Pasar Persaingan Sempurna diartikan sebagai suatu pasar yang mana kondisi penjualnya sangatlah banyak sedangkan yang dijual adalah produk yang mempunyai cukup banyak varian akan tetapi memiliki jenis yang sama dan serupa. Beberapa contoh barang yang dijual di pasar ini adalah beras, gandum, kentang dan lain-lain.
Dalam pasar persaingan sempurna pembeli maupun penjual tidak bisa mempengaruhi harga barang sehingga harga pasar benar-benar hasil dari kesepakatan serta interaksi antara penawaran dan permintaan. Hal ini berarti penawaran yang terjadi merupakan cerminan para konsumen dan sedangkan untuk permintaan terbentuk karena keinginan konsumen itu sendiri.
A. Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
Secara umum definisi Pasar Persaingan Sempurna yaitu suatu kondisi pasar di mana antara pihak pembeli dan penjual yang berada dalam pasar tersebut bersifat homogen. Maksudnya tidak ada aktifitas monopoli yang terjadi baik pada harga komoditas produk atau jasa yang dijual dalam pasar itu. Semua yang terdapat pada pasar tersebut berada dalam kendali baik dari pembeli maupun penjual individu.
Pasar Persaingan Sempurna ini pada umumnya memiliki tujuan untuk mempertemukan banyak perusahaan yang menjual produk yang sama akan tetapi tidak saling menjatuhkan harga. Dalam artian lain harga jual disamakan sesuai yang sudah ditentukan oleh pasar itu sendiri.
B. Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut :
1. Terdiri dari Banyak Penjual dan Pembeli
Dalam pasar persaingan sempurna memang banyak terdapat penjual maupun pembeli, artinya sangat tingginya penawaran produsen terhadap suatu barang tersebut namun juga sangat tinggi pula nilai permintaan konsumen. Namun dalam pasar ini tidak bisa mempengaruhi kondisi pasar secara keseluruhan. Karena kegiatan ekonomi yang terjadi antara penjual dan pembeli di pasar persaingan sempurna ini hanya dianggap sebagai pengikut harga (price taker) yang tidak menyebabkan harga di pasar ini berubah-ubah melainkan bersifat datum (harganya tetap meskipun berapapun jumlah barang yang dijual).
Persaingan dalam Pasar Persaingan Sempurna hanya sangat bergantung pada minat konsumen saja. Maka dari itu jika ada perusahaan yang tidak mampu untuk bertahan maka pasti akan mudah mengalami kerugian karena sedikitnya produktivitas.
2. Barang yang Dijual Bersifat Homogen
Berdasarkan pengertian pasar persaingan sempurna sudah jelas bahwa ciri yang paling khas adalah barang yang dijual bersifat homogen atau sama. Dalam pasar ini memang penjual menjual produk yang sama atau identik, sehingga terkadang pembeli akan merasa sulit membedakannya. Penjual produk dalam pasar ini juga terdiri dari beberapa perusahaan yang berbeda dan umumnya berjumlah banyak sehingga setiap perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap harga produk atau pengaruhnya sangatlah kecil.
Barang yang dihasilkan atau diproduksi oleh sebuah perusahaan bisa juga dihasilkan atau diproduksi oleh perusahaan lain juga dan hal ini mencangkup dalam segala aspek. Dengan kata lain konsumen membeli barang dari salah satu konsumen dan membandingkan dengan produsen yang memproduksi barang yang serupa kemungkinan besar dalam segi kualitasnya juga akan sama saja.
3. Kebebasan Dalam Membuka dan Menutup
Pada pasar persaingan sempurna produsen atau penjual bebas untuk ikut atau masuk dalam pasar ini ketika dianggap menguntungkan, karena pada dasarnya tidak ada keterikatan dalam pasar ini. Begitu pula jika produsen atau penjual memutuskan untuk keluar dari pasar ini juga bebas jika produsen atau penjual tersebut merasa rugi atau bahkan bangkrut.
Keluar atau masuk dalam pasar ini ada dua kriteria, yang pertama perusahaan bisa keluar dengan mudah ketika mengalami kerugian yang mana saat produk yang dijual itu tidak mampu bersaing dengan pasar atau tidak bisa lagi memenuhi kriteria pasar.
