Macam Macam Hewan Ternak dan Gambarnya

Contoh Hewan Ternak dan GambarnyaHewan ternak adalah hewan yang sengaja dikembang biakan dan dipelihara untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan berupa daging serta juga digunakan untuk bahan industri makanan. Hampir sama halnya dengan Pertanian dan perkebunan cuma peternakan khusus untuk melakukan perkembang biakan hewan yang akan dimanfaatkan sebagai pangan atau bahan industri.

Macam Macam Hewan Ternak

1. Ayam

Gambar Ayam TernakAyam adalah hewan ternak yang paling umum dapat dijumpai hampir di setiap negara. Ayam biasanya dimanfaatkan daging atau telurnya. Ayam menjadi hewan faforit bagi peternak karena pemeliharaan serta perwatan yang sangat mudah, murah dan efisien. hal itu dikarenakan ayam tidak memerlukan perawatan yang khusus dan biaya yang mahal. Contohnya Kandang ayam sangat mudah dibuat dan pengan untuk beternak ayam juga bisa didapatkan secara gratis di alam bebas. Caranya ayam tinggal dilepaskan kemudian akan mencari makanannya sendiri serta pada saat sore menjelang malam ayam akan pulang ke kandangnya sendiri.

Hasil ternak ayam akan dimanfaatkan dagingnya untuk berbagai macam hal. Dari konsumsi pribadi hingga dijadikan bahan olahan pangan oleh pabrik industri seperti bumbu dalam makanan ataupun makanan siap saji. Penjualan hasil ternakpun lebih mudah daripada hewan ternak lainnya bisa dijual langsung dipasar. Pembeli hasil ternak ayam dari semua kalangan mulai dari masyarakat biasa hingga pelaku bisnis untuk dijadikan bahan industri. Itu yang membuat Ayam menjadi hewan faforit para peternak karena mudah dalam segala hal yang berkaitan dengan memelihara dan beternak ayam.

2. Bebek

Gambar Bebek TernakBebek adalah jenis hewan unggas yang suka melakukan aktifitas di tempat berair seperti sungai, danau dan sawah. Bentuk paruhnya yang memang beradaptasi untuk lebih mudah mendapatkan makanan dari tempat yang berair seperti Ikan ataupun keong. Bebek merpuakan hewan ternak yang cukup mudah untuk di pelihara, terutama pada wilaya pedesaan. Tentunya hal tersebut akan menjadi sebuah bisnis yang menjajikan bagi para peternak karena kemudahan dalam memelihara bebek dikampung.

Untuk memeliharana cukup mudah yaitu hanya dengan menyediakan tempat dan kandang serta pakan tambahan seperti Dedak. Bebek juga bisa mencari makanannya sendiri dengan dilepaskan di persawahan, dengan begitu bebek akan memakan keong di sawah yang juga akan menguntungkan petani karena bisa mengurang hama yang bisa meyebabkan kerugian pada produksi beras pada tanaman padi. Daging bebek juga sangat digemari oleh masyarakat sehingga memudahkan peternak untuk melakukan kegiatan jual beli, dari masyarakat yang hanya memanfaatkan daging bebek untuk pribadi hingga pengusaha yang membutuhkan daging bebek untuk kegiata produksi siap membeli hasil ternak tersebut.

3. Kambing

Gambar KambingKambing sangat mudah ditemukan dibarbagai perternakan di indonesia. Banyaknya peternak kambing di indonesia karena memang daging kambing disukai dan banyak di cari oleh masyarakat. Harganyapun relatif terjangkau, biasanya dimanfaatkan untuk olahan makanan seperti sate kambing, gulai dan juga dimanfaatkan sebagai ritual keagamaan seperti akikah. Dari pencarian dan kebutuhan yang banyak oleh masyarakat tentunya membuat kambing laku di Nusantara.

Untuk melakukan ternak kambing diperlukan tempat untuk kandang kambing yang akan diternak, usahakan agak jauh dari lingkungan rumah karena baunya yang dianggap lumayan tidak sedap oleh bebepara orang. Selain tempat yang pas, tenaga juga dibutuhkan untuk memelihara kambing yaitu tenaga untuk mencarikan rumput jika ingin tetap memelihara tanpa harus mengawasi pada saat kambing dilepaskan untuk merumput sendiri. Selain hasil daging, kotoran kambing juga bisa dimanfaatkan atau dijual sebagai pupuk tanaman. Harga kotoran kambing memang murah tetapi lumayan untuk memberikan penghasilan tambahan bagi peternak.

