Bioteknologi
No ratings yet.

Pengertian Bioteknologi : Macam Jenis dan Contoh (Modern dan Konvensional) – Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, fungi, virus dan lain sebagainya, termasuk enzim dan alkohol dari produk makhluk hidup dalam proses produksi dalam menghasilkan barang dan juga jasa.

Perkembangan bioteknologi zaman sekarang tidak terbatas biologi saja, tapi juga penerapan pada cabang ilmu terapan murni yang lain seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, bio kimia, matematika dan cabang ilmu yang lain sebagainya. Sehingga biotekonologi dapat disimpulkan sebagai ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang atau juga jasa.

Jenis Bioteknologi

Bioteknologi terbagi menjadi beberapa jenis atau cabang ilmu yang beberapa terasosiasi dengan warna yaitu :

– Bioteknologi Merah (Red Biotechnology) merupakan cabang ilmu bioteknologi yang mempelajari aplikasi biotekno di bidang medis. Cakupan bioteknologi ini adalah seluruh spektrum pengobatan manusia dari tahap preventif, diagnosis, dan juga pengobatan.

Bioteknologi Putih/abu-abu adalah bioteknologi yang diaplikasikan dalam industri seperti pengembangan dan juga produksi senyawa baru serta pembuatan energi terbarukan.

– Bioteknologi hijau yaitu mempelajari aplikasi bioteknologi di bidang pertanian dan peternakan. Di bidang pertanian, bioteknologi berperan dalam menaham serangan hama tanaman. Di bidang peternakan, bioteknologi digunakan untuk menghasilkan produk penting seperti kambing, sapi, domba dan ayam yang digunakan sebagai penghasil antibodi-protein protektif yang bisa membantu sel tubuh mengenali dan melawan senyawa asing.

– Bioteknologi biru disebut juga dengan bioteknologi akuatik atau perairan yang bisa mengendalikan proses – proses yang terjadi di sekitar lingkungan akuatik.

Bioteknologi Konvensional dan Modern

Adapun macam bioteknologi yang umumnya kita ketahui adalah bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.

1. Bioteknologi Konvensional

Jenis bioteknologi yang pertama adalah Bioteknologi konvensional. Pengertian bioteknologi konvensional adalah beberapa bidang ilmu dari penerapan ilmu biologi, biokimia, dan suatu rekayasa yang masih sangat terbatas. Pada bioteknologi ini, prosesnya belum menggunakan teknik rekayasa molekuler yang memiliki tingkatan rumit, terstruktur dan juga terarah. Meski menggunakan teknik rekayasa molekuler, maka rekayasa yang dipakai sudah pasti belum semua bisa dikendalikan dengan baik. Bioteknologi konvensional ini menggunakan jasad hidup yang ada di alam / lingkungan sekitar.

2. Bioteknologi Modern

Berbeda dengan bioteknologi konvensional, pada bioteknologi modern sudah menggunakan teknik rekayasa dengan tingkat yang rumit, terstruktur juga terarah. Sehingga hasil akhirnya pun bisa dilakukan pengendalian dengan sangat baik. Teknik yang digunakan pada bioteknologi saat ini adalah dengan melakukan proses manipulasai genetik dengan menggunakan jasad hidup yang terstruktur dan terarah sehingga hasilnya pun sesuai dengan yang diinginkan. Dalam proses bioteknologi modern selalu menggunakan struktur dari DNA.

Teknik yang dipakai bioteknologi modern adalah suatu teknik manipulasi dari bahan bahan genetik seperti DNA yang dilakukan secara in vitro, jika kamu belum tahu apa itu in vitro saya jelaskan pada paragraf bawah ini.

Pengertian in vitro adalah proses dari ilmu biologi yang bisa berlangsung pada situasi percobaan yang terjadi di luar sel atau diluar organisme. Seperti contohnya adalah dalam suatu tabung percobaab. Pada teknik ini biasanya kita mengenal sebagai teknik DNA rekombinan atau teknik rekayasa genetika. Para peneliti dan juga ilmuwan dapat melakukan penyambungan terhadap molekul – molekul DNA yang berasal dari jasad hidup lain yang sudah tentu berbeda beda akakn dijadikan suatu molekul DNA yang memiliki sifat rekombinan. Rekayasa ini sudah menjadi hal utama dari bioteknologi modern.

Contoh Bioteknologi

Bioteknologi dapat menghasilkan produk dan jasa yang sangat bermanfaat bagi manusia. Berikut adalah beberapa contoh bioteknologi yang berhasil saya rangkum yaitu sebagai berikut.

1. Bioteknologi di Bidang Pengolahan Pangan

Dibidang pangan, bioteknologi menghasilkan berbagai macam produk yang mungkin kamu sudah terbiasa mengonsumsinya. Berikut adalah contoh bioteknologi di bidang pangan.

  • Yogurt
  • Keju
  • Tempe

2. Bioteknologi di Bidang Kesehatan

Bioteknologi juga bermanfaat di bidang medis dan itu sudah lama digunakan. Sebagai contohnya adalah pembuatan antibiotik. Selain itu ada beberapa contoh bioteknologi di bidang kesehatan lainnya. Berikut adalah contoh bioteknologi di bidang medis atau kesehatan.

  • Antibiotik
  • Hormon

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.