Teori harga pasar menyebutkan bahwa harga suatu barang ditentukan oleh permintaan dan penawaran pasar terkait barang yang bersangkutan. Yang harus dipahami adalah hal tersebut hanya berlaku untuk pasar kompetitif atau pasar persaingan.
A. Pengertian Kompetitif
Dalam ilmu ekonomi pengertian atau definisi kompetitif adalah pasar di mana perusahaan-perusahaan yang ada didalamnya sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk memengaruhi harga dan jumlah barang di pasar. Semakin lemah kemampuan perusahaan-perusahaan tersebut, pasar semakin kompetitif.
B. Syarat Pasar Kompetitif
Suatu pasar disebut pasar kompetitif atau pasar persaingan apabila memenuhi beberapa syarat tertentu. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.
1. Jumlah pembeli yang banyak
Dalam pasar kompetitif, jumlah pembelinya sangat banyak bahkan hampir tidak terbatas. Akibatnya, tidak ada seorang pembeli pun yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga pasar. Dengan kata lain, besarnya transaksi pembelian yang dilakukan oleh masing-masing pembeli tidak sebesar jumlah volume transaksi yang terjadi di pasar secara keseluruhan. Meskipun ada perubahan jumlah pembelian yang dilakukan oleh seorang pembeli, namun hal tersebut tidak akan berpengaruh pada harga pasar.
2. Jumlah penjual yang banyak
Selain jumlah pembeli yang banyak, dalam pasar kompetitif juga terdapat jumlah penjual yang banyak. Akibat yang ditimbulkan pun tidak jauh berbeda dengan banyaknya jumlah pembeli yakni tidak ada satu penjual pun yang mampu memengaruhi harga pasar. Harga yang terbentuk merupakan hasil kesepakatan antara penjual dan pembeli.
3. Produk yang dijual homogen
Dalam pasar kompetitif, produk yang dijual tidak ada perbedaan alias sama. Dalam arti, masing-masing penjual menjual produk yang sama dan identik. Hampir tidak ada perbedaan dalam hal kualitas, jenis, warna, desain, kemasan, dan lain-lain. Perbedaan hanya nampak dari kacamata pembeli.
4. Bebas keluar masuk industri
Yang dimaksud dengan industri atau bidang usaha adalah keseluruhan perusahaan yang menghasilkan produk yang sama. Dalam pasar kompetitif, perusahaan-perusahaan tersebut bebas memasuki dan meninggalkan pasar. Dalam arti, tidak adanya hambatan atau rintangan yang dapat menghalangi perusahaan-perusahaan tersebut untuk masuk atau keluar dari bidang usaha tersebut. Biasanya, perusahaan-perusahaan baru akan memasuki suatu industri atau bidang usaha ketika industri atau bidang usaha tersebut mulai ditinggalkan oleh perusahaan-perusahaan yang ada sebelumnya akibat prospek yang kurang menguntungkan.
5. Berbagai sumber daya yang ada memiliki mobilitas yang tinggi
Dikarenakan perusahaan-perusahaan tersebut tidak memperoleh hambatan atau rintangan yang berarti ketika memasuki atau meninggalkan industry atau bidang usaha, berbaga sumber daya yang dimiliki masing-masing perusahaan harus memiliki mobilitas yang tinggi atau mudah bergerak. Sumber daya yang dimaksud adalah beragam sumber daya yang menghasilkan barang seperti sumber daya manusia, sumber daya modal, sumber daya alam, dan lain sebagainya.
6. Para pelaku ekonomi memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar
Yang dimaksud dengan pelaku ekonomi adalah penjual dan pembeli. Dalam pasar kompetitif, baik penjual maupun pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar atau kondisi pasar. Misalnya, pembeli sangat mengetahui bahwa para penjual telah menawarkan harga yang berbeda untuk produk yang sama kepada pembeli. Sebaliknya, penjual juga mengetahui bahwa pembeli juga menawarkan harga yang berbeda dari yang ditawarkan.
C. Bentuk Pasar Kompetitif
Ada dua macam bentuk pasar kompetitif atau pasar persaingan yaitu pasar persaingan sempurna (perfect competition) dan pasar persaingan murni (pure competition) atau pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market).
