Home Pengetahuan Alam Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Buah Semangka

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Buah Semangka

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Buah Semangka

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Buah Semangka – Bagaimana kabar anda hari ini? semoga anda semua sehat selalu karna pada artikel kali ini admin akan berbagi info menarik seputar kesehatan yang jarang orang ketahui tentang manfaat dan bahayanya dari buah semangka. Pada dasarnya buah semangka adalah buah yang segar, manis dan enak dijadikan sebagai makanan penutup. Selain itu, semangka mempunyaiΒ  ukuran yang besar hingga mencapai berat 4 kg. Ada dua jenis daging semangka diindonesia yaitu dengan daging yang berwarna merah dan kuning.

Oke setelah membahas sedikit tentang buah semangka langsung saja ke inti dari artikel ini yaitu manfaat dan bahaya pada buah semangka.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan :

1. Menyehatkan Mata

Buah semnagka kaya akan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan dan mempertajam penglihatan mata kita sehingga tidak mudah melemahkan fungsi-fungsi pada organ mata. Dimana rutinitas harian kita yang berada di depan PC, komputer, handphone dll akan melemahkan fungsi-fungsi pada organ mata. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila semangka atau buah lain yang mengandung banyak vitamin A seperti jeruk, wortel dll dijadikan sebagai cemilan disaat anda bekerja atau mengerjakan tugas di depan komputer atau handphone yang membutuhkan waktu yang lama.

2. Mencegah Stroke dan Tekanan Darah Tinggi

Buah semangka juga mengandung banyak kalium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu juga buah semangka memiliki kandungan karetenoid yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya pergeseran pada dinding arteri dan pembuluh darah vena. Akibatnya dapat menurunkan resiko terjadinya hiportensi atau tekanan darah tinggi.

3. Mencegah Asma

Bagi anda yang mempunyai keluhan penyakit asma, sangat baik mengkonsumsi buah semangka secara teratur. Ini diKarnakan, buah semangka dapat mengurangi adanya penyempitan saluran pernapasan.

4. Mencegah Sariawan

Sariawan merupakan gangguan yang muncul pada bagian selaput berupa luka berwarna putih kekuning-kuningan. Semua orang pasti pernah mengalami penyakit sariawan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, tak banyak yang tahu bahwa semangka dapat mencegah dan menetralisir sariawan. Itu dikarenakan,Β buah semangka mengandung banyak kandungan air dan viitamin sehingga dapat membunuh bakteri jahat yang berada di dalam mulut manusia.

5. Menyehatkan Jantung dan ginjal

Buah semangka mengandung banyak sekali likogen yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung di dalam tubuh manusia serta dapat memperlancar aliran urine sehingga dapat menyehatkan jantung dan ginjal.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah semangka mengandung vitamin C bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. dengan vitamin C yang mencukupi, buah semangka sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit terutama saat kondisi cuaca yang tidak menentu.

7. Memperkuat tulang dan persendian

Mengkonsumsi buah semangka juga, dapat memperkuat tulang dan persendian. Karena buah semangka mengandung banyak kandungan kalium yang bermanfaat untuk mempertahankan zat kalsium dalam tubuh. dimana zat kalsium tersebut dapat memperkuat tulang dan persendian sehingga dapat mencegah penyakit-penyakit tulang dan persendian seperti
osteoporosis.

8. Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi buah-buahan adalah salah satu cara sehat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan dan ada beberapa buah yang sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan salah satunya adalah buah semangka. Banyak orang berangggapan bahwa buah semangka tidak bisa menurunkan berat badan karena rasanya yang manis sehingga memiliki kandungan gula yang tinggi. Padahal itu salah besar, kenapa?. Itu dakarenakan di dalam buah semangka mengandung sedikit sekali lemak dan kalori karna 100 gram semangka Cuma memiliki 30 kalori. Selain itu juga, saat anda beraktifitas dengan menggunakan banyak tenaga minum banyak air membuat anda semakin kembung dan perut anda akan terlihat besar. Alternatifnya adalah mengkonsumsi buah semangka karna semangka dapat manangani dehidrasi dalam tubuh. Selain itu juga, semangka memiliki serat dapat memperlambat pencernaan dan membuat perut tetap kenyang.

Setelah anda mengetahui banyak manfaat dari buah semangka, berikut adalah bahaya dari buah semangka.

Bahaya Buah Semangka Bagi Tubuh :

1. Sakit Perut

Akibat mengkonsumsi buah semangka dalam jumlah besar mengakibatkan sakit perut dan diare. Ini dikarenakan, banyaknya mengkonsumsi likogen pada semangka yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Untuk mengkonsumsi likogen yang terbaik adalah sebanyak kurang dari 30 mg setiap harinya. Jika lebih, otommatis akan rentan berpotensi terkena penyakit diare, mual, kembung dan rusaknya pencernaa.

2.Β Tejadi Hiperkaleimia

Hiperkalemia merupakan penyakitnya yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar kalium dalam darah. Akibatnya, bisa menyebabkan jantung berdenyut tidak teratur dan menggangu fungsi kontrol otot tubuh yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Jadi bagi para pecinta semangka, sebaiknya makan buah semangka sewajarnya saja tidak terlalu banyak.

3. Meningkatnya gula darah

Dimana sering kita ketahui daging buah semangka manis dan segar. Itu dikarenakan kandungan gula pada buah semangka lumayan tinggi. Namun, bagi anda yang memiliki penyakit diabetes tidak perlu takut untuk makan buah semangka. Karna, kandungan gula pada buah semangka tidak derlalu banyak.

No ratings yet.

Please rate this