Kedua,
perusahaan bisa terus bertahan di pasar ini karena merasa mampu menjadi
perusahaan yang bisa menghasilkan dan menyediakan produk-produk yang berkualitas
tinggi namun dengan harga masih standart sesuai pasar, karena jenis perusahaan
seperti inilah yang menjadi alasan para pembeli berminat.
4. Penjual maupun Pembeli Sudah Punya Kepahaman Sama Mengenai Pasar
Penjual maupun pembeli sudah memiliki pengetahuan atau kesepahaman yang sama dan jelas terkait bagaimana keadaan yang terjadi dalam pasar ini. Karena semua kejadian dan perubahan informasi dalam pasar yang bisa saja terjadi sewaktu-waku harus diketahui oleh kedua belah pihak penjual maupun pembeli karena punya peran yang sama dalam pasar terutama untuk harga produk dan kualitas produk.
Dengan adanya informasi mengenai keadaan pasar maka produsen atau penjual bisa mengkondisikan atau menawarkan barang yang sangat dibutuhkan oleh konsumen itu mulai dari minimal kualitas dan harganya. Hal ini bisa meningkatkan transaksi dalam pasar tanpa adanya unsur penipuan, sehingga mengakibatkan kondisi sebagai berikut:
- Memaksimalkan keuntungan dengan memanfaatkan sumber daya secara tepat.
- Harga yang dijual oleh produsen sama dan sesuai standart pada pasar.
- Konsumen bisa membeli barang yang dibutuhkan sesuai dengan harga pasar
5. Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna
Dalam pasar ini, perpindahan sumber ekonominya sudah bisa dibilang cukup sempurna. Karena tidak adanya kesulitan meskipun faktor-faktor produksi harus dipindahkan ke tempat lainnya. Dan tempat produksi produsen dalam menghasilkan barang juga pada dasarnya memiliki kesamaan, hal itu baik dalam metodenya produksinya bahkan sampai proses distributor serta penjualannya pada konsumen.
Sehingga dalam pasar persaingan sempurna ini, keberhasilan dan memaksimalkan transaksi bisa didapatkan produsen dari manapun dan kapanpun. Tinggal menggunakan strategi yang relevan serta tepat sasaran. Pada pasar persaingan ini memang sudah bisa dikatakan pasar yang cukup sempurna. Namun meskipun seperti itu dalam segala hal juga pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan seperti pada pasar ini yang mempunyai kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:
C. Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
1. Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
- Tidak adanya persaingan di dalam pasar ini dalam hal produk karena yang dijual bersifat homogen atau sama.
- Tidak diperlukan lagi iklan untuk promosi .
- Harga barang dan jasa ditentukan oleh semua penjual dan pembeli secara bersama-sama dan hal ini pada umumnya menimpulkan dampak harga yang cenderung stabil.
- Penjual dan pembeli bertindak bebas dalam proses bertransaksi. Pembeli bisa bebas memilih dan membeli barang mana yang diinginkan serta pembeli juga bebes membeli barang dari produsen mana.
2. Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
- Minimnya inovasi, hal ini disebabkan biasanya tidak adanya dana untuk melakukan riset atau pengembang-pengembangan terhadap produk yang dijual.
- Pembeli bisa dikatakan mengalami keterbatasan dalam memilih barang atau jasa meskipun penawaran sangat banyak dari berbagai produsen, namun karena produk yang dijual itu sama dan kualitasnya pun sama maka pembeli hanya akan bisa menbeli produk yang itu-itu saja.
- Para pekerja menerima upah atau gaji yang bisa dibilang cukup rendah.
D. Contoh Pasar Persaingan Sempurna
Contoh pasar persaingan sempurna yakni pada pasar tradisional. Dimana barang-barang yang diperjual–belikan itu sama. Misalkan Pasar Sayuran, Pasar Beras, Pasar Buah, dan lain-lain.
