Home Pengetahuan Alam 5 Tanaman Beracun, Penjelasan Dan Fotonya

5 Tanaman Beracun, Penjelasan Dan Fotonya

Tanaman Beracun, Penjelasan Dan Fotonya

Manusia merupakan makhluk yang memiliki hubungan dengan alam yang mana sebagai ciri-ciri makhluk hidup, salah satunya adalah tanaman. Hubungan ini adalah ketergantungan manusia soal pangan hingga kebutuhan sehari-hari. Memang, tanaman sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun tanpa disadari bahwaada juga tanaman yang sangat merugikan dan berbahaya bagi tubuh kita. Hal ini dikarenakan kandungan zat yang terdapat pada tanaman tersebut yang dapat menimbulkan kematian.

Mungkin kita mengenal banyak jenis tanaman di sekitar kita, dari bentuk, warna, dan rasa. Ada juga tanaman yang tampaknya tidak berbahaya dan indah, ternyata sangat berbahaya bagi tanaman kita. Sehingga, kita harus lebih hati-hati dalam memakan tumbuhan atau tanaman. Atau bahkan hanya menyentuhnya bisa berbahay bagi tubuh kita.

Mungkin ada makhluk hidup lain seperti hewan contohnya, yang sangat berbahaya bagi kita. Namun, ada juga tanaman yang lebih berbahaya hewan buas sekalipun. Tanpa menyerang kita, tanaman tersebut bisa membunuh kita. Satu gerakan dan sentuhan saja, bisa membahayakan kita. Konsekuensinya adalah kematian.

Ada baiknya kita mengetahui tanaman atau tumbuhan apa saja yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Agar kita bisa waspada dan menghindarinya. Beberapa tanaman ada yang mampu menyebabkan rasa sakit yang mengerikan, melumpuhkan, hingga membunuh. Inilah lima tanaman berbahaya di dunia.

5 Tanaman Beracun Dan Gambar Fotonya

Tanaman Cicuta (Water Hamlock)

Tanaman Cicuta (Water Hamlock)Tanaman cicuta atau biasa dikenal dengan sebutan water hamlock ini merupakan jenis tanaman beracun dari spesies apiaceae. Tanaman ini memang tanaman herbal abadi yang mampu tumbuh hingga 2,5 meter atau 8,2 kaki. Ciri-cirinya adalah memiliki bunganya berwarna hijau dan putih kecil yang bentuknya seperti payung. Tanaman berbahaya ini berasal dari Bumi bagian Utara yaitu Amerika dan Eropa.

Umumnya, tanaman cicuta ini tumbuh di padang rumput yang basah. Gejala yang timbul setelah mengkonsumsi tanaman ini adalah kejang-kejang dan stimulasi pada sistem saraf.

Tanaman Jarak

Tanaman JarakTanaman jarak ini sudah tercatat di dunia sebagai tanaman beracun di dunia yang sangat mematikan. Tanaman jarak atau biasa dikenal dengan sebutan tanaman cator ini bahaya pada bagian bijinya. Memang, daun dan getahnya bisa digunakan sebagai obat tradisional, namun siapa sangka kalau pada bagian bijinya sangat membunuh. Bahkan cukup dua biji saja, sudah bisa merenggang nyawa kita.

Biji tanaman jarak mengandung racun yang dapat menyebabkan rasa seperti terbakar pada bagian mulur, leher, hingga perut. Dengan begitu, kita akan merasakan dehidrasi yang sangat hebat hingga kematianlah satu-satunya jalan. Racun yang terkandung di dalam tanaman berbahaya ini disebut sebagai ricin yang merupakan senyawa sampingan yang dihasilkan dari pengolahan bijinya. Senyawa ini dapat menyebabkan gangguan sistem pernafasan dan peredaran darah manusia.

Satu molekul ricin, dapat membunuh satu sel di dalam tubuh kita. Bahkan, tak perlu dikonsumsi. Jika biji tanaman jarak ini terhirup saja atau disuntikan, maka dapat membunuh manusia dalam kurun 36 sampai 48 jam. Menurut penelitan, bahwa ricin merupakan pembunuh yang paling ganas seperti virus anthrax. Sampai saat ini pun masih belum diketahui penawarnya.

Tanaman Oleander (Nerium Oleander)

Tanaman Oleander (Nerium Oleander)Tanaman oleander atau dalam bahasa indonesianya tanaman jepun. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang memiliki warna merah muda cerah pada bagian kelopak bunganya. Memang indah tampaknya, namun sangat berbahaya bagi kita. Karena semuanya mengandung racun. Racun tersebut dapat menyebabkan manusia mengalami muntah-muntah, mual, diare, hingga sistem saraf dan serangan jantung.

Tanaman Saga Rambat (Rosary Pea)

Tanaman Saga Rambat (Rosary Pea)Tanaman saga rambat atau biasa disebut dengan tanaman rosary pea ini merupakan salah satu tanaman berbahaya dan beracun di dunia pada bagian bijinya. Walaupun sebenarnya masih ada beberapa masyarakat tertentu yang masih menggunakan tanaman ini sebagai pengobotan tradisional yaitu obat pereda batuk dan sariawan. Apalagi tanaman ini sangat populer sebagai campuran pengobatan alami.

Bijinya yang berwarna merah dan kombinasi hitam pada bagian runcingnya ini seperti biji tanaman jarak yang sangatlah berbahaya bagi tubuh manusia. Berbeda halnya pada masyarakat Tiongkok yang menganggap tanaman ini sebagai lambang kasih sayang.

Ubi Racun

Ubi Racun - Singkong KaretTanaman ubi racun atau biasa disebut sebagai singkong karet ini merupakan makanan khas desa yang sangat digemari masyarakat. Ternyata, sebenarnya tanaman ini sangatlah berbahaya. Namun hal tersebut tergantung dari varietasnya. Singkong pahit yang memiliki nama latin Manihot Glaziovii memiliki kadar racun yang lebih tinggi dibandingkan dengan singkong manis yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Racun yang terdapat pada singkong umumnya terkonsentrasi di bagian daun dan umbi singkong yang memiliki kandungan senyawa cyanogenik glycoside, linamarin, dan lotaistralin yang mana memiliki enzim tersebut dapat menghasilkan asam sianida. Sianida merupakan pembunuh berdarah dingin yang sangat sulit terdeteksi dan tidak berasa, Juga tidak berbau dan tidak berwarna.
– Baca Juga : Manfaat Ketela Pohon, Ungu dan Rambat Bagi Kesehatan

Itulah 5 tanaman berbahaya di dunia yang sangat mematikan dan dapat membunuh kita sebagai manusia. Jadi, kita harus tetap waspada dan berhati-hati dengan penampilan bunga yang tampaknya cantik, tapi bisa membunuh.

No ratings yet.

Please rate this