Kandungan Kangkung Dan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Sayuran hijau yang bernama lati Ipomoea aquatica ini sangat mudah dijumpai di sekitar rumah. Jenis kangkung yang paling banyak ditemukan adalah kangkung air atau yang lebih dikenal dengan kangkung saja adalah salah satu sayuran hijau yang harganya sangat terjangkau. Kangkung biasanya diolah menjadi sayur tumis.

Kangkung sebenarnya berasal dari daratan India yang kemudian menyebar ke wilayah Asia, Australia, dan juga Afrika. Kangkung ditanam di tanah yang basah seperti rawa-rawa atau lumpur. Kangkung sangat cepat tumbuh. Hanya dalam waktu enam minggu kangkung sudah bisa dipanen.

Kangkung mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Zat-zat tersebut antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan zat besi dalam kangkung tergolong cukup tinggi yaitu mencapai 2,5 mg tiap 100 gram kangkung.

Kangkung ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Beberapa manfaat mengonsumsi kangkung antara lain sebagai berikut.

Kandungan Kangkung Dan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Mengobati mimisan

Kangkung mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi ini berfungsi dalam regenerasi sel darah. Kandungan kangkung ini mampu mengatasi mimisan yang biasanya terjadi pada anak-anak. Cara mengonsumsi kangkung untuk mengobati mimisan sangat mudah, ambil daun kangkung secukupnya kemudian cuci sampai bersih dan tumbuk sampai halus. Setelah itu, seduh dengan air panas. Untuk menambah rasa, bisa menggunakan gula aren.

2. Mencegah anemia

Zat besi yang dimiliki oleh kangkung juga mampu mencegah penyakit anemia. Anemia terjadi akibat tubuh tidak mampu memproduksi sel darah merah yang cukup. Ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah diakibatkan karena tubuh kekurangan zat besi yang digunakan untuk meregenerasi sel darah merah. Mengonsumsi kangkung dapat memenuhi kebutuhan asupan zat besi tubuh.

3. Menyembuhkan sariawan dan gusi berdarah

Kangkung mengandung vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh. Sariawan dan gusi berdarah terjadi akibat tubuh kekurangan asupan vitamin C. Mengonsumsi kangkung secara rutin mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit sariawan dan gusi berdarah.

4. Mengatasi sembelit

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam kangkung mampu memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh sehingga sistem pencernaan menjadi lancar. Penyakit sembelit tidak akan menyerang.

5. Mencegah penyakit kuning

Penyakit kuning ditandai oleh warna kulit, mata, serta lidah berubah menjadi kuning. Penyakit ini diakibatkan kerusakan fungsi hati. Kangkung dipercaya mampu mencegah penyakit kuning. Ekstrak kangkung dipercaya mampu memperbaiki fungsi hati karena kangkung mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

6. Mengobati wasir atau ambeien

Bagian kangkung yang dapat digunakan untuk mengobati wasir atau ambeien ini adalah bagian akar tumbuhannya. Akar kangkung dipercaya sebagai obat tradisional yang mampu mengobati penyakit wasir ini. Cara mengonsumsi akar kangkung sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit wasir cukup mudah. Pertama-tama, ambil segenggam akar kangkung kemudian rebus menggunakan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring rebusan tersebut sehingga didapat airnya. Minum sebanyak 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

7. Menjaga kesehatan mata

Kangkung mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat mengganggu kesehatan mata sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Mengonsumsi kangkung secara rutin mampu mengurangi risiko kerusakan pada mata.

8. Menjaga kesehatan jantung

Radikal bebas yang terserap oleh tubuh dapat menyebabkan kolesterol mengalami oksidasi. Apabila kolesterol yang teroksidasi berada di dalam pembuluh darah, maka dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh arteri. Hal ini adalah penyebab terjadinya serangan jantung ataupun stroke. Kangkung mengandung vitamin C dan beta-karoten yang bersifat antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, magnesium yang terkandung dalam kangkung juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga memperkecil risiko penyakit darah tinggi yang berpotensi pada penyakit jantung.

9. Mengurangi nyeri saat haid

Kangkung dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri saat haid. Cara mengonsumsi kangkung ini sangat mudah. Caranya yaitu dengan menumbuk daun kangkung sampai halus kemudian diseduh dengan setengah gelas air panas. Bisa menambahkan madu untuk menambah cita rasa. Konsumsi sebanyak sekali setiap hari secara rutin saat haid.

Kangkung memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Tidak ada salahnya mengonsumsi kangkung secara rutin untuk mencegah penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.