Tipe Kepribadian ISFP Adalah Dimensi, Ciri Karakteristik, Profesi dan Tokoh Dunia

Tipe kepribadian ISFP merupakan salah satu diantara 16 kepribadian dari hasil test MBTI. Biasanya ISFP-The Artist memiliki kepribadian yang ramah, baik hati, tenang, dan sensitif. Orang-orang ini akan menikmati apa saja yang terjadi dalam hidupnya dan disekitar mereka.

Untuk urusan pekerjaan, ISFP memiliki ruang dan jam terbang sendiri. Terkenal sebagai pribadi dengan komitmen tinggi dan loyal. Selain itu, sangat menghindari terjadinya konflik. Jadi, jangan heran jika melihat orang ISFP tidak begitu memaksakan prinsipnya kepada orang lain.

A. Apa Itu Kepribadian ISFP – The Artist?

ISFPΒ atau singkatan dari Introversion, Sensing, Feeling, Perception merupakan instrumen hasil dari tes kepribadian MBTI dikembangkan oleh David Keirsey. Tipe kepribadian ISFP digolongkan dalam temperamen artisan. Faktanya populasi manusia dengan kepribadian ini sangat minim, bayangkan hanya ada 5-9% orang ISFP dari total populasi manusia di dunia.

Salah satu ahli psikologi, Keirsey Temperament Sorter mengemukakan pendapat bahwa artisans merupakan pribadi yang konkrit dan mudah beradaptasi. Mereka juga dapat mencari pendorong dari dalam maupun luar diri untuk menunjang keahlian yang dimiliki.

Orang-orang ini sangat peduli dengan perubahan di dunia. Sehingga memiliki inisiatif untuk mengambil bagian terhadap perubahan dunia. ISFP juga sangat baik dalam hal taktik, kelincahan, memecahkan masalah, dan memanipulasi instrumen maupun peralatan. Umumnya tipe kepribadian ISFP menonjol dibandingkan kepribadian lainnya.

B. Dimensi Tipe Kepribadian ISFP

Tipe kepribadian ISFP dapat dijelaskan lebih lengkap melalui dimensi berikut ini :

I – Introversion

Kepribadian yang cenderung diam dan tenang. Umumnya lebih suka melakukan interaksi intensif hanya kepada orang terdekat dibandingkan berinteraksi dengan banyak orang. Merasa mengeluarkan energi lebih banyak ketika berada dalam situasi sosial. Mengisi energi dengan cara menyendiri.

S – Sensing

Kepribadian yang hal nyata daripada abstrak. Pusat perhatian mereka mengarah pada hal detail dibandingkan gambaran besar. Memilih melakukan realitas langsung dan menghindari menerka-nerka kemungkinan di masa depan.

F – Feeling

Kepribadian yang menghargai pertimbangan pribadi ketika mengambil keputusan. Mereka akan meninjau implikasi sosial diatas logikanya.

P – Perception

Kepribadian yang menahan pendapat dan menunda-nunda dalam mengambil keputusan. Akan menjaga pilihan miliknya tetap terbuka. Sehingga, ketika berubah karena kondisi dapat beralih ke pilihan lainnya.

C. Ciri-Ciri Kepribadian ISFP

Anda dapat mengenali apakah teman, keluarga, maupun orang sekita lingkungan yang memiliki kepribadian ISFP. Biasanya dapat dengan mudah dikenali melalui ciri-ciri sederhana, antara lain.

Meme ISFP
  1. Memiliki tingkat kesadaran tinggi dan mendalam terhadap lingkungan alam
  2. Menikmati hidup di masa sekarang
  3. Suka dengan pergerakan lebih lambat, karena ingin menikmati waktu menyendiri mereka
  4. Menghindari hal-hal yang berhubungan dengan pemikiran abstrak maupun teori karena menyukainya
  5. Memiliki kecenderungan memilih hal-hal riil yang sudah diaplikasikan
  6. Loyalitas tinggi dan setia kepada pekerjaan, keluarga, orang yang dicintai, dan teman
  7. Menurutnya sangat penting mengembangkan ide-ide dan gagasan
  8. Cenderung bersikap individualistis karena tidak ada keinginan untuk menjadi pemimpin maupun pengikut
  9. Menyikapi sesuatu hal dengan serius, walaupun dari luar tidak terlihat
  10. Menyukai anak-anak dan hewan
  11. Bersikap diam dan tenang, kecuali jika sudah mengenal orang dengan baik
  12. Mudah percaya, baik hati, dan sensitif
  13. Orientasi terhadap pelayanan karena tergerak membantu orang lain
  14. Mampu memberikan apresiasi yang baik terhadap keindahan estetika
  15. Melakukan tindakan yang orisinil, bukan konvensional
  16. Menganggap cara belajar terbaik jika terjun langsung dan mengerjakan dengan tangan sendiri
  17. Tidak menyukai jadwal ketat dan batasan-batasan dalam kehidupannya
  18. Memerlukan kebebasan dan ruang agar dapat melakukan hal-hal lebih mudah dengan caranya sendiri
  19. Tidak menyukai tugas-tugas rutin, hal-hal biasa, tetapi akan tetap dilakukan jika dibutuhkan

D. Profesi Untuk Orang ISFP

Berikut daftar profesi yang sangat tepat jika didalami oleh orang dengan kepribadian ISFP. Sebab, dalam melaksanakan tugas-tugasnya memerlukan sifat-sifat ISFP. Alhasil, secara alamian akan mengerjakan dengan sangat baik. Ini rekomendasi profesi apa saja yang pas bagi mereka:

  • Desainer
  • Dokter Anak
  • Dokter Hewan
  • Guru
  • Konsultan
  • Pekerja Sosial
  • Pemerhati Anak
  • Polisi Khusus Patroli Hutan
  • Psikolog
  • Seniman

Daftar profesi tersebut memang sangat pas jika dilakukan oleh seseorang dengan kepribadian ISFP. Namun, setiap individu memiliki kemampuan berbeda-beda dan bebas menentukan pilihan hidup. Oleh karena itu, ISFP tidak wajib melakukan profesi seperti diatas. KesuksesanΒ  karir juga dipengaruhi faktor lain seperti kerja keras, kejujuran, organisasi, dan intelegensi.

E. Tokoh-tokoh Dunia Berkepribadian ISFP

Berikut ini deretan tokoh terkenal dan berpengaruh didunia, rupanya mereka dikategorikam sebagai orang-orang ISFP:

  • Fred Astaire, seorang penari
  • Marilyn Monroe, seorang artis dan penyanyi
  • Barbara Streisand, seorang penyanyi
  • Auguste Rodin, sculptor
  • Elizabeth Taylor, seorang artis
  • Paul McCartney, musisi terkemuka
  • Wolfgang Amadeus Mozart, komposer terkemuka

Seperti itulah ulasan mengenai orang dengan kepribadian ISFP. Anda dapat mengenalinya dari ciri-ciri diatas. Ternyata banyak tokoh-tokoh di dunia rupanya merupakan seorang ISFP. Semoga artikel ini bermanfaat.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.