Secara umum definisi atau pengertian customer service adalah aktivitas yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan atau kenyamanan kepada Kostumer atau nasabah melalui pelayan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan Kostumer. Customer service juga dapat diartikan sebagai individu yang memberikan pelayanan pada setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan pada klien dalam menyelesaikan keluhan atau permasalahanya.
A. Defenisi customer service menurut para ahli
1. Haksever
Customer service merupakan jasa atau pelayanan yang didefenisikan sebagai kegiatan ekonomi yang menghasilkan waktu, tempat, bentuk dan kegunaan psikologis.
2. Evardsson
Customer
service merupakan kegiatan, proses dan interaksi berupa pelayanan dan jasa
terhadap perubahan kondisi orang atau sesuatu dalam kepemilikan pelanggan.
3. Dahlan
Customer service pada dasarnya adalah pelayanan yang ditawarkan pada konsumen yang sifatnya tidak berwujud dan customer service juga merupakan suatu usaha melayani kebutuhan orang lain.
4. Kasmir
Customer
service adalah setiap kegiatan yang diperuntukan untuk memberikan kepuasan pada
nasabah.
5. Philip Kotler
Customer
service adalah setiap kegiatan atau manfaat yang dapat diberikan oleh suatu
pihak pada pihak yang lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak pula
berakibat pada pemilikan sesuatu.
6. Turban
Customer
service merupakan suatu pelayanan pada pelanggan sebelum, selama dan setelah
pembelian.
7. Institute of Customer service
Customer service adalah jumlah total dari apa yang dilakukan olah suatu organisasi untuk memenuhi harapan pelanggan dan menghasilkan kepuasan pelanggan.
B. Syarat Menjadi Customer service
1. Syarat fisik
- Menarik dari segi wajah dan penampilan
- Memiliki tinggi badan dan berat badan yang proporsional. Untuk laki-laki tingginya minimal 165 cm dan untuk wanita 160 cm.
- Sehat jasmani dan rohani
2. Syarat mental
Memiliki mental yang kuat dalam
melalayani dan menangani keinginan klien, sebab akan memberikan kepercayaan
diri yang baik serta dapat memberikan dan menimbulkan keyakinan dan sifat jujur
maupun tanggung jawab yang besar terhadap apa saja yang dilakukannya.
3. Syarat kepribadian
- Energik dan gesit
- Memiliki selera humor dan selalu ingin maju
- Mampu mengendalikan diri sendiri
- Tidak tempramen atau mudah marah
- Tidak terpancing untuk berbuat atau berkata kasar
4. Syarat sosial
- Memiliki jiwa sosial yang tinggi
- Bijaksana
- Berbudipekerti yang tinggi
- Pandai bergaul
- Dapat bekerja sama dan berkomitmen dengan berbagai macam pihak.
C. Tips Dasar Pelayanan yang Baik
- Berpakaian dan berpenampilan yang baik.
- Ramah dan percaya diri.
- Menyapa dengan lembut dan menyebutkan nama Kostumer atau nasabah dengan benar.
- Tenang, hormat, dan sopan dalam pembicaraan.
- Tekun mendengarkan setiap pembicaraan dan menerima keluhan dengan baik.
- Berbicara dengan jelas menggunakan bahasa yang baik dan benar.
- Semangat dalam melakukan pelayanan.
- Tidak menyela dan memotong pembicaraan.
- Mampu menyakinkan nasabah serta memberikan kepuasan.
- Meminta bantuan rekan apabila tidak mampu menyelesaikan permasalahan nasabah.
- Bila belum dapat melayani sebaiknya memberi tahu kapan nasabah tersebut akan dilayani.
D. Tugas dan Fungsi Customer service
1. Resepsionis
Customer service juga bekerja sebagai resepsionis yang mempunyai fungsi sebagai penerima tamu yang datang keperusahaan. Tamu yang dimasksudkan disini bisa siapa saja seorang pelanggan, calon pelanggan, supplier, atau pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan.
2. Deksman
Customer
service juga sebagai deksman atau sebagai orang yang melayani berbagai macam
permohonan yang diajukan oleh pelanggan atau calon pelanggan. Mulai dari saat
pemohon mengisi formulir sampai dengan kelengkapan data yang dibutuhkan atau
yang dipersyaratkan.
3. Salesman
Customer service juga melakukan penjualan produk kepada pelanggan atau calon pelanggan. Customer service harus mampu menjelaskan sesuatu yang berkaitan dengan produk.
4. Customer relation officer
Customer
service juga harus mampu membina hubungan baik dengan pelanggan termasuk untuk
membujuk atau merayu supaya pelanggan bertahan dan tidak lari dari perusahaan
yang bersangkutan jika menghadapi masalah.
5. Komunikator
Customer service
juga berfungsi sebagai komunikator atau pembicara yang bertugas sebagai
penguhubung antara perusahaan dengan pelanggan atau pihak lain yang
berkepentingan terhadap perusahaan.
