Jenis dan Ciri Ciri Tanaman Pangan dan Contohnya

Jenis dan Ciri ciri Tanaman Pangan dan Contohnya, Tanaman pangan adalah salah satu jenis tanaman yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kenapa penting ? Karena tanaman pangan menjadi salah satu penopang kehidupan manusia. Tanpa adanya tanaman pangan manusia tidak bisa hidup.

Banyak sekali tanaman pangan yang ada di Indonesia yang tersebar sesuai dengan daerah masing masing. Komoditas tanaman pangan yang utamanya dijadikan makanan adalah Padi, Jagung, umbi – umbian dan kacang – kacangan.

Macam Jenis Tanaman pangan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu jenis tanaman Biji-bijian (seralia), tanaman kacang kacangan dan tanaman umbi – umbian. Masing – masing dari kelompok tanaman memiliki ciri ciri yang berbeda beda. Nah, kali ini saya akan mengupas tuntas mengenai ciri ciri tanaman Pangan dan Contohnya.

TANAMAN BIJI – BIJIAN (SEREALIA)

Seperti informasi yang saya kutip di sumber terpercaya, Seralia merupakan anggota dari suku padi – padian dan juga disebut sebagai serealia sejati. Jenis tanaman pangan ini menjadi salah satu sumber komoditas dan penopang perekonomian utama.

Contoh tanaman pangan biji bijian atau serealia

  1. Padi (Oriza Sativa L)

Dari sekian banyak tanaman berkarbohidrat, Padi adalah satu – satunya sumber karbohidrat yang cocok dan sesuai dengan tubuh orang Indonesia. Oleh karena itu, setiap hari Padi harus ada untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat orang – orang Indonesia. Ciri – ciri Padi adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki akar serabut
  2. Batang berkuku dan berongga membentuk rangkaian daun sebagai penopang daun Padi.
  3. Bunga pada tanaman Padi tersusun majemuk atau banyak.

Untuk Jenis Padi ada dua macam yaitu Padi sawah dan Padi Kering. Perbedaan kedua macam Padi ini terletak pada kebutuhan akan air dari Padi tersebut. Padi sawah membutuhkan genangan air saat awal tanam, sedangkan setelah tanam padi sawah juga terkadang membutuhkan air yang menggenang.

Berbeda dengan Padi Kering, Padi Kering tidak membutuhkan banyak air seperti halnya Padi Sawah. Padi kering bisa saja tumbuh hanya dengan mengandalkan curah hujan. Jadi, tidak perlu pengairan. Tetapi jika dilihat dari hasil panen, tentu saja Padi Sawah memberikan hasil yang lebih banyak dibandingkan dengan Padi Kering.

  1. Jagung

Jagung memiliki nama latin Zea Mays ssp. Di Indonesia, jagung menjadi sumber karbohidrat kedua setelah beras. Hal itu bisa kita lihat pada masyarakat yang lingkungannya bebatuan kapur seperti Gunung Kidul. Jagung bisa diolah menjadi jagung rebus, jagung bakar dan aneka olahan pangan lainnya.

Keunggulan jagung adalah buahnya bisa diolah menjadi tepung, makanan ringan (marning jagung), Pop Corn dan bahan baku pakan ternak. Selain itu, daun dan batang tanaman jagung pun bisa menjadi sumber makanan bagi hewan ternak.

Ciri dari pohon jagung adalah memiliki akar serabut, daun panjang dan berbulu halus. Tidak disarankan bagi orang yang memiliki alergi kulit untuk blusukan ke lahan tanaman Jagung. Nanti bisa gatal – gatal.

  1. Gandum

Nama latin nya adalah Tritium spp. Tanaman gandung merupakan makanan pokok manusia, hewan ternak dan bahan industri yang menggunakan karbohidrat sebagai bahan baku. Tanaman Gandum memiliki ciri ciri sebagai berikut ini :

  1. Berakar serabut
  2. Batang yang beruas dan berongga
  3. Daun tumbuh tegak atau melengkung
  4. Berbunga majemuk.

Kandungan nutrisinya pun tidak kalah dengan sumber makanan yang lain. Gandum memiliki kandungan Serat Pangan, Protein, Vitamin B1, B2, B3 dan B6 serta kandungan nutrisi lain yang lumayan banyak.

JENIS TANAMAN UMBI – UMBIAN

Tanaman Umbi Umbian biasa menjadi sumber makanan dan karbohidrat kedua setelah beras atau padi. Berikut adalah

Contoh Tanaman Umbi Umbi an

1. Ubi Jalar

Tanaman ini sering dijadikan makanan cadangan oleh orang Indonesia ketika tidak ada beras atau jagung. Ubi Jalar ini memiliki daun dan batang yang menjalar.

2. Ubi Kayu

Untuk tanaman pangan ini, kita bisa melihat di kebun kebun milik para petani. Biasanya mereka menanam Ubi Kayu untuk di olah menjadi makanan ringan seperti Ubi goreng.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.