Secara umum definisi atau pengertian customer service adalah aktivitas yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan atau kenyamanan kepada Kostumer atau nasabah melalui pelayan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan Kostumer. Customer service juga dapat diartikan sebagai individu yang memberikan pelayanan pada setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan pada klien dalam menyelesaikan keluhan atau permasalahanya.
A. Defenisi customer service menurut para ahli
1. Haksever
Customer service merupakan jasa atau pelayanan yang didefenisikan sebagai kegiatan ekonomi yang menghasilkan waktu, tempat, bentuk dan kegunaan psikologis.
2. Evardsson
Customer
service merupakan kegiatan, proses dan interaksi berupa pelayanan dan jasa
terhadap perubahan kondisi orang atau sesuatu dalam kepemilikan pelanggan.
3. Dahlan
Customer service pada dasarnya adalah pelayanan yang ditawarkan pada konsumen yang sifatnya tidak berwujud dan customer service juga merupakan suatu usaha melayani kebutuhan orang lain.
4. Kasmir
Customer
service adalah setiap kegiatan yang diperuntukan untuk memberikan kepuasan pada
nasabah.
5. Philip Kotler
Customer
service adalah setiap kegiatan atau manfaat yang dapat diberikan oleh suatu
pihak pada pihak yang lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak pula
berakibat pada pemilikan sesuatu.
6. Turban
Customer
service merupakan suatu pelayanan pada pelanggan sebelum, selama dan setelah
pembelian.
7. Institute of Customer service
Customer service adalah jumlah total dari apa yang dilakukan olah suatu organisasi untuk memenuhi harapan pelanggan dan menghasilkan kepuasan pelanggan.
B. Syarat Menjadi Customer service
1. Syarat fisik
- Menarik dari segi wajah dan penampilan
- Memiliki tinggi badan dan berat badan yang proporsional. Untuk laki-laki tingginya minimal 165 cm dan untuk wanita 160 cm.
- Sehat jasmani dan rohani
2. Syarat mental
Memiliki mental yang kuat dalam
melalayani dan menangani keinginan klien, sebab akan memberikan kepercayaan
diri yang baik serta dapat memberikan dan menimbulkan keyakinan dan sifat jujur
maupun tanggung jawab yang besar terhadap apa saja yang dilakukannya.
3. Syarat kepribadian
- Energik dan gesit
- Memiliki selera humor dan selalu ingin maju
- Mampu mengendalikan diri sendiri
- Tidak tempramen atau mudah marah
- Tidak terpancing untuk berbuat atau berkata kasar
4. Syarat sosial
- Memiliki jiwa sosial yang tinggi
- Bijaksana
- Berbudipekerti yang tinggi
- Pandai bergaul
- Dapat bekerja sama dan berkomitmen dengan berbagai macam pihak.
C. Tips Dasar Pelayanan yang Baik
- Berpakaian dan berpenampilan yang baik.
- Ramah dan percaya diri.
- Menyapa dengan lembut dan menyebutkan nama Kostumer atau nasabah dengan benar.
- Tenang, hormat, dan sopan dalam pembicaraan.
- Tekun mendengarkan setiap pembicaraan dan menerima keluhan dengan baik.
- Berbicara dengan jelas menggunakan bahasa yang baik dan benar.
- Semangat dalam melakukan pelayanan.
- Tidak menyela dan memotong pembicaraan.
- Mampu menyakinkan nasabah serta memberikan kepuasan.
- Meminta bantuan rekan apabila tidak mampu menyelesaikan permasalahan nasabah.
- Bila belum dapat melayani sebaiknya memberi tahu kapan nasabah tersebut akan dilayani.
D. Tugas dan Fungsi Customer service
1. Resepsionis
Customer service juga bekerja sebagai resepsionis yang mempunyai fungsi sebagai penerima tamu yang datang keperusahaan. Tamu yang dimasksudkan disini bisa siapa saja seorang pelanggan, calon pelanggan, supplier, atau pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan.