E. Tuntutan Customer service
1. Pelayanan prima
Customer service wajib memberi pelayanan prima atau pelayanan yang bermutu tinggi. Layanan prima menggambarkan etos/budaya kerja suatu perusahaan, organisasi atau perorangan.
2. Manfaat pelayanan prima
- Meningkatkan rasa loyalitas nasabah
- Meningkatkan pangsa pasar
- Meningkatkan penjualan dan keuntungan
- Meningkatkan reputasi perusahaan
- Menghindari pertentangan
- Meningkatkan jumlah pelanggan
- Menghemat biaya pemasaran atau budget promosi
- Mengurangi jumlah keluhan
- Meningkatkan moral karyawan
- Meningkatkan produktivitas karyawan
- Menjaga hubungan baik antar karyawan
- Mengurangi jumlah karyawan yang mengeluh
- Mengurangi kemalasan karyawan (Memantau absen dan kehadiran)
- Mengurangi jumlah karyawan yang keluar dari perusahaan.
Rekomendasi:
- Pengertian Pengacara : Arti, Fungsi, Tugas Dan Tanggung… Pengacara atau yang juga dikenal dengan advokat merupakan suatu profesi yang memberikan suatu jasa hukum baik di dalam maupun diluar pengadilan yang memenuhi persyaratan dan berdasarkan ketentuan undang-undang. Pengacara juga…
- Pengertian Birokrasi Adalah : Ciri Ciri, Tujuan, Konsep dan… Berbicara mengenai sebuah organisasi, pernahkah terbayang oleh Anda apa yang membuat sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik? Jawabannya adalah sistem birokrasi yang baik serta bersifat akuntabel. Sesuai dengan judul…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…
- Rumah Tangga Konsumen : Pengertian, Peran, Macam Jenis dan… Pelaku ekonomi adalah suatu subjek baik itu perorangan, organisasi ataupun juga pemerintah yang melakukan kegiatan ekonomi. Apa saja yang meliputi kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi yang dimaksud yaitu produksi, konsumsi dan…
- Pelaku Ekonomi, Pengertian dan Perannya Pelaku Ekonomi, Pengertian dan Perannya – Pengertian pelaku ekonomi adalah individu atau lembaga yang telibat dalam proses kegiatan ekonomi baik itu produksi, ditribusi, atau konsumsi. Yang memiliki peran dalam pelaku…
- Pengertian Polisi : Tugas dan Kewenangan Polisi merupakan sebuah pranata umum sipil yang bertugas untuk menjaga keamanan, ketertiban serta menegakan hukum di semua wilayah negara. Sedangkan kepolisian merupakan salah satu lembaga penting yang memiliki tugas utama…
- 6 Ide Usaha Untuk Pelajar, Tanpa Ganggu Sekolah! Jagad.id – Ide Usaha Untuk Pelajar, Perkembangan teknologi membantu kita untuk menghasilkan uang tanpa harus ngantor seharian full, bagaimana caranya? Berikut akan kami ulas ide usaha untuk para pelajar yang…
- Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum Secara umum, motivasi merupakan suatu dorongan dengan tujuan sebagai penyemangat atau penggerak untuk seseorang sebagai upaya dalam hal yang positif bahkan hingga negatif. Motivasi merupakan istilah dalam bahasa inggris ‘motivation’,…
- Cara Jadi Super Seller Di Bukalapak, MUDAH! Jagad.id – Cara Jadi Super Seller Di Bukalapak, Untuk kamu yang telah jualan di basis marketplace Bukalapak, pasti berminat untuk ikuti program top seller. Masalahnya ada beberapa keuntungan yang dapat…
- Pengertian M-Banking : Fungsi, Cara Kerja, Fitur, Kelebihan… jagad.id - Di era teknologi yang semakin maju sekarang ini, internet serta jaringan komunikasi nirkabel sudah mulai mendominasi. Ada banyak fitur serta aplikasi yang terus muncul pada smartphone sehingga membuat…
- Pengertian Pelaku Usaha : Arti, Hak, Kewajiban, Tanggung… Pelaku usaha sering diartikan sebagai pengusaha yang menghasilkan barang dan jasa, seperti pembuat produk, grosir atau pengecer profesional atau setiap orang yang ikut serta dalam penyediaan barang dan jasa hingga…
- Pengertian Organisasi : Tujuan dan Fungsinya Pengertian Organisasi Secara Umum dan Para ahli – Secara umum, pengertian organisasi adalah suatu kelompok orang dalam sebuah wadah yang digunakan untuk mewujudkan tujuan bersama. Dalam ilmu sosial organisasi dipelajari…
- Pengertian Kegiatan Ekonomi Adalah : Pelaku, Tujuan, Jenis… Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti pernah melakukan kegiatan ekonomi. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa mungkin lepas dari orang lain. Baik dalam memenuhi kebutuhannya ataupun memenuhi kebutuhan…
- Pengertian Tujuan Hukum : Secara Umum dan Menurut Para Ahli Hukum merupakan sebuah sistem paling penting yang menjadi media pelaksanaan di dalam sebuah kekuasaan lembaga. Hukum memainkan peranan sebagai perantara jika terjadi kasus penyalahgunaan atau pelanggaran dalam semua bidang, baik…
