Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh

Fakta Air Kelapa Hijau Bagi Tubuh Manusia – Air Kelapa adalah cairan yang terdapat dalam buah kelapa biasanya memiliki rasa yang Manis dan Segar. Air Kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.Β  Air kelapa memiliki sedikit kadar gula yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan beberapa jus buah lainnya tapi tidak bebas kalori seperti air biasa.

Air kelapa biasa dijadikan sebagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak saat ingin mencari minuman segar yang tidak begitu manis. Tapi jangan berlebihan, menurut Lilian Cheung, DSc, dari Harvard School of Public Health. “Satu buah kelapa berukuran 11 ons mengandung 60 kalori, dan jika Anda minum beberapa dalam satu hari, kalori bisa bertambah dengan cepat”.

Beberapa Manfaat dan Fakta Air Kelapa :

Mengandung Banyak Nutrisi Yang Diperlukan Tubuh

NutrisiAir kelapa adalah cairan yang berada didalam buah kelapa. Pada dasarnya air kelapa berfungsi sebagai nutrisi untuk buah kelapa. Saat kelapa sudah tua dan matang, beberapa air kelapa tetap dalam bentuk cair, sedangkan sisanya dipecah menjadi daging putih padat yang dikenal sebagai daging kelapa.

Air kelapa diproduksi secara alami di buah dan mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak. Santan yang biasanya diguakan pada makanan dibuat dengan menambahkan air ke parutan daging kelapa dicampurkan dan diremas. hal tersebut akan membuat air tersebut berisi sekitar 50% air dan sangat tinggi lemak kelapa.

Kelapa membutuhkan waktu 10-12 bulan untuk matang sepenuhnya. Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda sekitar 6-7 bulan, meski terkadang juga bisa ditemukan pada buah kelapa yang sudah matang. Rata-rata kelapa hijau menyediakan sekitar 0,5-1 cangkir air kelapa. Satu cangkir (240 gram) mengandung 46 kalori. Air pada kelapa muda merupakan sumber serat, vitamin C, beberapa mineral penting dan Nutrisi yang baik untuk tubuh manusia.

Baca Juga :  Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Apakah Mengandung Antioksidan ?

Apakah Mengandung Antioksidan ?Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dihasilkan dalam sel-sel manusia pada saat proses metabolisme tubuh. Produksi tersebut mulai meningkat pada saat tubuh mengalami cedera atau stres. Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh dikatakan dalam keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit. Penelitian pada hewan yang terkena racun telah menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan, memodifikasi radikal sehingga hal tersebut membuat radikal bebas dalam tubuh teratasi.

dalam sebuah studi, tikus yang diberi diet tinggi-fruktosa dan kemudian dirawat dengan air kelapa menunjukan penurunan aktivitas radikal bebas, tekanan darah dan trigliserida. Sejauh ini, ada penelitian telah menyelidiki aktivitas antioksidan ini pada manusia. Air kelapa mengandung antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas merusak.

Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Air Kelapa?

Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Air Kelapa?Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian, tikusΒ  yang memiliki penyakit diabetes diobati dengan air kelapa mampu mempertahankan kadar gula darah lebih baik dibandingkan tikus diabetes lainnya. Namun, penelitian terkontrol perlu mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

Meski begitu, dengan tiga gram serat dan kandungan karbohidrat yang bisa dicerna hanya enam gram per cangkir. Selain itu, ini adalah sumber magnesium yang baik, yang telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan pradiabetes. Tentunya bagi penderita diabetes hanya boleh minum secukupnya dan tidak boleh minum air kelapa berlebihan.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah TinggiAir kelapa diklaim sebagai minuman sehat jantung karena kandungan kaliumnya. Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi (tekanan darah tinggi) dengan menangkal efek sodium yang bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

Baca Juga :  Pengertian Periodisasi dan Contohnya

Namun, ada banyak buah dan sayuran yang mengandung potasium tinggi yang juga mengandung serat, vitamin dan mineral. Makanan kaya potasium termasuk pisang, aprikot, sayuran hijau dan buah jeruk, sedangkan potasium bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Meminum banyak air kelapa bukanlah hal yang baik, Diet seimbang dan bervariasi tinggi buah dan sayuran sudah cukup.

 

Bagaimana Cara Memilih Air Kelapa Yang Paling Sehat?

Air kelapa yaitu minuman yang relatif rendah kalori dengan kadar gula jauh lebih sedikit dibandingkan minuman ringan atau bersoda. Air kelapa alami yang didapatkan secara langsung dari buah kelapa merupakan pilihan terbaik untuk diminum. Air Kelapa dalam botol, kaleng dan karton dalam berbagai macam kemasan buatan pabrik umumnya telah diproses dengan diolah untuk memperpanjang umur simpannya (masa kadaluarsa / experied). Selalu periksa labelnya dan cari air kelapa murni, hindari varian rasa karena kebanyakan cenderung memiliki kandungan gula lebih tinggi dan tentunya kalori juga akan lebih tinggi.

Previous articleUstadz Yang Terkenal Terpopuler di Indonesia 2020
Next articleKumpulan Game Edukasi Anak Paud APK Android