Dewasa ini, persaingan antar perusahaan sangatlah ketat. Keadaan ini memaksa perusahaan untuk selalu menyesuaikan diri dengan apa yang diinginkan oleh pasar. Setiap perusahaan pun berlomba-lomba untuk memenuhi permintaan pasar tersebut baik dari segi ukuran permintaan maupun spesifikasi produk yang diinginkan. Caranya adalah bekerja sama dengan beberapa vendor.
A. Definisi Vendor
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, vendor diartikan sebagai penjual. Yang dijual oleh vendor adalah produk yang berupa barang atau jasa yang dibutuhkan perusahaan atau individu. Karena itulah, vendor kerap disamaartikan dengan istilah supplier atau pemasok suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau individu. Misalnya, perusahaan besar seperti perusahaan yang bergerak di bidang ritel biasanya sangat bergantung pada beberapa vendor yang berbeda untuk memasok beberapa produk. Perusahaan ritel membeli produk tersebut dengan harga “grosir” dan menjualnya kembali kepada konsumen dengan harga ritel.
Selain sebagai penjual, vendor juga dapat membuat komponen produk yang dibutuhkan perusahaan sesuai dengan gambaran yang telah dibuat. Biasanya, hal ini terjadi karena perusahaan memutuskan untuk tidak lagi memproduksi sendiri komponen produk yang dimaksud sebagai upaya mengurangi biaya produksi. Misalnya, sebuah perusahaan mobil tidak lagi membuat sendiri ban untuk mobil yang dibuatnya. Sebagai gantinya, perusahaan mobil tersebut membeli ban dari produsen ban.
Dari pengertian beserta contoh di atas disimpulkan bahwa pengertian
vendor dapat merujuk pada penjual, baik perusahaan atau perorangan, yang
menyediakan produk jadi kepada sebuah perusahaan guna memenuhi kebutuhan
perusahaan yang bersangkutan. Selain itu, vendor juga merujuk pada perusahaan
atau perorangan yang membuat sekaligus menjual komponen suatu produk kepada sebuah
perusahaan sesuai permintaan perusahaan
yang bersangkutan.
B. Tugas dan Tanggung Jawab Vendor
Vendor adalah perusahaan atau individu yang membuat dan/atau menjual produk kepada perusahaan atau individu lainnya. Kerja sama ini dilakukan berdasarkan kontrak kerja yang telah disepakati bersama. Dan karena itulah, terdapat beberapa hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab vendor yang harus dilakukan agar kerja sama antara perusahaan dan vendor terus terjalin.
Adapun tugas dan tanggung jawab vendor adalah sebagai berikut.
1. Jujur mengenai produk yang dijual
Vendor sebaiknya bersikap jujur mengenai produk yang dijual kepada konsumen terkait dengan bahan material yang digunakan, kualitas produk, kesesuaian spesifikasi produk dengan ketentuan yang diminta perusahaan, dan lain sebagainya. Jika spesifikasi produk yang diminta perusahaan tidak tersedia, sebaiknya vendor menawarkan alternatif lain yang sepadan.
2. Keamanan produk
Beberapa vendor juga membuat produk atau komponen produk yang diminta perusahaan. Dalam hal ini, vendor bertanggung jawab atas keamanan produk jika digunakan konsumen. Karena itu, vendor sebaiknya melakukan uji produk terlebih dahulu sebelum produk tersebut dilempar ke pasar. Uji produk ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk yang dibuat benar-benar bekerja sesuai dengan yang seharusnya atau tidak. Adapun untuk produk berupa makanan atau minuman, vendor bertanggung jawab dalam hal meminimalisir terjadinya resiko keracunan bagi konsumen dan lain-lain. Hal ini dilakukan dengan cara menyimpan produk makanan atau minuman tersebut di dalam tempat yang layak, tidak lembab, suhu yang aman, serta jauh dari kemungkinan terjadinya kontaminasi.
3. Kualitas produk
Kualitas produk yang disediakan vendor untuk perusahaan juga menjadi
tanggung jawab vendor. Dalam arti, setiap produk harus memenuhi standar
kualitas minimum yang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Misalnya, kualitas
produk minyak goreng dalam kemasan tentu akan berbeda harganya dengan kualitas
minyak goreng curah.
4. Ketersediaan produk
Vendor juga bertanggung jawab terhadap ketersedian produk yang
ditawarkan dan mengirimkan produk tersebut tepat waktu kepada perusahaan. Jika
vendor tidak dapat memenuhi tanggung jawab ini, akan menimbulkan masalah
seperti ketidakpercayaan dari pihak perusahaan yang memesan produk tersebut.
C. Macam Jenis Vendor
Dalam sistem Supply Chain terdapat beberapa jenis vendor berdasarkan konsumen yang menjadi mitra kerja vendor yaitu B2B atau Business to Business, B2C atau Business to Consumer, dan B2G atau Business to Government.