1. Pasar persaingan sempurna (perfect competiton market)
Yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna adalah pasar yang memiliki jumlah perusahaan yang sangat banyak namun memiliki kemampuan yang sangat minim sehingga tidak mampu memengaruhi pasar.
Pasar persaingan sempurna memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut.
- Jumlah penjual dan pembeli yang banyak
- Produk yang dijual homogen
- Adanya kebebasan bagi perusahaan-perusahaan untuk memasuki atau keluar dari industri atau bidang usaha
- Baik penjual maupun pembeli sangat mengetahui kondisi pasar
- Beberapa faktor produksi bergerak dengan bebas
- Tidak adanya campur tangan pemerintah
- Harga produk tidak dipengaruhi biaya transportasi
2. Pasar persiangan murni (pure competition market)
Adapun yang dimaksud dengan pasar persaingan murni adalah pasar yang didalamnya terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan produk yang sama. Dengan kata lain, pasar persaingan murni merupakan istilah untuk sebuah industri dimana tingkat kompetisinya stagnan atau bahkan relatif tidak kompetitif. Beberapa perusahaan yang berada dalam kelompok ini memiliki kendali yang minim dalam memengaruhi harga dan distribusi produk.
Pasar persaingan murni memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut.
- Jumlah penjual dan pembeli yang banyak
- Produk yang dijual homogen
- Adanya kebebasan bagi perusahaan-perusahaan untuk memasuki atau keluar dari industri atau bidang usaha
- Tidak adanya beberapa elemen monopoli didalamnya
- Masing-masing perusahaan tidak dapat memengaruhi harga pasar
Rekomendasi:
- Pembangkit Listrik Tenaga Surya Energi Bersih jagad.id-Manfaat pembangkit listrik tenaga surya Energi yang dimanfaatkan dari matahari dikenal sebagai tenaga surya. Setelah dikumpulkan, daya ini dapat diubah menjadi energi panas atau listrik, cocok untuk penggunaan perumahan atau komersial dan bahkan untuk keperluan industri besar. Apa Itu Tenaga Surya? Matahari melepaskan foton, yang merupakan paket energi yang bergerak turun ke bumi. Jumlah foton yang mencapai bumi setiap jam cukup untuk memenuhi kebutuhan energi seluruh bumi selama satu tahun. dengan potensi penggunaan energi matahari yang semakin terjangkau dan lebih murah, semakin banyak orang yang tertarik dengan pilihan tenaga surya. Manfaat Utama pembangkit listrik tenaga surya Memasang dan menggunakan tenaga surya dapat memiliki sejumlah manfaat yang mengesankan. Mengurangi dan bahkan menghilangkan tagihan energi, dalam beberapa kasus adalah manfaat utama tenaga surya. Bahkan lokasi berawan mendapatkan manfaat tenaga surya hanya dengan beberapa jam sinar matahari setiap hari. Kredit pajak federal segera terbayar, memberi Anda uang kembali dari biaya pembelian dan pemasangan peralatan. Rabat lokal dan negara bagian sering menghasilkan lebih banyak uang di saku Anda. Memiliki panel surya di rumah atau properti komersial dapat meningkatkan nilai jual kembali, karena beberapa alasan. Panel tidak hanya meningkatkan nilai rumah secara instan, tetapi juga dapat membantu melindungi atap dari elemen, memperpanjang masa pakainya.Tenaga surya menghasilkan energi bersih yang mengurangi dampak lingkungan negatif, serta ketergantungan pada batu bara dan bahan bakar fosil lainnya. Biaya Tenaga Surya Harga sistem tenaga surya telah turun dalam beberapa tahun terakhir, membuat bentuk energi alternatif ini terjangkau. Cara terbaik untuk mengetahui…
- Apa itu Konsultan SEO dan Pentingkah Untuk Bisnis? Jagad.id - Jelajahi apa yang dapat disumbangkan oleh konsultan SEO untuk bisnis Anda dan cara menyewa konsultan yang tepat untuk tujuan bisnis Anda. Konsultan membantu bisnis meningkatkan peringkat situs web…
