Daun Sirsak
No ratings yet.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Bagi Tubuh Manusia – Buah sirsak merupakan buah yang selalu menjadi favorit diberbagai kalangan. Buah ini memiliki nama yang unik dan berbeda disetiap tempat di Indonesia, ada yang menyebutnya dengan sebutan nangka, nangka belanda, nangka buris, dan lain-lain. Ternyata, selain daging buah nya yang enak, daun sirsak juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, khususnya pengobatan tradisional.

Untuk dapat mengolah daun sirsak sebagai obat tradisional, biasanya daun ini direbus terlebih dahulu. Cara merebus daun sirsak juga tidak sulit, hanya dengan mengumpulkan beberapa daun sirsak, kemudian memasukannya dalam air mendidih yang sedang dimasak, tunggu beberapa menit hingga kandungan dalam daunnya sudah bercampur dengan air, tuangkan dalam gelas, kemudian minum secara rutin.

Artikel Terkait : Manfaat dan khasiat Jus Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Bagi Tubuh Manusia :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Kolesterol JahatDaun sirsak diyakini dapat membantu pertumbuhan kolesterol karena memiliki antioksidan yang tinggi seperti senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Kandungan ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar lemak baik. Antioksidan ini memiliki fungsi untuk mengontrol dan menstabilkan kolesterol dalam tubuh sehingga darah dapat mengalir lebih lancar pada peredaran darah. Cara untuk mengkonsumsi daun sirsak ini bukan dengan langsung di makan.

Baca Juga : Manafaat Bawang Putih Mengurangi Kolesterol Jahat

2. Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Wajah BersihDaun sirsak juga berperan dalam soal Kecantikan dan Kebersihan Wajah pria dan wanita, salah satunya adalah menghilangkan flek hitam pada wajah. Flek hitam yang berupa noda hitam yang menempel di wajah tentunya seakan menjadi mimpi buruk bagi berbagai kalangan khususnya wanita. Kini, membersihkan flek hitam tidak perlu mahal-hala dengan menggunakan serum, daun sirsak yang dijadikan masker pada wajah diyakini dapat mengatasi hal tersebut

3. Menghilangkan Komedo pada Wajah

KomedoKomedo adalah kotoran kecil pada wajah yang dapat menyebabkan wajah menjadi kasar, kusam, dan terlihat berbintik. Penggunaan masker daun sirsak dipercaya dapat menyembuhkan komedo secara alami, hal itu dikarenakan kandungan gizi dalam daun sirsak yang bagus untuk kulit

4. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Air Kelapa?Penyakit diabetes merupakan mimpi buruk bagi semua orang, daun sirsak ternyata dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan diabetes. Hanya dengan mengkonsumsi ekstrak daun sirsak setiap hari, anda sudah bisa mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

Baca Juga : Bolehkah Penderita Diabetes Minum Air Kelapa ?

5. Membuat Awet Muda

Dewi Sandra Model Wanita Hijab IndonesiaJika pengobatan komedo dan flek hitam mengharuskan untuk membuat masker daun sirsak, berbeda dengan yang satu ini. Daun sirsak akan memberikan efek mengurangi penuaan dini hanya dengan meminum rebusan daun sirsak secara rutin. Namun, perlu diperhatikan, jangan sampai rebusan daun sirsak ini dikonsumsi oleh ibu hamil karena akan memberikan efek samping tertent.

6. Mengobati Asam Urat

Menurunkan Asam UratDaun sirsak ternyata dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Adanya kandungan berupa acetogenin, annocatalin, asam gentisic, asam linoleate, dan annomuricin caclourin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh sehingga menurunkan kadar asam urat.

7. Meningkatkan Kesuburan

Meningkatkan jumlah spermaBagi para pria, mengkonsumsi daun sirsak dapat meningkatkan produksi jumlah sperma dalam testis. Tidak hanya itu, daun sirsak juga dapat memperkuat rahim bagi wanita. Namun harus selalu diingat, konsumsilah dengan dosis yang wajar, jangan berlebihan.

Baca Juga : Buah Semangka Mampu Meningkatkan Jumlah Sperma

8. Mengobati Kista

Mis VSiapa sangka ternyata daun sirsak ini dapat mengobati tumor jinak berupa kista pada ovarium. Pengobatan tradisional ini sudah mulai dilakukan sejak zaman nenek moyang kita. Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin di pagi hari akan memberikan efek maksimal dalam pengobatan kista ini.

9. Menghilangkan Jerawat

JerawatSatu lagi khasiat Daun sirsak untuk kesehatan yang berhubungan dengan kecantikan dan kebersihan wajah, yaitu menghilangkan jerawat secara alami. Seperti penggunaanya dalam flek hitam dan komedo, hanya dengan membuat masker tradisional dan memakaikannya secara rutin pada wajah dapat menghilangkan jerawat secara perlahan.

Daun sirsak memang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan benar. Namun, dibalik hal itu, anda juga harus mengetahui beberapa efek samping yang dapat timbul dari konsumsi secara berlebihan. Efek samping Daun Sirsak yang paling parah adalah terkenanya penyakit parkinson, meningkatkan asam lambung, membahayakan ibu hamil dan menyusui, susah buang air besar, nyeri sendi dan otot, memaksa kinerja ginjal, dan menurunkan fungsi hati pada tubuh.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.