- 8 Situs Online Shop Luar Negeri, Pasti Cuan!! Jagad.id - Situs Online Shop Luar Negeri, Ingin meluaskan usaha online kamu dengan mempromosikan ke luar negeri? Membuat online shop di website marketplace luar negeri menjadi opsi! Yup, ada banyak…
- Ritel : Definisi, Contoh Dan Jenis Jagad.id – Definis Usaha Ritel, Tahukah kamu apakah itu usaha retail? Usaha retail ialah aktivitas jual-beli dengan jumlah ketengan. Saat ini, perubahan di dunia usaha makin hebat dan banyak macamnya.…
- 5 Alasan Pilih Asuransi Mobil Astra ! Jagad.id - Ketika memutuskan membeli kendaraan, ada berbagai biaya dan kelengkapan yang perlu Anda siapkan mulai dari biaya untuk bahan bakar, surat izin mengemudi, dan perawatan berkala di bengkel. Sementara…
- Tips Jualan di Marketplace Facebook Dengan Mudah Jagad.id - Tips Jualan di Marketplace Facebook - Marketplace online saat ini sudah berkembang sangat banyak dan saling bersaing. Setiap Marketplace berlomba lomba memberikan fasilitas terbaiknya, kepada pembeli maupun penjualnya.…
- 3 Cara Promosi Produk Yang Efektif Jagad.id – Promosi Produk, Kompetisi di dunia usaha makin hari semakin bertambah. Tiap perusahaan harus pintar dalam atur pemasaran strategy supaya tidak kalah saing dengan pesaing usaha yang lain. Lakukan…
- Pengertian Pekerjaan : Arti, Kebutuhan Dan Manfaat Secara umum definisi atau pengertian Pekerjaan adalah aktivitas yang dilakukan oleh manusia baik itu secara individu maupun secara berkelompok, baik secara terbuka maupun tertutup kemudian dari kegiatan tersebut bisa mengahsilkan…
- Pengertian Produk Adalah : Macam Jenis dan Contoh Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari pasti manusia membutuhkan produk, yang mana beberapa produk tersebut merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk bisa memenuhinya…
- 5 Peluang Usaha Rumahan, Laris Tahun 2023! Jagad.id - Peluang Usaha Rumahan 2023, Internet marketing sudah jadi taktik peningkatan gagasan usaha rumahan yang gampang dan menjanjikan. Oleh karena itu, basis online seperti sosial media sekarang benar-benar disukai…
- Pengertian Kode Etik : Arti, Tujuan, Fungsi, Prinsip,… Kode etik berasal dari kata “kode” dan “etik”. dimana kode berarti kumpulan peraturan atau prinsip yang sistematis dan kata etik sendiri berarti azas akhlak (moral). Kode etik diartikan sebagai norma…
- Pengertian Interaksi : Arti, Ciri, Jenis, Syarat, Tujuan dan… Secara umum definisi atau pengertian Interaksi adalah suatu tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek yang saling memengaruhi satu sama lain. Kata interaksi sangat sering disebutkan atau dikaitkan dengan…
- Pengertian Finansial : Arti, Macam Jenis, Perkembangan Dan… Finansial merupakan kata yang cukup familiar dikalangan para ekonomi atau siapapun yang bergerak dibidang ekonomi. Finansial sering diartikan dengan keuagan. Pengertian tersebut memang tidak salah, akan tetapi pada prakteknya pembahasan…
- Pengertian Direktur Adalah: Arti, Macam Jenis, Tugas, Tipe… Secara umum definisi atau pengertian Direktur adalah seseorang yang memimpin suatu perusahaan, baik itu pemiliki perusahaan atau seseorang yang dipilih pemilik perusahaan untuk menjalankan atau memimpin perusahaan. Direktur juga bisa…
- Pengertian E-Government : Manfaat, Fungsi, Implementasi dan… Jagad.id -Pegertian E-Government merupakan pemkaian information and communication technology atau ICT sebagai cara meningkatkan hubungan pemerintah dengan beberapa pihak lain. Pemakaian ICT nantinya akan menghasilkan sebuah hubungan baru seperti government…
- Marketing Mix 7P Jagad.id - Marketing Mix 7P, Taktik bauran marketing 7P ialah sebuah ide yang kerap diaplikasikan dalam pemasaran usaha atau usaha. Taktik usaha ini terdiri dari 7 komponen, salah satunya produk,…
- Definisi Konsumen (Ekonomi) : Peran, Jenis, Hak dan… Konsumen adalah setiap orang yang menggunakan barang maupun jasa yang tersedia dari masyarakat untuk kepentingannya sendiri, orang lain maupun makhluk hidup yang lain guna untuk memenuhi kebutuhannya serta tidak untuk…
- Tugas Staff Admin Dalam dunia administrasi ada banyak sekali jenisnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan atau instansi. Misalnya, admin sosial media, produksi, penjualan, gudang, dan masih banyak lagi. Masing-masing mempunyai tugas yang relatif…