Rekomendasi:
- Pengertian Perdagangan Internasional Adalah : Teori,… Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba menguraikan sebuah pembahasan mengenai perdagangan internasional, mulai dari pengertian, kebijakan, manfaat dan contohnya. Dan untuk mempersingkat waktu kita, langsung saja simak penjelasan selengkapnya…
- Perilaku Konsumen : Teori, Jenis, Faktor dan Contoh Perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilewati oleh individu atau kelompok dalam pencarian, pembelian, penggunaan, evaluasi serta pembuang produk / jasa setelah digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dirinya. Perilaku konsumen dapat…
- Marketing Mix 7P Jagad.id - Marketing Mix 7P, Taktik bauran marketing 7P ialah sebuah ide yang kerap diaplikasikan dalam pemasaran usaha atau usaha. Taktik usaha ini terdiri dari 7 komponen, salah satunya produk,…
- 7 Tips Memulai Bisnis Baju Online, Dijamin Laris! Jagad.id - Tips Memulai Bisnis Baju Online, Dunia perdagangan digital sekarang makin datangkan beberapa keuntungan. Cukup banyak orang yang coba peruntungannya dengan mengawali usaha dari 0 . Adapun salah satunya…
- Ritel : Definisi, Contoh Dan Jenis Jagad.id – Definis Usaha Ritel, Tahukah kamu apakah itu usaha retail? Usaha retail ialah aktivitas jual-beli dengan jumlah ketengan. Saat ini, perubahan di dunia usaha makin hebat dan banyak macamnya.…
- Pengertian Pasar Monopolistik : Karakteristik Ciri,… Dalam pasar monopolistik sebagai seorang produsen harus lebih aktif dalam promosi dan iklan produk serta brand utama perusahaannya karena dalam pasar ini harga bukan menjadi faktor utama dalam menarik konsumen,…
- Peluang Usaha Tahun 2023, Pasti Cuan! Jagad.id - Peluang Usaha Tahun 2023, Pergantian tahun selain menjadi transisi waktu juga menjadi kesempatan untuk memprediksi peluang tahun depan. Untuk kamu yang mau usaha namun takut rugi? berikut ulasan…
- Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Pada umumnya bentuk interaksi sosial ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu bentuk interaksi sosial asosiatif, atau menciptakan kerjasama dan juga bentuk interaksi sosial lainnya yaitu disasosiatif yang menciptakan perpecahan. Interaksi…
- 8 Situs Online Shop Luar Negeri, Pasti Cuan!! Jagad.id - Situs Online Shop Luar Negeri, Ingin meluaskan usaha online kamu dengan mempromosikan ke luar negeri? Membuat online shop di website marketplace luar negeri menjadi opsi! Yup, ada banyak…
- 5 Produk Dropship Yang Akan Laris Tahun 2023 Jagad.id - Produk Dropship Yang Akan Laris Tahun 2023, Dropshipper terhitung dalam usaha online yang banyak disukai karena cukup fleksibel dan tidak memerlukan tempat atau modal besar. Tetapi, tidak gampang jadi…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…
- Pengertian Platform : Fungsi, Macam Jenis dan Contoh Jagad.id - Platform merupakan sekelompok teknologi yang dipakai untuk basis di mana proses, aplikasi dan teknologi lainnya akan dikembangkan. Pada komputasi personal, platform memiliki arti perangkat keras dasar atau komputer…
- Arti Produsen (Ekonomi) Adalah : Peran dan Bentuk Produsen adalah pihak yang melakukan produksi suatu barang maupun jasa yang bertujuan untuk dijual kepada konsumen atau kepada distributor. A. Peran Produsen Sebagai pihak yang memproduksi suatu barang maupun jasa…
- Peluang Usaha Ternak Paling Cepat - 11 Macam Contoh Peluang usaha ternak merupakan salah satu jenis usaha yang saat ini menjanjikan serta tidak ada matinya. Hal ini dikarenakan makanan merupakan suatu kebutuhan pokok manusia. Seperti daging serta susu adalah…
- Pengertian Bea Cukai : Tugas, Fungsi, Macam Jenis dan Contoh Dalam proses jual beli antar negara, bagi mereka yang sering melaksanakan kegiatan jual beli ekspor dan impor tentunya akan terbiasa dengan istilah bea cukai. Namun tentu saja tidak semua masyarakat…
- Pasar Tradisional : Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan… Pengertian pasar tradisional adalah salah satu bentuk pasar yang mana berdasarkan kegiatan. Kegiatan dalam pasar tradisional terdapat transaksi yang dilakukan secara tradisional atau secara langsung. Di mana penjual bertemu dengan…