1. B2B atau Business to Business
Vendor B2B atau Business to Business adalah vendor yang menjual
produknya kepada vendor lainnya. Misalnya, perusahaan Intel yang menjual
komponen-komponen komputer seperti microprocessor untuk perusahaan
komputer.
2. B2C atau Business to Consumer
Sebuah perusahaan vendor juga dapat menjual produknya langsung kepada
konsumen. Vendor semacam ini biasanya menjual produk jadi atau hanya menjual
komponen produk langsung kepada konsumen. Misalnya, perusahaan ritel khusus
elektronik yang menjual barang-barang elektronik seperti TV dan lain-lain atau
komponen-komponen dari berbagai barang elektronik lainnya.
3. B2G atau Business to Government
Selain menjual produk kepada individu, perusahaan, atau konsumen secara
langsung, vendor juga membuat dan menjual produk kepada pemerintah. Misalnya,
di bidang pertahanan keamanan, pemerintah bekerja sama dengan sebuah perusahaan
untuk membuat baju militer beserta pernak perniknya.
Rekomendasi:
- Tugas Staff Admin Dalam dunia administrasi ada banyak sekali jenisnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan atau instansi. Misalnya, admin sosial media, produksi, penjualan, gudang, dan masih banyak lagi. Masing-masing mempunyai tugas yang relatif…
- Sudah Tahu! Bagaimana OpenAI Menghasilkan Uang? Jagad.id - Bagaimana openAI menghasilkan uang? Misi OpenAI adalah menciptakan dan mempromosikan AI yang aman, transparan, dan bermanfaat bagi semua masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan telah mengembangkan sejumlah teknologi…
- Pengertian Reseller : Sistem Kerja, Syarat, Keuntungan,… Dengan semakin berkembangnya bisnis jual beli atau perdagangan yang memakai media internet sebagai basis utama. Dari sini, kemudian mulai bermunculan berbagai pekerjaan baru dari mulai dropshipper hingga reseller. Dalam ulasan…
- Gojek dan Grab: Apa sih Perbedaannya? Jagad.id - Gojek dan Grab adalah dua perusahaan ride-hailing dan aplikasi super paling sukses serta terkenal di Asia Tenggara. Kedua perusahaan tersebut didirikan pada tahun 2010, dengan Gojek dimulai di…
- Pengertian Laba Adalah : Arti, Unsur dan Faktor Umumnya untuk mengukur berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan dalam melakukan bisnis, itu dilihat dari pendapatan labanya. Tak dipungkiri lagi, pendapatan laba sangat berpengaruh terhadap jalannya aktivitas perusahaan. Hal itu dikarenakan…
- Pengertian Logistik Adalah : Tujuan , Manfaat, dan Aktivitas Pengiriman barang adalah cara yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya, dimana pengiriman barang tersebut kini telah memiliki sebuah manajemen yang biasa disebut dengan logistik. Dalam…
- Distributor Adalah : Pengertian, Jenis dan Fungsi Distributor, Pengertian, Jenis dan Fungsinya,- Dalam dunia bisnis, banyak pelaku ekonomi yang melakukan perannya sebelum produk sampai di tangan konsumen. Salah satunya distributor. Distributor adalah seseorang yang menyalurkan produk dari…
- Internet, Ekstranet, Intranet : Pengertian dan Perbedaan Jagad.id - Internet Ekstranet Intranet. Di era serba modern sekarang ini, internet sudah menjadi hal yang umum digunakan hampir semua orang. Sedangkan jaringan intranet adalah jaringan privasi atau privat network…
- Definisi Kompensasi : Tujuan, SDM, dan Contoh 10 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Contoh dan SDM - Pengertian kompensasi adalah seluruh imbalan yang di terima oleh pekerja atas jasa ataupu hasil kerjanya kepada sebuah organisasi ataupun…
- Pengertian Pelaku Usaha : Arti, Hak, Kewajiban, Tanggung… Pelaku usaha sering diartikan sebagai pengusaha yang menghasilkan barang dan jasa, seperti pembuat produk, grosir atau pengecer profesional atau setiap orang yang ikut serta dalam penyediaan barang dan jasa hingga…
- Sumber Daya Manusia : Materi, Pengertian, Fungsi dan Contoh Jagad.id - Pengertian Sumber Daya Manusia - Suatu negara pasti mempunyai dan membutuhkan sumber daya manusia untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai oleh negara tersebut, misalnya dalam bidang ekonomi, sosial,…
- Pengertian Modal : Sumber Modal dan Jenis Modal Pengertian Modal Menurut Para Ahli, Sumber Modal dan Jenis Modal – Modal adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Dengan adanya modal, perusahaan bisa melaksanakan aktivitas…
- Pengertian Customer Service : Syarat, Tugas Dan Fungsi Secara umum definisi atau pengertian customer service adalah aktivitas yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan atau kenyamanan kepada Kostumer atau nasabah melalui pelayan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan…
