Manfaat Khasiat dan Efek Samping Daun Keji Beling Obat Herbal Alami Untuk Kesehatan
5/5 (2)

Manfaat Daun Keji Beling, Picah Beling, Keci Beling, Enyah Kelo atau yang memiliki nama ilmiah Strobilanthes crispus ini adalah nama tanaman obat yang baik untuk kesehatan. Sepintas tanaman ini nampak seperti tanaman beracun, namun sebenarnya berbeda dari yang dibayangkan. Pohon perdu Keji Beling bisa tumbuh hingga 1-2 meter. Pada permukaan daun ini teraba kasar, namun tidak ada bulu halusnya.

Khasiat Daun Keji Beling bisa untuk antioksidan, artinya daun ini memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas. Ingatlah bahwa radikal bebas yang sudah masuk ke tubuh tidak bisa dikeluarkan, namun bisa dicegah. Paparan radikal bebas yang menumpuk di tubuh manusia bisa menyebabkan berbagai gangguan penyakit seperti kanker. Makanya pengobatan herbal dengan keji beling ini ampuh sekali untuk menghindari hal-hal menyeramkan seperti kematian akibat kanker.

Biasanya Picah Beling atau Daun Kaca ini ditanam sebagai fungsi tanaman pagar di pedesaan di Jawa. Namun ternyata Crispus ini konon berasal dari Madagaskar. Untuk mengembangbiakkan, kebanyakan orang memilih pakai teknik stek saja karena lebih cepat pertumbuhannya. Berbeda kalau lewat biji, maka akan sangat lambat.

KhasiatΒ Daun Keji Sebagai Obat Alami

Di bawah ini adalah daftar manfaat daun keji beling untuk kesehatan dan pengobatan. Sebelum menggunakannya, pastikan sudah konsultasi dulu ahli herbal sehingga tidak salah dalam resep dan dosisnya.

1. Obat Diuretik Alami

Sering mengalami susah buang air kecil? Mungkin saja Anda sedang mengalami yang namanya batu urin atau kristal yang mengeras di saluran kencing. Tak perlu panik dan segera operasi, sebenarnya penyakit ini bisa disembuhkan dengan bantuan manfaat daun keji beling ini.

Baca Juga : Kandungan Diuretik Alami Pada Air Kelapa

2. Mencegah Aids

Meminum ramuan picah beling bisa untuk mencegah pengembangan virus HIV menjadi AIDS. Ingat bahwa AIDS itu penyakit menular yang tidak bisa disembuhkan dan sangat merusak sistem imun. Makanya harus segera diatasi dengan obat-obatan dokter. Selagi jalani terapi farmasi, ada baiknya minum jamu herbal Keji Beling pula.

3. Menambah Nafsu Makan

Biasanya nafsu makan bisa turun di kala banyak pekerjaan dan stress. Tidak hanya jamu temulawak saja yang bisa digunakan untuk menambah nafsu makan karena ternyata manfaat daun Keji Beling pun sanggup melakukannya. Namun hati-hati buat para penderita gastritris atau pengikisan dinding lambung karena daun herbal ini mengandung asam silikat yang bisa jadi melukai lambung dan usus mereka.

4. Mengobati Sakit Kepala

Siapa yang sering dilanda sakit kepala? Headache ini pada dasarnya bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya karena kurang asupan makanan atau gangguan mata minus. Apapun penyebab sakit kepala, manfaat daun keji beling disinyalir ampuh buat mengurangi rasa nyeri karena mengandung kafein dalam kadar yang rendah.

Baca Juga : Migrain – Pengertian, Gejala dan Cara Mengatasi

5. Anti Jamur

Mikroba yang bersifat sangat parasit di tubuh manusia seperti bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit dan ganguan pada organ reproduksi. Jangan khawatir kalau sedang terserang jamur mikroba ini karena khasiat daun keji beling dapat menyembuhkannya secara alami.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika sedang mengalami kenaikan gula darah, ada baiknya untuk menurunkannya dengan minum jamu pecah beling. Manfaat daun keji beling secara efektif menurunkan kadar gula darah hingga normal. Ini cocok untuk terapi diabetes tipe dua maupun tipe satu.

Baca Juga : Manfaat Daun Salam Untuk Mengatasi Diabetes

7. Menambah Stamina

Sering merasa lesu karena pekerjaan yang menumpuk? Kini saatnya mencoba meramu manfaat daun keji beling sebagai obat kuat peningkat stamina. Minum daun pecah kaca ini dapat menjadi alternatif, di kala bosan minum jamu-jamuan rempah.

Dari berbagai manfaat daun keji beling di atas, sudah saatnya mencobanya dari sekarang! Semoga saja berbagai penyakit bisa hilang sampai tuntas. Selain itu, daun ini pun menambah referensi mengenai daun apa saja yang memiliki efek baik untuk pengobatan herbal.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.