- Pengertian Ekspor Adalah : Arti, Tujuan, Manfaat dan Contoh Dalam kegiatan perdagangan, istilah ekspor bukanlah istilah yang asing. Ekspor menjadi kegiatan yang sering dilakukan perusahaan maupun negara dalam hubungan perdagangan internasional. Sayangnya, tidak semua orang paham dan tahu apa…
- Cara Menghitung Valuasi Startup? Simpel! Jagad.id - Sebagian besar pengusaha memperlakukan perusahaan startup mereka sebagai bayi mereka. Mereka pikir itu adalah hal yang paling unik dan berharga di Bumi dan semua orang menginginkannya. Sikap bengkok…
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna : Pengertian, Ciri, Jenis… Pasar merupakan tempat dimana terjadinya kegiatan ekonomi seperti jual beli yang terjadi antara penjual dan pembeli. Dalam suatu transaksi biasanya terjadi setelah adanya negosiasi yang tentunya akan disepakati jika sudah…
- Produk Best Seller Yang Laris Tahun 2022 Jagad.id - Produk Best Seller Yang Laris Tahun 2022, Produk best seller maknanya penting dalam pemasaran sebab bisa memancing ketertarikan customer untuk beli. Biasanya, beberapa orang yakin saat produk itu…
- Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa - Peluang Kesempatan Di era globalisasi ini, mencari pekerjaan sangat sulit. Jumlah pencari kerja yang semakin bertambah tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang cukup. Setiap orang akan terus mencari pekerjaan dengan kemampuan…
- Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal Terbaru Pada kesempatan kali ini jagad.id akan membahas mengenai Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal Terbaru. Di era serba digital seperti sekarang ini, kesempatan untuk me andalai berbisnis sangatlah terbuka…
- Cara Jadi Reseller Skincare Laku Keras Jagad.id - Cara Jadi Reseller Skincare, Jadi reseller skincare dapat dilaksanakan oleh semuanya orang, baik yang telah eksper dalam usaha atau pemula. Skincare sebagai salah satunya keperluan khusus mayoritas wanita,…
- Pengertian Logistik Adalah : Tujuan , Manfaat, dan Aktivitas Pengiriman barang adalah cara yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya, dimana pengiriman barang tersebut kini telah memiliki sebuah manajemen yang biasa disebut dengan logistik. Dalam…
- Contoh Deskripsi Online Shop Yang Menarik Jagad.id - Contoh Deskripsi Online Shop, Salah satunya langkah supaya berjualan online makin laku dengan membuat jargon dan deskripsi toko yang memikat. Tak perlu kebingungan karena itu, karena ada banyak contoh…
- Pengertian Entrepreneur Para Ahli dan Macam Contoh… Secara umum, istilah enterpreneur ditujukan kepada seseorang yang melalukan sebuah kegiatan berwirausaha. Dan memiliki ciri-ciri yang cukup melekat dengan kemampuannya untuk mengenali suatu kondisi yang menguntungkan, jeli dalam mencari peluang…
- Pengertian Supplier : Ciri Ciri, Fungsi, Macam Jenis,… Secara umum definisi atau pengertian Supplier merupakan pihak perusahaan atau perorangan yang memasok atau menjual sumber daya berbentuk bahan mentah ke pihak lainnya baik itu perusahaan atau perorangan agar nantinya…
- Prinsip Ekonomi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan 10… Pembahasan kali ini mengenai prinsip ekonomi. Kata ekonomi memang sangat sering kita dengar dan bahkan sudah bisa kita pahami dengan baik. Tapi bagaimana dengan prinsip ekonomi? Untuk bisa mengetahui pengertian…
- Contoh Marketing Mix 7P Jagad.id - Contoh Marketing Mix 7P, Taukah kamu bagaimana cara menerapkan marketing mix 7P ? berikut akan kami ulas untuk anda bagaimana contoh dan implementasinya dalam dunia marketing. Contoh Implementasi…
- Pengertian Mitra Usaha Adalah : Arti, Ciri Ciri dan Contoh Jagad.id - Pengertian kata mitra adalah persahabatan, pertemanan atau kerjasama. Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan orang lain, termasuk dalam bidang ekonomi. Ketika membuka sebuah usaha atau bisnis, bekerjasama dengan…