Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh Dan Obat Alami
No ratings yet.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh Dan Obat Alami – Daun sirih bukan hanya sekedar tanaman saja, namun daun ini memiliki banyak sekali manfaatnya yang dapat diambil. Tanaman ini sangat mudah ditanam dimana saja, bisa juga di halaman rumah sehingga memudahkan anda untuk memeliharanya sendiri. Ada beberapa zat-zat nutrisi yang ternyata memberikan beberapa manfaat bagi pengkonsumsi daun sirih, diantaranya minyak atsiri, gula, kavikol, seskuiterpen, dan masih banyak lagi.

Kandungan Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman daun sirih ini adalah tanaman yang menjadi andalan bagi orang tua zaman dulu, bahkan sampai sekarang. Dipercaya sebagai obat tradisional atau herbal yang sangat manjur dalam mengobati berbagai penyakit. Cara pengkonsumsiannya juga beragam, bisa langsung dikunyah hingga direbus dengan air panas untuk diminum. Jenis daun sirih secara umum ada dua macam, yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah.

Pemanfaatan daun sirih merah salah satunya untuk mengobati diabetes sedangkan untuk daun sirih hijau, khasiat yang paling manjur sampai saat ini adalah untuk menghilangkan bau mulut hingga mengobati sariawan. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya dari daun sirih untuk kesehatan tubuh dan penyembuhan penyakit, antara lain.

Olah Raga Lari Joging Siang HariKhasiat Daun Sirih Bagi Tubuh Manusia :

1. Diare

Kandungan tannin di dalam daun sirih dapat menghambat enzim ekstraseluler mikroba. Kandungan itu bekerja langsung untuk mendukung metabolisme seseorang sehingga mampu untuk menyembuhkan dan mencegah diare.

2. Jantung

Kandungan pati, diatase, dan zat samak pada daun sirih ternyata mampu untuk mengobati penyakit jantung. Pengkonsumsian rutin daun sirih ini mampu mencegah pembengkakan sehingga tidak menimbulkan rasa semakin nyeri pada penderitanya.

3. Asma

Asma adalah penyakit berbahaya yang jika tidak segera diatasi akan menyebabkan penyakit kronis seperti kerusakan paru-paru. Namun asma juga dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi daun sirih. Daun ini memiliki senyawa kompleks yang dipercaya mengatasi asma.

4. Meredakan batuk

Batuk memang dirasa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Batuk dapat berawal dari kotoran yang masuk ke dalam hidung atau karena pengkonsumsian makanan yang tidak sehat. Namun selain dengan obat-obatan, batuk juga dapat diredakan hanya dengan daun sirih karena adanya kandungan zat flavanoid yang sangat baik untuk meredakan batuk.

5. Bronchitis

Daun sirih juga dipercaya dapat mengobati penyakit bronchitis. Walaupun penyakit ini terbilang kronis, namun kandungan dari daun sirih dianggap bisa bekerja untuk menurunkan peradangan pada bronkus dan paru-paru.

6. Demam berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang biasa menyerang seseorang di musim pancaroba. Selain diobati dengan medis, demam berdarah juga dapat disembuhkan dengan cara herbal menggunakan daun sirih karena adanya kandungan tanin yang dapat menyembuhkan demam berdarah.

7. Iritasi dan sakit mata

Bukan hanya untuk mengobati penyakit kronis saja, daun sirih juga sangat bermanfaat untuk mata. Biasanya untuk kesehatan mata, orang selalu mengkonsumsi wortel yang memiliki kandungan vitamin A, padahal pengkonsumsian daun sirih juga dapat berperan untuk meningkatkan kesehatan mata seseorang.

8. Asam urat

Asam urat adalah penyakit yang dapat disembuhkan dengan medis. Namun dengan mengkonsumsi daun sirih merah, asam urat juga dapat disembuhkan karena kandungan dalam daun ini bisa membantu peluruhan asam urat dalam tubuh. Dengen begitu, kandungan di dalam daun sirih dapat membuat fungsi ginjal bekerja semakin baik lagi.

Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan saja. Daun sirih juga terbukti bermanfaat bagi wanita, terutama dalam bidang kecantikan wajah. Manfaatnya antara lain seperti di bawah in.

Dewi Sandra Model Wanita Hijab IndonesiaManfaat Daun Sirih Bagi Wanita :

1. Mencegah keriput pada wajah

Kandungan antioksidan dan flovanoid di dalam daun sirih dapat mencegah penuaan dini. Selain itu ada kandungan minyak atsirinya seperti chavicolΒ danΒ betlephenol yang memiliki kekuatan antijamur danantioksidasi sehingga dapat mencegah penuaan dini pada wajah.

2. Untuk menghaluskan kulit wajah

Bagi wanita yang memiliki wajah yang kasar, daun sirih dapat digunakan sebagai solusi yang ampuh. Kandungan antioksidan dan flovanoid sangat bermanfaat bagi kulit, seperti mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan kekusaman pada wajah.

3. Mengempeskan jerawat di wajah secara alami

Kandungan daun sirih yang memiliki sifat antiseptik dan antifungia dapat berfungsi mencegah iritasi wajah dan bertumbuhnya jamur. Jadi penggunaan daun sirih dapat digunakan untuk mengempeskan jerawat dan mencegahnya untuk datang lagi.

Bukan hanya sebagai bermanfaat untuk kecantikan, daun sirih juga bermanfaat untuk melancarkan haid dan sebagai obat keputihan alami. Cukup mudah bukan untuk mengobati berbagai penyakit dan untuk perawatan wajah cukup dengan menggunakan dedaunan?

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami, jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web. Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.