2. Deksman
Customer
service juga sebagai deksman atau sebagai orang yang melayani berbagai macam
permohonan yang diajukan oleh pelanggan atau calon pelanggan. Mulai dari saat
pemohon mengisi formulir sampai dengan kelengkapan data yang dibutuhkan atau
yang dipersyaratkan.
3. Salesman
Customer service juga melakukan penjualan produk kepada pelanggan atau calon pelanggan. Customer service harus mampu menjelaskan sesuatu yang berkaitan dengan produk.
4. Customer relation officer
Customer
service juga harus mampu membina hubungan baik dengan pelanggan termasuk untuk
membujuk atau merayu supaya pelanggan bertahan dan tidak lari dari perusahaan
yang bersangkutan jika menghadapi masalah.
5. Komunikator
Customer service
juga berfungsi sebagai komunikator atau pembicara yang bertugas sebagai
penguhubung antara perusahaan dengan pelanggan atau pihak lain yang
berkepentingan terhadap perusahaan.
E. Tuntutan Customer service
1. Pelayanan prima
Customer service wajib memberi pelayanan prima atau pelayanan yang bermutu tinggi. Layanan prima menggambarkan etos/budaya kerja suatu perusahaan, organisasi atau perorangan.
2. Manfaat pelayanan prima
- Meningkatkan rasa loyalitas nasabah
- Meningkatkan pangsa pasar
- Meningkatkan penjualan dan keuntungan
- Meningkatkan reputasi perusahaan
- Menghindari pertentangan
- Meningkatkan jumlah pelanggan
- Menghemat biaya pemasaran atau budget promosi
- Mengurangi jumlah keluhan
- Meningkatkan moral karyawan
- Meningkatkan produktivitas karyawan
- Menjaga hubungan baik antar karyawan
- Mengurangi jumlah karyawan yang mengeluh
- Mengurangi kemalasan karyawan (Memantau absen dan kehadiran)
- Mengurangi jumlah karyawan yang keluar dari perusahaan.
Rekomendasi:
- 3 Cara Promosi Produk Yang Efektif Jagad.id – Promosi Produk, Kompetisi di dunia usaha makin hari semakin bertambah. Tiap perusahaan harus pintar dalam atur pemasaran strategy supaya tidak kalah saing dengan pesaing usaha yang lain. Lakukan…
- Ritel : Definisi, Contoh Dan Jenis Jagad.id – Definis Usaha Ritel, Tahukah kamu apakah itu usaha retail? Usaha retail ialah aktivitas jual-beli dengan jumlah ketengan. Saat ini, perubahan di dunia usaha makin hebat dan banyak macamnya.…
- 8 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Jagad.id - Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online, Langkah meningkatkan usaha online memang berlainan bila dibanding dengan usaha memakai mekanisme konservatif. Tetapi, tidak berarti sistem pengembangannya selalu sulit dan sulit untuk…
- Pengertian E-Government : Manfaat, Fungsi, Implementasi dan… Jagad.id -Pegertian E-Government merupakan pemkaian information and communication technology atau ICT sebagai cara meningkatkan hubungan pemerintah dengan beberapa pihak lain. Pemakaian ICT nantinya akan menghasilkan sebuah hubungan baru seperti government…
- Pengertian Yayasan : Syarat Pendirian, Jenis Jenis dan… Yayasan adalah entitas non-pemerintah yang didirikan sebagai perusahaan nirlaba atau kepercayaan amal, dengan tujuan utama membuat hibah organisasi terkait, lembaga atau individu untuk ilmiah, pendidikan, budaya, agama , atau tujuan…
- Pengertian dan Peran : Rumah Tangga Konsumen, Produsen,… Di dalam suatu kegiatan ekonomi, pastinya ada juga yang disebut dengan pelaku ekonomi. Apakah yang dimaksud dengan pelaku ekonomi? Sebenarnya pelaku ekonomi adalah subjek baik perorangan ataupun kelompok yang melakukan…