4. Sapi

Gambar Peternakan SapiSapi pada umumnya merupakan hewan ternak yang cukup mahal untuk dijual karena hasil dagingnya yang banyak untuk diolah sebagai bahan pangan. Hampir sama dengan Kambing, daging sapi cukup banyak diminati oleh masyarakat indonesia. Olahan dagingnya biasanya dijadikan sebagai berbagai macam olahan pangan serta juga digunakan sebagai produksi pabrik yaitu penyedap rasa pada makanan.

Untuk melakukan ternak sapi diperlukan modal yang cukup banyak karena untuk modal membeli sapi serta menyediakan tempat dan kandang untuk menternaknya. Perawatannya cukup banyak dari mulai pakan utamanya yaitu rumput yang dapat dicari dan didapatkan secaraย  gratis dialam hingga membersihkan kotorannya yang lumayan banyak tentunya akan memerlukan tenaga ekstraย  dari pada melakukan ternak pada jenis hewan yang lainnya. Tetapi dengan hasil yang jauh lebih tinggi dari hewan ternak lainnya tentunya membuat keuntungan akan berimbang dengan usaha yang dilakukan. Sapi betina juga sangat bebrmanfaat karena bisa dimanfaatkan hasil air susunya untuk dijual yang harganya cukup menguntungkan bagi peternak.

5. Lele

(cara ternak) budidaya ikan lele yang baik dan benar (Dalam Drum Plastik. di Kolam Terpal. bioflok. di kolam tanah . pemula)Lele adalah ikan yang memiliki kemampuan untuk hidup di air keruh yang mana ikan lain tidak mampu untuk bertahan hidup di air tersebut. Keunggulan tersebut membuat lele mudah dibudidaya karena untuk menternaknya tidak memerlukan perhatian yang ekstra dalam perawatannya. Bahkan sekarang ini lele sangat efektif untul dibudidaya dalam sebuah drum plastik yang sangat menghemat tempat serta biaya untuk memeliharanya. Pakanan normal untuk menternak lele juga cukup murah yaitu pelet mudah didapatkan ditempat penujualan pakan ikan ataupun ternak. Selain dimanfaatkan dagingnya peternak juga bisa membuka pemancingan ikan lele untuk menarik para penggemar olahraga macing yang mengandalkan kesabaran ini.

Dagingnya yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia membuat permintaan ikan lele untuk kebutuhan pangan sangat tinggi, hal tersebut yang membuat para peternak lele cukup sukses dengan usahannya yang dilakukan secara sederhana tetapi menghasilkan keuntungan yang baik dari segi finansial. Biasanya olahan ikan lele berupa Pecel lele yang sangat familiar bagi masyarakat di Indonesia.

6. Domba

Gambar Peternakan DombaHampir sama persis dengan kambing dari segi cara beternak, hal yang dibutuhkan untuk memelihara serta keuntungan hasil memeliharanya. Selain dagingnya yang sangat bermanfaat untuk olahan pangan, sisi lain yang menonjol dari domba adalah bulunya. Banyak manfaat yang bisa didapat dari bulu domba yaitu digunakan sebagai fashion, gaya pakaian yang sekarang ini cukup diminati. Benang Wol yang juga merupakan hasil produksi dari serat rambut domba dimanfaatkan oleh industri tekstil dalam pabrik garmen untuk membuat berbagai macam olahan pakaian.

7. Udang

Gambar Udang Besar JumboUndang besar dan Ebi sangat umum ditemui di berbagai kota di Indonesia, perawatannya yang tidak sulit membuat udang banyak dibudidaya. Modal yang diperlukan untuk menternak udang juga tidak mahal, mungkin yang khusus dibutuhkan yaitu tempat serta air untuk melakukan budidaya hewan air yang satu ini. Banyaknya permintaan udang dan ebi di Indonesia membuat hewan yang satu ini cukup menjanjikan untuk diternak. Hasil olahan yang dibuat dari Udang juga bermacam macam, dari penyedap makanan, makanan siap saji di warung ataupun restoran hingga makanan ringan berupa kripik atau krupuk yang banyak diminati oleh para penikmat kuliner.