- Pengertian Produktivitas : Arti, Konsep, Faktor dan Penyebab… Secara umum definisi atau pengertian produktivitas adalah istilah yang digunakan dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara luaran (output) dan masukan (input). Produktivitas juga dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang menyatakan…
- Peluang Usaha Tahun 2023, Pasti Cuan! Jagad.id - Peluang Usaha Tahun 2023, Pergantian tahun selain menjadi transisi waktu juga menjadi kesempatan untuk memprediksi peluang tahun depan. Untuk kamu yang mau usaha namun takut rugi? berikut ulasan…
- Pengertian Supplier : Ciri Ciri, Fungsi, Macam Jenis,… Secara umum definisi atau pengertian Supplier merupakan pihak perusahaan atau perorangan yang memasok atau menjual sumber daya berbentuk bahan mentah ke pihak lainnya baik itu perusahaan atau perorangan agar nantinya…
- Cara Memulai Usaha Online Untuk Pemula, Banyak Yang Sukses! Jagad.id - Cara Memulai Usaha online Untuk Pemula, Sesudah ketahui langkah mengawali usaha dari 0 di atas, bisa diambil kesimpulan jika membuat usaha ialah tindakan simpel yang disertai dengan usaha…
- Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa - Peluang Kesempatan Di era globalisasi ini, mencari pekerjaan sangat sulit. Jumlah pencari kerja yang semakin bertambah tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang cukup. Setiap orang akan terus mencari pekerjaan dengan kemampuan…
- Pemasaran Usaha : Definisi dan Contohnya Jagad.id - Pemasaran Usaha, pemasaran usaha ialah senjata khusus dalam membuat usaha. Tiap pelaku bisnis tentu saja harus mempunyai taktik pemasaran yang masak. Karena, hal itu bisa tentukan maju atau…
- Pengertian Modal : Sumber Modal dan Jenis Modal Pengertian Modal Menurut Para Ahli, Sumber Modal dan Jenis Modal – Modal adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Dengan adanya modal, perusahaan bisa melaksanakan aktivitas…
- Distributor Adalah : Pengertian, Jenis dan Fungsi Distributor, Pengertian, Jenis dan Fungsinya,- Dalam dunia bisnis, banyak pelaku ekonomi yang melakukan perannya sebelum produk sampai di tangan konsumen. Salah satunya distributor. Distributor adalah seseorang yang menyalurkan produk dari…
- Marketing Mix 7P Jagad.id - Marketing Mix 7P, Taktik bauran marketing 7P ialah sebuah ide yang kerap diaplikasikan dalam pemasaran usaha atau usaha. Taktik usaha ini terdiri dari 7 komponen, salah satunya produk,…
- Pengertian Inflasi Adalah : Arti, Penyebab, Dampak, Jenis,… Sama seperti ekspor dan impor, kata inflasi juga akrab digunakan dalam bidang perekonomian. Inflasi menjadi sebuah kondisi yang sering terjadi dan dalam kurun waktu yang lama. Inflasi sendiri erat kaitannya…
- Pengertian HRD : Fungsi, Tugas, Tanggungjawab dan Gaji Ketika kita melamar pekerjaan, biasanya kita selalu diarahkan ke HRD untuk menjalani wawancara. Nah, sekarang apa kita tahu pengertian, kepanjangan, tugas, dan gaji HRD? Untuk lebih lengkapnya, simak terus artikel…
- Perilaku Konsumen : Teori, Jenis, Faktor dan Contoh Perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilewati oleh individu atau kelompok dalam pencarian, pembelian, penggunaan, evaluasi serta pembuang produk / jasa setelah digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dirinya. Perilaku konsumen dapat…
- Pengertian Permintaan dan Penawaran : Hukum, Fungsi dan… Dalam bidang ilmu ekonomi tentu kita pasti mengenai naik turunnya harga suatu barang, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, untuk faktor yang paling utama adalah terkait permintaan dan penawaran suatu…
- Gojek dan Grab: Apa sih Perbedaannya? Jagad.id - Gojek dan Grab adalah dua perusahaan ride-hailing dan aplikasi super paling sukses serta terkenal di Asia Tenggara. Kedua perusahaan tersebut didirikan pada tahun 2010, dengan Gojek dimulai di…