- Pengertian Pengacara : Arti, Fungsi, Tugas Dan Tanggung… Pengacara atau yang juga dikenal dengan advokat merupakan suatu profesi yang memberikan suatu jasa hukum baik di dalam maupun diluar pengadilan yang memenuhi persyaratan dan berdasarkan ketentuan undang-undang. Pengacara juga…
- Pemasaran Usaha : Definisi dan Contohnya Jagad.id - Pemasaran Usaha, pemasaran usaha ialah senjata khusus dalam membuat usaha. Tiap pelaku bisnis tentu saja harus mempunyai taktik pemasaran yang masak. Karena, hal itu bisa tentukan maju atau…
- Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli - Ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kata ‘ekonomi’ berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu ‘oikos’ dan ‘nomos’ yang…
- Arti Produsen (Ekonomi) Adalah : Peran dan Bentuk Produsen adalah pihak yang melakukan produksi suatu barang maupun jasa yang bertujuan untuk dijual kepada konsumen atau kepada distributor. A. Peran Produsen Sebagai pihak yang memproduksi suatu barang maupun jasa…
- Pengertian Pedoman : Arti, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan… Jagad.id - Pengertian Pedoman merupakan suatu kumpulan dari ketentuan dasar yang dapat memberikan arah bagaimana sesuatu harus dilakukan dan bisa juga diartikan sebagai hal pokok atau yang bersifat dasar yang…
- Kepribadian Plegmatis : Kelebihan, Kekurangan, dan Profesi… Jagad.id - Kepribadian Plegmatis - Berdasarkan ilmu psikologi, karakter manusia terbagi menjadi 4, salah satunya adalah Phlegm (Plegmatis). Para peneliti keilmuan ini menyebutkan setidaknya ada 30-35% orang yang memiliki karakter…
- 6 Ide Usaha Untuk Pelajar, Tanpa Ganggu Sekolah! Jagad.id – Ide Usaha Untuk Pelajar, Perkembangan teknologi membantu kita untuk menghasilkan uang tanpa harus ngantor seharian full, bagaimana caranya? Berikut akan kami ulas ide usaha untuk para pelajar yang…
- Pengertian Faktur Adalah : Arti, Fungsi, Jenis, Komponen dan… Secara umum definisi atau pengertian Faktur adalah suatu perhitungan penjualan atau suatu perincian pengiriman barang yang mencatat tentang daftar barang, harga barang dan lain-lain. Faktur bisa juga disebut dengan “invoice”…
- Pengertian Bea Cukai : Tugas, Fungsi, Macam Jenis dan Contoh Dalam proses jual beli antar negara, bagi mereka yang sering melaksanakan kegiatan jual beli ekspor dan impor tentunya akan terbiasa dengan istilah bea cukai. Namun tentu saja tidak semua masyarakat…
- Pengertian Reseller : Sistem Kerja, Syarat, Keuntungan,… Dengan semakin berkembangnya bisnis jual beli atau perdagangan yang memakai media internet sebagai basis utama. Dari sini, kemudian mulai bermunculan berbagai pekerjaan baru dari mulai dropshipper hingga reseller. Dalam ulasan…
- 100 Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Customer Online Shop Jagad.id - Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Customer Online Shop, Di zaman saat ini, usaha online sebagai tipe usaha yang banyak disukai beberapa pebisnis dan diputuskan oleh customer. Nach, buat…
- Pengertian Apresiasi : Arti, Bentuk, Cara Dan Manfaat Secara etimologi kata apresiasi berasal dari bahasa Inggris yaitu appreciation yang artinya menghargai dan apresiasi ini juga appreciate yaitu menyadari, mengahayati, menjiwai, menilai dan menghargai. Apresiasi juga dapat di artikan…
