Pengertian Warna : Macam Jenis dan kode warna

Pengertian Macam dan Jenis Warna beserta kode warna – Dalam kehidupan sehari hari pasti kita selalu melihat benda yang memiliki warna, baik warna hitam, coklat, putih, merah, biru, ataupun warna warna yang lain. Tahukah kamu sebenarnya dalam dunia digital warna warna memiliki kode unik yang nanti jika kita pasang akan menghasilkan warna tersebut. Ketajaman suatu warna saat ditampilkan di layar monitor tergantung dari jenis monitor itu sendiri ya sob.

Pengertian Warna

Menurut ilmu seni, pengertian warna adalah unsur seni rupa yang paling menonjol dalam karya seni. Bisa dibilang bahwa warna dalam karya seni mempunyai nilai paling tinggi dan biasanya suatu karya seni di nilai pada awalnya adalah dari segi warna. Nilai seni biasanya sih dilihat dari warnanya, bener nggak sob ?

Warna memiliki kegunaan untuk menunjukkan gelap terang, karena ada berbagai jenis warna yang membuat efek cerah seperti warna kuning, biru muda, dan warna terang lain. Warna juga bisa melambangkan suasana perasaan, misalnya untuk menggambarkan suasana hati sedang sedih pemilihan warna bisa menggunakan warna warna pekat dan gelap. Warna juga bisa menunjukkan jauh dekat, perspektif dan sifat atau pun watak benda.

Dalam teori warna menurut Fisika, warna adalah kesan yang di timbulkan oleh cahaya pada mata. Jadi bisa dibilang warna itu terjadi dari pantulan cahaya dari benda yang kemudian ditangkap oleh mata. Di samping itu, menurut ilmu bahan warna merupakan kumpulan dari pigmen – pigmen.

Macam Jenis Warna

Warna memiliki beberapa macam jenis yang bisa kita bedakan dan kategorikan menurut dari asal warna tersebut, lalu apa saja macam jenis warna tersebut ?

1. Warna primer

Warna primer merupakan warna pokok atau dasar. Warna ini merupakan warna dasar yang belum dicampur oleh unsur warna yang lainnya. Warna primer ini biasanya adalah warna yang akan dicampurkan nanti sehingga bisa menghasilkan warna warna yang lainnya.

Contoh dari jenis dari warna primer ini adalah seperti warna merah (magenta red), kuning (yellow) dan biru (cyan blue). Warna tersebut merupakan warna warna dasar yang apabila di campurkan akan terjadi warna sekunder.

2. Warna Sekunder

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, warna sekunder adalah warna yang merupakan hasil campuran antara warna primer yang satu dengan yang lainnya. Biasanya pencampuran warna primer ini akan menghasilkan warna sekunder yang banyak di lupakan oleh orang bahwa warna tersebut adalah warna sekunder.

Contoh dari jenis warna sekunder adalah hijau yang merupakan hasil pencampuran dari warna biru dengan warna kuning, kemudian ada warna jingga yang merupakan hasil pencampuran dari warna merah dengan warna kuning dan juga ada warna ungu yang merupakan hasil campuran warna merah dengan warna biru.

3. Warna Tersier

Ada warna dasar, warna sekunder, kali ini ada warna tersier. Ya, warna tersier adalah warna yang terjadi dari hasil pencampuran salah satu warna primer dengan warna sekunder. Jika pikirkan, warna tersier adalah warna yang dihasilkan dari pencampuran 3 warna.

Contoh dari jenis warna tersier seperti warna coklat yang merupakan hasil campuran warna merah dengan warna ungu, ada juga warna ungu kebiruan yang merupakan hasil pencampuran warna ungu dengan warna biru dan warna hijau kebiruan yang merupakan campuran warna hijau dengan biru dan begitu seterusnya.

Daftar Macam Warna

Tanpa melihat dari jenis dan penggolongan warna, pada sub bab ini saya akan memberikan daftar macam warna yang bisa kita lihat di bawah ini.

    1. Red                = #ff0000
    2. Pink                = #ffb6c1
    3. Red Orange     = #ff6600
    4. Orange            = #ff9900
    5. Yellow Orange   = #ffcc00
    6. Yellow              = #ffff00
    7. Yellow Green     = #bfff00
    8. Green               = #00ff00
    9. Blue Green       = #ccffcc
    10. Blue               = #0000ff
    11. Blue Violet      = #8a2be2
    12. Violet             = #7f00ff
    13. Red Violet       = #c71585
    14. Brown             = #993300
    15. Purple             = #800080
    16. Gray                = #808080
    17. Black               = #000000
    18. White              = #ffffff

Nah, itu adalah daftar dari macam macam warna. Sudah tahu kan ternyata ada banyak jenis warna yang bisa kita gunakan sebagai pilihan dalam mewarnai suatu benda, baik ngecat tembok, melukis dan lain lain.

Kode Warna

Pasti untuk desainer grafis kode warna sangat dibutuhkan supaya tidak kelamaan ketika mencari warna yang di inginkan. Nah, berikut adalah daftar kode warna yang bisa kamu gunakan.

Warna Merah :

FF 00 00 255 0 0

Warna Biru :

00 00 FF 0 0 255

Warna Hijau :

00 FF 00 0 255 0

Untuk kode warna yang lain, kamu bisa mencari di wikipedia atau web yang lain di internet.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.