selalu terngiang dan selalu diingat mereka.

9. Menganggap Dirinya Rendah

Ciri yang dapat terlihat yakni melankolis kerap menilai dirinya sendiri kecil. Meskipun sebenarnya mereka sangat baik dalam melakukan berbagai hal. Tidak jarang, melankolis minder dan merasa malu ketika bergaul dengan orang lain yang lebih darinya.

C. Peran Orang Berkepribadian Melankolis

Kepribadian melancholy juga menunjukkan berbeda tergantung peran yang sedang dijalani seperti berikut ini.

1. Peran Melankolis Sebagai Orang Tua

  • Menetapkan standar tinggi bagi anak-anaknya.
  • Menginginkan segala hal dilakukan dengan teratur dan benar.
  • Merapikan barang-barang rumah ataupun mainan anak dengan teratur dan sesuai tempatnya.
  • Mendorong pengembangan bakat dan intelegensi anak dengan maksimal.

2. Peran Melankolis Sebagai Teman Kerja

  • Melihat permasalahan dengan baik dan menemukan solusi lebih sempurna, tetapi dapat memakan waktu lama.
  • Perfeksionis, detail, gigih dan memiliki jadwal teratur.
  • Menyukai grafik, bagan, dan diagram.
  • Menetapkan standar tinggi ketika mengerjakan dan menyelesaikan tanggung jawab.
  • Pintar memilih teman kerja yang dapat dipercaya.
  • Bekerja dibelakang layar.
  • Mudah kasihan terhadap rekan kerja.
  • Berbakti, setia dan menghindari perhatian berlebihan dari atasan.

D. Profesi Orang Berkepribadian Melankolis

Ternyata orang-orang berkepribadian melankolis sangat cocok mendalami profesi berikut ini :

1. Akuntan

Akuntan akan menghabiskan banyak waktu dengan menghitung angka-angka pada layar komputer maupun buku. Para melankolis tidak akan bosan melakukan pekerjaan sebagai akuntan karena mereka foku dan teliti.

2. Analis

Profesi analis dan melakukan rise juga sangat pas karena melankolis memiliki kemampuan mengolah data dan mengumpulkan data. Terlebih lagi mereka bisa melakukan analisa tanpa perlu berinteraksi dengan orang lain.

3. Penulis

Selain itu, profesi penulis merupakan karir yang bagus karena memainkan ide serta riset. Mereka juga mampu berkutat dan berbicara dengan pikirannya sendiri. Jadi, penulis merupakan profesi paling direkomendasikan.

Seperti itulah ulasan seputar kelebihan melankolis atau melancholy. Anda dapat mengenali tipe kepribadian satu ini dari ciri-ciri yang ditampilkan orang lain. Semoga bermanfaat.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.