- Perilaku Konsumen : Teori, Jenis, Faktor dan Contoh Perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilewati oleh individu atau kelompok dalam pencarian, pembelian, penggunaan, evaluasi serta pembuang produk / jasa setelah digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dirinya. Perilaku konsumen dapat…
- Pengertian M-Banking : Fungsi, Cara Kerja, Fitur, Kelebihan… jagad.id - Di era teknologi yang semakin maju sekarang ini, internet serta jaringan komunikasi nirkabel sudah mulai mendominasi. Ada banyak fitur serta aplikasi yang terus muncul pada smartphone sehingga membuat…
- Perilaku Konsumen ; Tipe dan Definisi Jagad.id - Perilaku konsumen, Pelajari sikap customer adalah cara penting yang penting dilaksanakan dalam peningkatan usaha. Karena, dengan ketahui bagaimana sikap customer, sebuah usaha dapat sesuaikan taktik pemasaran supaya produk…
- Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum Secara umum, motivasi merupakan suatu dorongan dengan tujuan sebagai penyemangat atau penggerak untuk seseorang sebagai upaya dalam hal yang positif bahkan hingga negatif. Motivasi merupakan istilah dalam bahasa inggris ‘motivation’,…
- Aplikasi PLN Mobile Akses Pembayaran Lebih Mudah jagad.id - Listrik merupakan kebutuhan rumah tangga sekaligus tempat usaha yang harus bisa Anda penuhi. Biasanya pihak penanggung jawab akan memberitahukan atau mengirimkan total tagihan yang harus dipenuhi agar layanan…
- Auto 2000 Daan Mogot, Jual Bisa Service Juga Bisa! Seberapa penting kendaraan roda empat Anda dalam aktivitas sehari-hari Anda? Jika jawabannya adalah tidak tergantikan, maka melakukan servis secara berkala adalah sebuah kewajiban untuk Anda. Untuk Anda yang memiliki kendaraan…
- Pengertian Koperasi : Karakteristik, Fungsi, Prinsip, Macam… Di Indonesia, koperasi berawal dari lahirnya Bank Pertolongan dan Tabungan (Hulp en Spaarbank) yang didirikan oleh Raden Aria Wiria Atmaja pada tahun 1896 di Purwokerto. Koperasi merupakan salah satu bentuk…
- Pengertian Bisnis : Arti, Bentuk, Tujuan, Fungsi, Manfaat,… Jagad.id - Bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu bussines yang berarti perusahaan, urusan usaha. Bisnis bukanlah sesuatu yang asing ditelinga masyarakat pada umunya, Setiap hari jutaan orang melaksanakan kegiatan bisnis.…
- Pengertian Lembaga : Arti, Jenis, Fungsi Dan Unsur Membahas tentang lembaga sesungguhnya lebih merujuk pada sesuatu bentuk, sekaligus mengandung makna yang abstrak. Karena dalam pengertian lembaga juga mengandung tentang seperangkat norma, peraturan-peraturan yang menjadi ciri lembaga tersebut. Secara…
- Langkah Membuat Google Bisnis, Auto Tambah Cuan! Jagad.id - Langkah Membuat Google Bisnis, Google Usaha ialah service terkenal di industri usaha online sekarang ini. Jika kamu pernah mendapati lokasi atau online shop lewat feature mesin pencari, itu sebagai…
- Pelaku Ekonomi, Pengertian dan Perannya Pelaku Ekonomi, Pengertian dan Perannya – Pengertian pelaku ekonomi adalah individu atau lembaga yang telibat dalam proses kegiatan ekonomi baik itu produksi, ditribusi, atau konsumsi. Yang memiliki peran dalam pelaku…
- Pengertian Rekreasi : Arti, Jenis, Ciri, Tujuan, Manfaat Dan… Jagad.id - Pengertian rekreasi secara etimologi berasal dari bahasa latin yaitu “creature” yang memiliki arti mencipta. Lalu kemudian di beri awalan “re” sehingga berarti “pemulihan daya cipta dan penyelenggara daya…