7. Lobster Air Laut

Gambar LobsterHewan air yang satu ini terkenal dengan kelezatan dagingnya. Dagingnya yang gurih serta biasanya hanya tersedia di Restoran membuat harga olahan makanan dengan bahan daging lobster cukup mahal. Haraganya yang lumayan mahal dikarenakan cara beternaknya tidak semudah memelihara ikan lele, yang paling membutuhkan biaya yaitu perawatanya agar Lobster tetap sehat dan terjaga agar tidak mati. Sementara pakan yang dibutuhkan untuk menternak lobster cukup mudah yaitu bisa berupa makanan alaminya seperti tiram, bekicot, rucah segar dan lain lain. Untuk memberi makanan yang telah disebutkan itu tentunya tidak bisa langsung diberikan tetapi harus dipotong terlebih dulu hingga ukurannya kecil kecil dan mudah dimakan oleh lobster tersebut.

8. Kuda

Gambar KudaWalapun tidak sedikit orang memanfaatkan kuda untuk dikonsumsi dagingnya tetapi tujan orang menternak Kuda juga untuk memanfaatkan Tenaganya. Mungkin anda berpikir, sekarang ini apakah masih butuh kuda untuk transportasi ? jawabanya adalah ya, saat ini beberapa wilayah masih perlu mengandalkan kuda. Untuk wilayah yang masih belum memiliki jalan cukup baik maka kuda sangat efektif untuk melakukan pekerjaan di medan jalan yang masih tanah dan bebatuan. Untuk bisa berjalan dimendan seperti itu tentunya kendaraan bermotor hanya akan menjadi beban karena tidak bisa digunakan jalan dimedan berat.

9. Belut

Gambar BelutHewan licin yang susah ditangkap menggunakan tangan kosong ini memang tidak semua orang suka memakan karena bentuknya. Tetapi beberapa orang sangat menyukai olahan hewan air yang satu ini, rasanya yang gurih dan harganya yang murah membuat belut banyak disukai oleh masyarakat. Belut banyak disajikan di warteg dan juga restoran dengan harga yang terjangkau, itu membuat belut menjadi lahan ternak yang cukup menguntungkan bagi para pebisnis.

Cara ternaknyapun juga mudah dikarenakan belut mampu hidup di air yang minim seperti sawah, banyak yang mengatakan belut hasil tangkapan lebih mahal daripada belut hasil budidaya. Tetapi apapaun itu tentunya membudidaya belut pastinya akan menguntungkan. Jumlah pakan yang diberikan untuk belut juga cukup banyak sekitar 5-15% dari berat tubuhnya sehingga belut mampu berkembangbiak dengan baik dan sehat. Hasilnya juga bisa dijual dimana saja, di warung untuk olahan makanan cepat saji hingga dijual ke produsen para pembuat makanan olahan dari belut.

10. Jangkrik

Gambar JangkrikJangkirik adalah serangga yang sangat identik dengan suaranyaย  “Krikk … Krikk ..” terutama sangat terdengan dimalam hari dimana hadir bersama keheningan malam. Banyak orang yang tidak tau kalau jangkrik ternyata juga bisa diternak, lalu apa fungsi darii menternak jangkrik. Tujuan ternak jangkrik yaitu berbagaimacam utamanya bisanya digunakan sebagai pakan burung, digunakan untuk jangkrik hiasan (lomba) dan juga tidak sedikit peternak jangkrik yang menjual untuk olahan pakan seperti kripik jangkrik dan sebagainya. Mungkin sebagian anda tidak tertarik untuk makan jangkrik, tetapi memang begitulan kekayaan kuliner di Indonesia.

Budidaya jangkrik sangatlah mudah dan hanya memerlukan modal yang sedikit, penggunaan tempat untuk menteraknya juga tidak membutuhkan ruangan yang ekstra besar hanya secukupnya, bisa dilakukan didalam drum. Pemberian pakannya juga murah berupa voor yaitu makanan ayam. Agar jangkrik segat dari penyakit dan hama yang menyerangnya pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kadang jangkrik tempat beternak.

4 Manfaat Binatang Ternak Untuk Manusia

Dari berbagai macam jenis hewan ternak diatas lalau apa manfaat yang diperoleh bagi manusia dari kegiatan beternak itu. Beberapa manfaat yang didapat dari hasil berternak antara lain :

  • Sebagai sumber pangan manusia terutama protein hewani yang tidak dapat digantikan oleh tumbuhan
  • Dengan melakukan kegiatan ternak maka akan menjaga Populasi Hewan dengan tidak memburu yang dialam bebas, sehingga populasi hewan alam liar terlindungi
  • Menjaga keseimbangan alam
  • Sebagai alat transportasi seperti binatang ternak Kuda dan Unta

Itulah beberapa contoh macam jenis hewan ternak dan gambarnya. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk kita semua.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.