Definisi Pasar Modern Adalah Arti Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Baik, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pasar modern yang mana lebih spesifik pada pengertian, ciri-ciri, kelebihan, hingga kekurangan pasar modern. Langsung saja kita simak artikel berikut.

A. Pengertian Pasar Modern

Pasar modern adalah salah satu jenis pasar yang dibedakan dari berdasarkan jenis kegiatannya. Pasar ini terdapat suatu transaksi antara penjual dan pembeli dengan adanya kesepakatan harga. Sehingga, di dalam pasar modern ini tidak ada lagi tawar menawar harga. Namun, pasar ini memiliki beberapa produk yang dijual dengan kualitas baik dan kondisi pasar yang nyaman dan bersih.

Menurut para ahli, pasar moden adalah suatu jenis pasar yang terdapat penjual dan pembeli dengan melakukan transaksi secara langsung. Sehingga, kegiatan dalam pasar modern terdapat pembeli yang melihat produk dengan label harga yang sudah ditetapkan oleh penjualnya. Pembeli akan membeli barang tersebut dengan menunjukkan barang ke pramuniaga atau penjaga toko. Contoh dari pasar modern ini seperti supermarket, hypermarket, superindo, dan pasar modern atau mall lainnya. Umumnya, pasar modern terletak di tengah kota.

B. Ciri-Ciri Pasar Modern

Pasar modern memiliki ciri-ciri sebagai karakteristik yang membedakan dengan pasar lainnya. Berikut ini adalah ciri-cirinya.

  • Harga produk sudah pas alias tidak bisa ditawar lagi;
  • Tempatnya nyaman, modern, dan bersih;
  • Pelayan toko ramah dan memuaskan;
  • Penataan ruang berstruktur dan rapi, sehingga pembeli akan nyaman dan mudah menemukan produk yang mereka cari;
  • Pemerintah tidak ada urusannya dengan kegiatan ekonomi pada pasar modern ini.

C. Kelebihan Pasar Modern

Pasar modern memiliki kelebihan sendiri di antaranya sebagai berikut:

1. Produk Berkualitas Baik

Produk memang tidak bisa ditawar lagi harganya. Namun di pasar modern terdapat standar tersendiri pada produk yang dijual, dengan begitu produk memiliki kualitas yang baik dan sudah terjamin oleh pasar.

Biasanya, jika ditemukan produk yang kualitasnya sudah menurun, pemiliki produk akan berupaya untuk segera menjual atau mereturnya. Jika pemilik produk atau penjual menjual, biasanya dengan melakukan diskon agar produk tersebut laku terjual.

2. Tempat Bersih dan Nyaman

Jika dibandingkan dengan pasar tradisional, pasar modern memiliki kebersihan dan lingkungan yang lebih nyaman. Tentunya tempat yang nyaman dapat mempengaruhi konsumen atau pembeli untuk kembali lagi dan membeli produk di pasar modern.

3. Meningkatkan Produk Domestik Bruto

Produk domestik bruto merupakan nilai total dari jumlah produksi dari suatu tempat dalam jangka waktu tertentu. Dengan adanya pasar modern, maka produk domestik bruto dapat meningkat dan membantu meningkatkan pendapatan negara. Sehingga, bisa dikatakan bahwa pasar modern mampu memberikan dampak positif bagi keuangan negara.

4. Lapangan Pekerjaan

Tentunya, di dalam pasar modern membutuhkan banyak karyawan yang membantu kegiatan ekonomi di dalamnya. Sehingga, bisa dikatakan bahwa pasar modern ini mampu memperluas atau menambah lapangan pekerjaan di suatu wilayah.

D. Kelemahan Pasar Modern

Di dalam suatu kegiatan pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan. Begitu juga dengan pasar modern yang juga terdapat kelemahan. Berikut ini adalah kelemahan pasar modern.

1. Konsumen Pasar Tradisional Menurun

Dengan adanya kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pasar tradisional, maka konsumen pasar tradisional pun mulai menurun dengan adanya pasar modern. Sehingga membuat adanya kesenjangan ekonomi pada pedagang kecil.

2. Mengurangi Devisa Negara

Tanpa disadari, dalam kegiatan ekonomi pada pasar modern mampu menurunkan devisa negara karena adanya investasi asing pada pasar modern.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.