Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya
5/5 (1)

Mengonsumsi buah memang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Buah mengandung berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak terkecuali dengan buah melon, yang memiliki nama latin Cucumis melo, yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah ini sangat mudah ditemukan di pasar swalayan ataupun di pasar tradisional. Melon juga mudah ditemukan di penjual buah-buahan yang ada di pinggir jalan.

Buah melon mengandung vitamin C yang cukup tinggi yaitu 36,7 mg tiap 100 gram buah melon. Vitamin C ini penting bagi tubuh karena bersifat antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh terutama untuk menangkal radikal bebas. Selain vitamin C, melon juga mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin B6, serta vitamin B12. Tak hanya vitamin yang terkadung dalam buah yang satu ini, terdapat beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya Natrium, Kalium, Zat besi, dan juga Magnesium. Melon juga aman dikonsumsi oleh semua orang, termasuk orang yang memiliki masalah dengan kolestrol, karena buah ini tidak mengandung kolestrol dan hanya mengandung 0,2 mg lemak tiap 100 gramnya.

Apa saja manfaat dari buah ini ?

Khasiat Buah Melon Untuk Tubuh Manusia

  1. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Buah melon mengandung karotenoid yang sangat tinggi. Kandungan karotenoid ini yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker. Karotenoid mampu membunuh bibit-bibit kanker yang akan menyerang tubuh. Sehingga, mengonsumsi buah melon dapat menurunkan risiko terserang kanker seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Stroke Dan Jantung

Kandungan antikoagulan, sering disebut adenosine, yang terdapat dalam buah melon dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Penggumpalan darah inilah yang menjadi penyebab dari penyakit stroke dan jantung. Sehingga, mengonsumsi buah melon dapat mencegah penyakit stroke dan jantung.

  1. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes

Mengonsumsi buah melon sebagai cemilan jauh lebih baik daripada mengonsumsi manisan. Buah melon mengandung kadar gula alami dan air. Gula alami ini mudah diserap oleh tubuh sehingga risiko terserang diabetes menjadi lebih kecil.

  1. Dapat Meredakan Panas Dalam

Kandungan air dalam buah melon sangat tinggi. Air yang terkandung dalam buah melon sekitar 95% dan memberikan efek yang menyejukkan. Kandungan yang tinggi inilah yang menyebabkan mengonsumsi buah melon dengan rutin dapat meredakan penyakit panas dalam. Jauh lebih baik mengonsumsi buah melon untuk meredakan penyakit panas dalam daripada mengonsumsi air putih atau obat pereda panas dalam yang dijual dipasaran.

  1. Membantu Proses Pencernaan

Selain kandungan air yang mencapai 95%, buah melon juga mengandung serat pangan yang cukup tinggi, yaitu 0,9 gram untuk setiap 100 gram buah melon. Dua kandungan ini yang dapat membantu proses penceranaan. Mengonsumsi buah melon secara rutin dapat mencegah terjadinya sembelit. Selain mencegah sembelit, buah melon juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat menurunkan kadar asam lambung sehingga cocok untuk terapi penyembuhan penyakit maag.

Selain segudang manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah melon, juga terdapat efek samping atau efek yang tidak sehat bagi tubuh apabila mengonsumsi buah melon dengan tidak tepat. Efek sampingnya adalah sebagai berikut.

Efek Samping Buah Melon Bagi Kesehatan

Dapat Menyebabkan Penyakit Diabetes

Mengapa dapat menyebabkan penyakit diabetes? Padahal salah satu manfaatnya adalah menurunkan risiko penyakit diabetes? Hal ini disebabkan kadar gula alami yang terkandung dalam buah melon sangat tinggi. Dari 100 gram buah melon terdapat 0,9 gram gula alami. Apabila mengonsumsi secara berlebihan tentu saja dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Jadi, konsumsilah buah melon secukupnya.

Buah Cucumis melo ini sangat baik bagi tubuh. Kandungan vitamin, mineral, dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh tergolong tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsi buah melon secara rutin sangat dianjurkan. Akan tetapi, harus sesuai dengan porsi yang pas, karena sesuatu yang berlebihan mendatangkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Salah satunya apabila mengonsumsi buah melon secara tepat maka dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. Sedangkan apabila mengonsumsi buah melon berlebihan justru dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes karena melon mengandung kadar gula yang tinggi.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.