- Strategi Pemasaran Usaha Kecil Untuk Anda! Jagad.id - Buat strategi pemasaran usaha kecil Anda dan mulailah menghasilkan lebih banyak hari ini. Dengan menggunakan strategi yang tepat, usaha anda akan mendapatkan peningkatan yang signifikan. Meskipun anda memiliki…
- Cara Menghitung Valuasi Startup? Simpel! Jagad.id - Sebagian besar pengusaha memperlakukan perusahaan startup mereka sebagai bayi mereka. Mereka pikir itu adalah hal yang paling unik dan berharga di Bumi dan semua orang menginginkannya. Sikap bengkok…
- Pengertian Mitra Usaha Adalah : Arti, Ciri Ciri dan Contoh Jagad.id - Pengertian kata mitra adalah persahabatan, pertemanan atau kerjasama. Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan orang lain, termasuk dalam bidang ekonomi. Ketika membuka sebuah usaha atau bisnis, bekerjasama dengan…
- Pengertian Kegiatan Ekonomi Adalah : Pelaku, Tujuan, Jenis… Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti pernah melakukan kegiatan ekonomi. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa mungkin lepas dari orang lain. Baik dalam memenuhi kebutuhannya ataupun memenuhi kebutuhan…
- Pengertian Resiko : Contoh Macam Jenis Resiko Usaha Dalam membuka sebuah usaha atau suatu bisnis tertentu memang harus membutuhkan keberanian, tekad, dan manajemen juga strategi bisnis yang baik dan tepat. Menjalankan sebuah usaha atau bisnis membutuhkan tekad yang…
- Pengertian Logistik Adalah : Tujuan , Manfaat, dan Aktivitas Pengiriman barang adalah cara yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya, dimana pengiriman barang tersebut kini telah memiliki sebuah manajemen yang biasa disebut dengan logistik. Dalam…
- Pengertian Customer Service : Syarat, Tugas Dan Fungsi Secara umum definisi atau pengertian customer service adalah aktivitas yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan atau kenyamanan kepada Kostumer atau nasabah melalui pelayan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan…
- Cara Analisis Kompetitor Usaha Jagad.id - Cara analisis kompetitor , Analitis pesaing adalah langkah untuk mengenali kompetitor dalam tentukan kemampuan dan kekurangan satu usaha. Pada intinya, mengenali pesaing perlu dilaksanakan untuk tingkatkan daya saing…
- Pengertian Distribusi Adalah : Fungsi, Tujuan, Macam dan… Jagad.id - Kata distribusi ini sudah bukan hal yang asing lagi ditelinga sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apalagi yang bekerja pada bidang bisnis dan pemasaran produk. Namun, tahukah anda tentang…
- Pengertian Pasar Adalah : Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis, dan… Pasar dalam pengertian sempit merupakan suatu tempat dimana bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli barang maupun jasa. Pengertian pasar ini tidak merujuk pada suatu tempat tertentu saja akan…
- Cara Membangun Branding : Arti dan Contohnya Jagad.id - Cara Membangun Branding, Branding ialah proses yang penting dilaksanakan oleh tiap perusahaan supaya produk atau jasanya menempel di pikiran customer, ditambah saat harus berkompetisi di pasar. Karena, dalam…
- Digitalisasi UMKM: Memberdayakan Usaha Kecil untuk Era… Jagad.id - Digitalisasi UMKM tak lagi sekadar mempunyai profile di media sosial, mempunyai web, atau memiliki paperless office. Digitalisasi UMKM ialah alat yang memungkinkan mereka, di satu segi, bertahan di…
- 8 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Jagad.id - Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online, Langkah meningkatkan usaha online memang berlainan bila dibanding dengan usaha memakai mekanisme konservatif. Tetapi, tidak berarti sistem pengembangannya selalu sulit dan sulit untuk…
- Pengertian Pasar Oligopoli : Karakteristik Ciri, Kelebihan… Manusia hidup bermasyarakat tidak akan lepas dari kegiatan perekonomian. Bahkan setiap haripun setiap manusia pasti terlibat dalam aktivitas ekonomi, seperti jual beli, pinjam meminjam dan lain sebagainya. Akan sangat mustahil…