Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Ciri-Ciri, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

Pasar Persaingan Sempurna diartikan sebagai suatu pasar yang mana kondisi penjualnya sangatlah banyak sedangkan yang dijual adalah produk yang mempunyai cukup banyak varian akan tetapi memiliki jenis yang sama dan serupa. Beberapa contoh barang yang dijual di pasar ini adalah beras, gandum, kentang dan lain-lain.

Dalam pasar persaingan sempurna pembeli maupun penjual tidak bisa mempengaruhi harga barang sehingga harga pasar benar-benar hasil dari kesepakatan serta interaksi antara penawaran dan permintaan. Hal ini berarti penawaran yang terjadi merupakan cerminan para konsumen dan sedangkan untuk permintaan terbentuk karena keinginan konsumen itu sendiri.

A. Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Secara umum definisi Pasar Persaingan Sempurna yaitu suatu kondisi pasar di mana antara pihak pembeli dan penjual yang berada dalam pasar tersebut bersifat homogen. Maksudnya tidak ada aktifitas monopoli yang terjadi baik pada harga komoditas produk atau jasa yang dijual dalam pasar itu. Semua yang terdapat pada pasar tersebut berada dalam kendali baik dari pembeli maupun penjual individu.

Pasar Persaingan Sempurna ini pada umumnya memiliki tujuan untuk mempertemukan banyak perusahaan yang menjual produk yang sama akan tetapi tidak saling menjatuhkan harga. Dalam artian lain harga jual disamakan sesuai yang sudah ditentukan oleh pasar itu sendiri.

B. Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut :

1. Terdiri dari Banyak Penjual dan Pembeli

Dalam pasar persaingan sempurna memang banyak terdapat penjual maupun pembeli, artinya sangat tingginya penawaran produsen terhadap suatu barang tersebut namun juga sangat tinggi pula nilai permintaan konsumen. Namun dalam pasar ini tidak bisa mempengaruhi kondisi pasar secara keseluruhan. Karena kegiatan ekonomi yang terjadi antara penjual dan pembeli di pasar persaingan sempurna ini hanya dianggap sebagai pengikut harga (price taker) yang tidak menyebabkan harga di pasar ini berubah-ubah melainkan bersifat datum (harganya tetap meskipun berapapun jumlah barang yang dijual).

Persaingan dalam Pasar Persaingan Sempurna hanya  sangat bergantung pada minat konsumen saja. Maka dari itu jika ada perusahaan yang tidak mampu untuk bertahan maka pasti akan mudah mengalami kerugian karena sedikitnya produktivitas.

2. Barang yang Dijual Bersifat Homogen

Berdasarkan pengertian pasar persaingan sempurna sudah jelas bahwa ciri yang paling khas adalah barang yang dijual bersifat homogen atau sama. Dalam pasar ini memang penjual menjual produk yang sama atau identik, sehingga terkadang pembeli akan merasa sulit membedakannya. Penjual produk dalam pasar ini juga terdiri dari beberapa perusahaan yang berbeda dan umumnya berjumlah banyak sehingga setiap perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap harga produk atau pengaruhnya sangatlah kecil.

Barang yang dihasilkan atau diproduksi oleh sebuah perusahaan bisa juga dihasilkan atau diproduksi oleh perusahaan lain juga dan hal ini mencangkup dalam segala aspek. Dengan kata lain konsumen membeli barang dari salah satu konsumen dan membandingkan dengan produsen yang memproduksi barang yang serupa kemungkinan besar dalam segi kualitasnya juga akan sama saja.

3. Kebebasan Dalam Membuka dan Menutup

Pada pasar persaingan sempurna produsen atau penjual bebas untuk ikut atau masuk dalam pasar ini ketika dianggap menguntungkan, karena pada dasarnya tidak ada keterikatan dalam pasar ini. Begitu pula jika produsen atau penjual memutuskan untuk keluar dari pasar ini juga bebas jika produsen atau penjual tersebut merasa rugi atau bahkan bangkrut.