- Usaha Tanpa Modal, VIRAL TAHUN 2023! Jagad. id - Usaha Tanpa Modal, usaha berbasiskan online memperoleh ketertarikan semakin besar dalam masyarakat. Cukup banyak yang merencanakan membentuk bisnis online sendiri, tetapi kadang terhalang akan permasalahan modalnya. Lalu,…
- Segmentasi Pasar : Pengertian, Syarat, Tujuan, Manfaat, dan… Jagad.id - Segmentasi Pasar - Dalam ilmu pemasaran, ada yang namanya segmentasi pasar. Perusahaan yang ingin besar harus pandai menguasai segmentasi pasar tersebut. Karena pembagian pasar sangat menentukan produksi dan…
- Kompetitif (Ekonomi) : Pengertian, Syarat, dan Bentuknya Teori harga pasar menyebutkan bahwa harga suatu barang ditentukan oleh permintaan dan penawaran pasar terkait barang yang bersangkutan. Yang harus dipahami adalah hal tersebut hanya berlaku untuk pasar kompetitif atau…
- Pengertian Distribusi Adalah : Fungsi, Tujuan, Macam dan… Jagad.id - Kata distribusi ini sudah bukan hal yang asing lagi ditelinga sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apalagi yang bekerja pada bidang bisnis dan pemasaran produk. Namun, tahukah anda tentang…
- Definisi dari Trademark Indonesia Istilah trademark Indonesia memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sebagian dari masyarakat Indonesia sudah pernah mendengar tentang istilah ini, meskipun kemungkinan di antaranya masih ada yang belum…
- Pengertian Inventaris Adalah : Arti, Tujuan dan Contoh Ketika mendengar kata inventaris apa yang ada di pikiran Anda? Sebuah catatan tentang sarana dan prasarana. Atau seperti daftar stok barang atau rekap barang yang sudah terjual. Lebih lengkapnya simak…
- Pengertian Finansial : Arti, Macam Jenis, Perkembangan Dan… Finansial merupakan kata yang cukup familiar dikalangan para ekonomi atau siapapun yang bergerak dibidang ekonomi. Finansial sering diartikan dengan keuagan. Pengertian tersebut memang tidak salah, akan tetapi pada prakteknya pembahasan…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…
- Pengertian Faktur Adalah : Arti, Fungsi, Jenis, Komponen dan… Secara umum definisi atau pengertian Faktur adalah suatu perhitungan penjualan atau suatu perincian pengiriman barang yang mencatat tentang daftar barang, harga barang dan lain-lain. Faktur bisa juga disebut dengan “invoice”…
- Pasar Tradisional : Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan… Pengertian pasar tradisional adalah salah satu bentuk pasar yang mana berdasarkan kegiatan. Kegiatan dalam pasar tradisional terdapat transaksi yang dilakukan secara tradisional atau secara langsung. Di mana penjual bertemu dengan…
- Pengertian Manajer : Tingkatan, Tugas, Peran dan Contoh Dalam sebuah kelompok kecil atau kelompok besar, biasanya anggota kelompok akan bermusyawarah untuk menentukan siapa yang menjadi ketua atau pemimpin kelompok. Keberadaan ketua atau pemimpin dalam sebuah kelompok sangatlah penting…
- Definisi Spesifikasi : Pengertian, Elemen, Jenis, Manfaat… Jagad.id - Definisi Spesifikasi - Spesifikasi memegang peranan yang sangat penting dalam mencapai prinsip pengadaan barang/jasa yang efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil, dan akuntabel. Di samping itu, spesifikasi juga…
- Pengertian Perusahaan : Arti, Unsur, Jenis, Fungsi dan… Secara umum definisi atau pengertian Perusahaan adalah suatu lembaga dalam bentuk organisasi yang beroperasi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat sehingga bisa memperoleh keuntungan. Perusahaan juga dapat…
- Cara Menghitung Valuasi Startup? Simpel! Jagad.id - Sebagian besar pengusaha memperlakukan perusahaan startup mereka sebagai bayi mereka. Mereka pikir itu adalah hal yang paling unik dan berharga di Bumi dan semua orang menginginkannya. Sikap bengkok…
- Pengertian Pasar Persaingan Sempurna : Ciri-Ciri, Contoh,… Pasar Persaingan Sempurna diartikan sebagai suatu pasar yang mana kondisi penjualnya sangatlah banyak sedangkan yang dijual adalah produk yang mempunyai cukup banyak varian akan tetapi memiliki jenis yang sama dan…
- Cara Membangun Branding : Arti dan Contohnya Jagad.id - Cara Membangun Branding, Branding ialah proses yang penting dilaksanakan oleh tiap perusahaan supaya produk atau jasanya menempel di pikiran customer, ditambah saat harus berkompetisi di pasar. Karena, dalam…
- Pengertian Kompensasi : Arti, Jenis, Kriteria, Faktor,… Secara umum definisi atau pengertian kompensasi adalah imbalan-imbalan finansial yang diterima oleh orang-orang yang bekerja atas jasa atau hasil kerjanya pada suatu organisasi atau perusahaan dimana imbalan tersebut dapat berupa…