Kompetitif (Ekonomi) : Pengertian, Syarat, dan Bentuknya

Teori harga pasar menyebutkan bahwa harga suatu barang ditentukan oleh permintaan dan penawaran pasar terkait barang yang bersangkutan. Yang harus dipahami adalah hal tersebut hanya berlaku untuk pasar kompetitif atau pasar persaingan.

A. Pengertian Kompetitif

Dalam ilmu ekonomi pengertian atau definisi kompetitif adalah pasar di mana perusahaan-perusahaan yang ada didalamnya sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk memengaruhi harga dan jumlah barang di pasar. Semakin lemah kemampuan perusahaan-perusahaan tersebut, pasar semakin kompetitif.

B. Syarat Pasar Kompetitif

Suatu pasar disebut pasar kompetitif atau pasar persaingan apabila memenuhi beberapa syarat tertentu. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Jumlah pembeli yang banyak

Dalam pasar kompetitif, jumlah pembelinya sangat banyak bahkan hampir tidak terbatas. Akibatnya, tidak ada seorang pembeli pun yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga pasar. Dengan kata lain, besarnya transaksi pembelian yang dilakukan oleh masing-masing pembeli tidak sebesar jumlah volume transaksi yang terjadi di pasar secara keseluruhan. Meskipun ada perubahan jumlah pembelian yang dilakukan oleh seorang pembeli, namun hal tersebut tidak akan berpengaruh pada harga pasar.    

2. Jumlah penjual yang banyak

Selain jumlah pembeli yang banyak, dalam pasar kompetitif juga terdapat jumlah penjual yang banyak. Akibat yang ditimbulkan pun tidak jauh berbeda dengan banyaknya jumlah pembeli yakni tidak ada satu penjual pun yang mampu memengaruhi harga pasar. Harga yang terbentuk merupakan hasil kesepakatan antara penjual dan pembeli.

3. Produk yang dijual homogen

Dalam pasar kompetitif, produk yang dijual tidak ada perbedaan alias sama. Dalam arti, masing-masing penjual menjual produk yang sama dan identik. Hampir tidak ada perbedaan dalam hal kualitas, jenis, warna, desain, kemasan, dan lain-lain. Perbedaan hanya nampak dari kacamata pembeli.

4. Bebas keluar masuk industri

Yang dimaksud dengan industri atau bidang usaha adalah keseluruhan perusahaan yang menghasilkan produk yang sama. Dalam pasar kompetitif, perusahaan-perusahaan tersebut bebas memasuki dan meninggalkan pasar. Dalam arti, tidak adanya hambatan atau rintangan yang dapat menghalangi perusahaan-perusahaan tersebut untuk masuk atau keluar dari bidang usaha tersebut.  Biasanya, perusahaan-perusahaan baru akan memasuki suatu industri atau bidang usaha ketika industri atau bidang usaha tersebut mulai ditinggalkan oleh perusahaan-perusahaan yang ada sebelumnya akibat prospek yang kurang menguntungkan.   

5. Berbagai sumber daya yang ada memiliki mobilitas yang tinggi

Dikarenakan perusahaan-perusahaan tersebut tidak memperoleh hambatan atau rintangan yang berarti ketika memasuki atau meninggalkan industry atau bidang usaha, berbaga sumber daya yang dimiliki masing-masing perusahaan harus memiliki mobilitas yang tinggi atau mudah bergerak. Sumber daya yang dimaksud adalah beragam sumber daya yang menghasilkan barang seperti sumber daya manusia, sumber daya modal, sumber daya alam, dan lain sebagainya.  

6. Para pelaku ekonomi memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar

Yang dimaksud dengan pelaku ekonomi adalah penjual dan pembeli. Dalam pasar kompetitif, baik penjual maupun pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar atau kondisi pasar. Misalnya, pembeli sangat mengetahui bahwa para penjual telah menawarkan harga yang berbeda untuk produk yang sama kepada pembeli. Sebaliknya, penjual juga mengetahui bahwa pembeli juga menawarkan harga yang berbeda dari yang ditawarkan.   

C. Bentuk Pasar Kompetitif

Ada dua macam bentuk pasar kompetitif atau pasar persaingan yaitu pasar persaingan sempurna (perfect competition) dan pasar persaingan murni (pure competition) atau pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market).

1. Pasar persaingan sempurna (perfect competiton market)

Yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna adalah pasar yang memiliki jumlah perusahaan yang sangat banyak namun memiliki kemampuan yang sangat minim sehingga tidak mampu memengaruhi pasar.

Pasar persaingan sempurna memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut.

  • Jumlah penjual dan pembeli yang banyak
  • Produk yang dijual homogen
  • Adanya kebebasan bagi perusahaan-perusahaan untuk memasuki atau keluar dari industri atau bidang usaha
  • Baik penjual maupun pembeli sangat mengetahui kondisi pasar
  • Beberapa faktor produksi bergerak dengan bebas
  • Tidak adanya campur tangan pemerintah
  • Harga produk tidak dipengaruhi biaya transportasi   

2. Pasar persiangan murni (pure competition market)

Adapun yang dimaksud dengan pasar persaingan murni adalah pasar yang didalamnya terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan produk yang sama. Dengan kata lain, pasar persaingan murni merupakan istilah untuk sebuah industri dimana tingkat kompetisinya stagnan atau bahkan relatif tidak kompetitif. Beberapa perusahaan yang berada dalam kelompok ini memiliki kendali yang minim dalam memengaruhi harga dan distribusi produk.  

Pasar persaingan murni memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut.

  • Jumlah penjual dan pembeli yang banyak
  • Produk yang dijual homogen
  • Adanya kebebasan bagi perusahaan-perusahaan untuk memasuki atau keluar dari industri atau bidang usaha
  • Tidak adanya beberapa elemen monopoli didalamnya
  • Masing-masing perusahaan tidak dapat memengaruhi harga pasar




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.