Pengertian Kreatif Adalah Definisi Arti Bentuk-Bentuk dan Ciri-Ciri

Kita sering kali mendengar dan bahkan mengucapkan kata-kata β€œkreatif” tapi apakah sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan kreatif itu sendiri? Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita bahas lebih dalam mengenai kreatif.

A. Pengertian Kreatif Secara Umum

Pengertian kreatif secara umum adalah suatu kemampuan yang ada di setiap individu ataupun kelompok yang dapat melakukan suatu pendekatan-pendekatan tertentu atau terobosan untuk memecahkan suatu masalah dengan cara yang berbeda.

Ada juga definisi lain tentang kreatif yaitu kemampuan untuk bisa menciptakan sesuatu cara atau hal yang baru (berbeda dengan yang ada sebelumnya). Secara harfiah, kata kreatif itu sendiri berasal dari bahasa Inggris β€œto create” yang memiliki arti menciptakan atau membuat. Jadi dapat disimpulkan bahwa kreatif adalah suatu kemampuan untuk menciptakan ide atau konsep dalam memecahkan suatu masalah.

B. Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Agar bisa memahami kreatif dengan lebih mudah, maka mari kita memahami mengenai pengertian kreatif menurut para ahli yang berikut ini:

1. Widyatun

Kreatif merupakan suatu kemampuan dalam menyeleaikan suatu masalah, sehingga dapat memberikan kesempatan untuk setiap orang agar dapat berkreasi dan tentunya bisa memunculkan ide-ide baru yang berguna untuk berkembang.

2. Shadiq

Kreatif merupakan gagasan terhadap suatu konsep dan rencana untuk maju. Dan gagasan ini dibutuhkan untuk hasil karya atau pemikiran seseorang dalam memecahkan berbagai masalah sosial yang sedang berkembang.

3. Supriadi

Kemampuan yang ada pada diri seseorang untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru (dapat berupa gagasan ataupun karya yang baru ataupun yang belum pernah ada sebelumnya). Kreativitas juga bisa dikatakan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi yang bisa mengimplikasikan terjadinya suatu eskalasi dalam kemampuan berpikir seseorang dengan ditandai diskontinuitas, suksesi, diferensiasi, dan juga integrasi antara tahapan-tahapan perkembangan.

4. James R. Evans

Kemampuan untuk menemukan hubungan yang baru, dapat melihat subjek dengan sudut pandang yang berbeda, dan juga dapat menggabungkan beberapa konsep yang sudah ada (mainstream) menjadi suatu konsep yang berbeda.

5. Havvel

Pengertian kreatif adalah kemampuan untuk bisa menciptakan komposisi yang baru atau suatu sistem yang baru.

6. KBBI

Dan menurut KBBI kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan atau daya cipta. Kreativitas juga bisa dimaknai sebagai kreasi terbaru dan orisinil yang tercipta. Sebab proses kreativitas mental yang unik agar dapat menghasilkan suatu hal yang baru, orisinil dan berbeda.

C. Bentuk-Bentuk Kreatif

Setiap manusia memiliki sikap kreatifnya sendiri dan dapat diwujudkan melalui berbagai hal, antara lain:

1. Ide Kreatif

Ide merupakan suatu pemikiran yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi. Nah, pemikiran kreatif ini dapat memunculkan ide unik yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

2. Produk Kreatif (Barang ataupun Jasa)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pemikiran kreatif bisa memunculkan ide yang unik salah satunya adalah produk kreatif. Produk yang diciptakan juga akan sangat berguna untuk konsumen dan juga masyarakat luas. Jika proses kreatif tidak ada, maka produk yang dihasilkan tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.

3. Gagasan Kreatif

Dan bentuk kreatif yang terakhir adalah gagasan kreatif. Nah, gagasan ini bisa diwujudkan melalui tulisan ataupun dikemukakan secara langsung. Sekarang ini sudah semakin banyak media yang bisa Anda gunakan untuk membuat gagasan kreatif.

D. Ciri Orang Yang Kreatif

Setiap orang memiliki sifat kreatif dengan porsinya masing-masing dan ada yang sadar bahkan juga tidak sadar dengan potensi kreatif yang dimilikinya. Lalu bagaimana cara mengetahui seseorang kreatif atau tidak? dengan adanya ciri-ciri orang yang kreatif maka Anda bisa mengetahuinya. Yuk langsung saja kita simak, apa saja cirinya:

1. Imajinasi

Seseorang yang memiliki imajinasi, maka kemungkinan besarnya adalah orang yang kreatif. Karena seseorang yang senang berimajinasi, cenderung lebih menggunakan otak bagian kanan dibandingkan dengan otak kiri. Orang-orang yang berimajinasi juga dikenal dengan seseorang yang pemimpi dan dapat mewujudkan mimpi-mimpinya.

2. Suka Tantangan

Tantangan memang terkadang berat untuk sebagian orang, tapi untuk orang yang kreatif tantangan bisa membuatnya menjadi lebih bersemangat. Tantangan yang ada akan dihadapi dengan penuh optimis dan berani mengambil risiko yang ada. Tapi jika orang tersebut gagal, dia tidak akan menyerah dan akan belajar dari kesalahan apa saja yang pernah di perbuat. Dan jika tantangan tersebut berhasil dilewati, maka akan ada rasa kepuasan tersendiri di dalam dirinya.

3. Mudah Beradaptasi

Ciri selanjutnya adalah mudah beradaptasi karena orang yang kreatif cenderung berpikir secara cepat dalam mengatasi masalah dan bisa menemukan ide baru.

4. Mudah Merasa Bosan

Karena suka dengan hal baru, maka orang yang kreatif akan mudah merasa bosan dengan beberapa hal yang sudah dia kerjakan atau lakukan.

5. Pribadi Yang Misterius

Mood yang suka berubah sehingga terkesan misterius dan sulit untuk ditebak tapi memiliki rasa sensitifitas dan empati yang cukup tinggi.

Nah, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan berpikir kreatif, salah satunya bisa dengan mudah memecahkan masalah yang dihadapi. Sedangkan dari ciri-ciri yang sudah dijelaskan diatas, apakah kamu termasuk orang yang kreatif?




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.