Keluar atau masuk dalam pasar ini ada dua kriteria, yang pertama perusahaan bisa keluar dengan mudah ketika mengalami kerugian yang mana saat produk yang dijual itu tidak mampu bersaing dengan pasar atau tidak bisa lagi memenuhi kriteria pasar.

Kedua, perusahaan bisa terus bertahan di pasar ini karena merasa mampu menjadi perusahaan yang bisa menghasilkan dan menyediakan produk-produk yang berkualitas tinggi namun dengan harga masih standart sesuai pasar, karena jenis perusahaan seperti inilah yang menjadi alasan para pembeli berminat.

4. Penjual maupun Pembeli Sudah Punya Kepahaman Sama Mengenai Pasar

Penjual maupun pembeli sudah memiliki pengetahuan atau kesepahaman yang sama dan jelas terkait bagaimana keadaan yang terjadi dalam pasar ini. Karena semua kejadian dan perubahan informasi dalam pasar yang bisa saja terjadi sewaktu-waku harus diketahui oleh kedua belah pihak penjual maupun pembeli karena punya peran yang sama dalam pasar terutama untuk harga produk dan kualitas produk.

Dengan adanya informasi mengenai keadaan pasar maka produsen atau penjual bisa mengkondisikan atau menawarkan barang yang sangat dibutuhkan oleh konsumen itu mulai dari minimal kualitas dan harganya. Hal ini bisa meningkatkan transaksi dalam pasar tanpa adanya unsur penipuan, sehingga mengakibatkan kondisi sebagai berikut:

  1. Memaksimalkan keuntungan dengan memanfaatkan sumber daya secara tepat.
  2. Harga yang dijual oleh produsen sama dan sesuai standart pada pasar.
  3. Konsumen bisa membeli barang yang dibutuhkan sesuai dengan harga pasar

5. Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna

Dalam pasar ini, perpindahan sumber ekonominya sudah bisa dibilang cukup sempurna. Karena tidak adanya kesulitan meskipun faktor-faktor produksi harus dipindahkan ke tempat lainnya. Dan tempat produksi produsen dalam menghasilkan barang juga pada dasarnya memiliki kesamaan, hal itu baik dalam metodenya produksinya bahkan sampai proses distributor serta penjualannya pada konsumen.

Sehingga dalam pasar persaingan sempurna ini, keberhasilan dan memaksimalkan transaksi bisa didapatkan  produsen dari manapun dan kapanpun. Tinggal menggunakan strategi yang relevan serta tepat sasaran. Pada pasar persaingan ini memang sudah bisa dikatakan pasar yang cukup sempurna. Namun meskipun seperti itu dalam segala hal juga pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan seperti pada pasar ini yang mempunyai kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

C. Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

1. Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

  • Tidak adanya persaingan di dalam pasar ini dalam hal produk karena yang dijual bersifat homogen atau sama.
  • Tidak diperlukan lagi iklan untuk promosi .
  • Harga barang dan jasa ditentukan oleh semua penjual dan pembeli secara bersama-sama dan hal ini pada umumnya menimpulkan dampak harga  yang cenderung stabil.
  • Penjual dan pembeli bertindak bebas dalam proses bertransaksi. Pembeli bisa bebas memilih dan membeli barang mana yang diinginkan serta pembeli juga bebes membeli barang dari produsen mana.

2. Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna

  • Minimnya inovasi, hal ini disebabkan biasanya tidak adanya dana untuk melakukan riset atau pengembang-pengembangan terhadap produk yang dijual.
  • Pembeli bisa dikatakan mengalami keterbatasan dalam memilih barang atau jasa meskipun penawaran sangat banyak dari berbagai produsen, namun karena produk yang dijual itu sama dan kualitasnya pun sama maka pembeli hanya akan bisa menbeli produk yang itu-itu saja.
  • Para pekerja menerima upah atau gaji yang bisa dibilang cukup rendah.

D. Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Contoh pasar persaingan sempurna yakni pada pasar tradisional. Dimana barang-barang yang diperjual–belikan itu sama. Misalkan Pasar Sayuran, Pasar Beras, Pasar Buah, dan lain-lain.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.