Manfaat Semangka Merah Dan Kuning Untuk Tubuh

Manfaat Semangka Merah Dan Kuning Untuk Tubuh – Buah semangka tergolong jenis buah yang banyak digemari oleh masyarakat, baik yang muda sampai yang sudah berumur. Selain karena rasanya yang enak, hal itu juga disebabkan karena buah semangka memiliki banyak kandungan vitamin, nutrisi, serta mudah untuk dicerna oleh tubuh. Bahkan, tidak hanya dagingnya saja, ternyata bijinya pun memiliki beberapa kandungan nutrisi dan vitamin.

Ragam Gizi dan Khasiat Semangka Merah dan Kuning Untuk Tubuh

Buah semangka ini tidak hanya satu jenis saja, namun juga banyak jenisnya. Beberapa jenis buah semangka yang biasanya dijual di pasaran adalah buang yang warnanya merah dan kuning. Kedua jenis buah tersebut memiliki kandungan gizi yang berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh, diantaranya sebagai berikut.

Khasiat Semangka Merah Dan Kuning Bagi Kesehatan Tubuh Manusia :

1. Baik untuk Diet

Cara Diet Alami Dan Cepat Tanpa Olahraga
source : indiatvnews .com

Menjalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi semangka kuning dan merah sudah menjadi buah bibir yang sering dibicarakan oleh berbagai kalangan, konon dengan mengkonsumsi semangka secara rutin akan memudahkan anda dalam menjalankan diet dengan waktu yang singkat karena semangka mengandung serat tinggi dan berperan dalam melancarkan proses pencernaan. Buah semangka aman bagi penderita diabetes, tetapi tetap harus di batasi dalam mengkonsumsi setiap harinnya.

Baca Juga : Olahraga Jalan Kaki Yang Benar Untuk Diet

2. Mencegah terjadinya peradangan

RadangBuah semangka mengandung senyawa kolin yang berfungsi menjadikan tubuh terasa lebih rilex tanpa beban dan tekanan sehingga kinerja otot akan bekerja secara normal dan maksimal. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya peradangan otot pada organ tubuh sebaiknya anda mengkonsumsi buah semangka merah ataupun kuning.

3. Mencegah Dehidrasi

DehidrasiKarena tingginya kandungan air dalam buah semangka, mengkonsumsi semangka akan mencegah terjadinya dehidrasi. Kandungan air dalam buah ini akan membasahi rongga mulut dan masuk ke dalam pencernaan. Air dalam semangka juga berperan aktif dalam melancarkan proses pencernaan dan melembabkan kulit.

4. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan diniAdanya kandungan likopen, vitamin C, dan vitamin A pada buah semangka dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk kulit. Dengan mengkonsumsi buah semangka secara teratur, anda bisa mencegah penuaan dini pada kulit dan lebih mempunyai kulit yang lebih sehat.

5. Meningkatkan kinerja seksual

Kumpulan Obat Tradisional Susah Tidur Ampuh dan AmanBerbagai macam khasiat yang terkandung dalam semangka kuning dan merah ternyata memiliki khasiat untuk kinerja seksual pada pria. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sitrulin yang cukup tinggi sehingga akan meningkatkan produksi nitrit oksida yang berperan dalam meningkatkan kinerja seksual pria. Jadi, tidak perlu membeli obat herbal atau jamu untuk meningkatkan kinerja seksual, hanya dengan mengkonsumsi buah semangka saja sudah cukup.

6. Meningkatkan jumlah sperma

Meningkatkan jumlah spermaBuah yang dapat ditemukan secara mudah dengan harga yang ekonomis ini ternyata memiliki khasiat yang sangat beragam, salah satunya untuk kesuburan pria. Buah semangka ini mengandung sekitar 15-20 mg likopen yang memiliki khasiat untuk melawan sel kanker dan dapat meningkatkan jumlah sperma sampai dengan 67%. Menurut peneliti dari Texas A&M University memakan semagka dalam jumlah yang sangat banyak akan menimbulkan Efek Samping yang menyebabkan disfungsi ereksi sebagaimana obat obat sildenafil.

Baca Juga : Daun Sirsak Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kesuburan

7. Mencegah Sariawan

SariawanSariawan merupakan suatu penyakit yang ditimbulkan dari bakteri pada rongga mulut. Buah semangka merah dan kuning mengandung vitamin C sama halnya dengan buah jeruk dan lemon sehingga dapat membantu mencegah dan mengobati sariawan. Vitamin C nantinya akan mengurangi dan membasmi bakteri yang berkembangbiak pada mulut.

8. Mencegah Hipertensi dan Stroke

StrokeBuah semangka mempunyai kandungan karetenoid yang dapat mencegah penyakit hipertensi yang berujung pada stroke. Karetenoid akan mencegah pengerasan khususnya di dinding ateri dan vena. Tidak hanya itu saja, kandungan kalium didalam buah ini berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

9. Kesehatan Ginjal

Ginjal ManusiaGinjal merupakan suatu organ tubuh yang sangat penting dan wajib dijaga. Untuk menjaga kesehatan ginjal, ternyata tidak hanya dengan mengkonsumsi air putih saja, dibutuhkan asupan lainnya seperti buah semangka. Buah semangka yang mengandung kalium dapat membersihkan zat yang beracun sehingga kinerja ginjal akan menjadi lebih baik, kalium juga dapat mencegah terbentuknya penyakit batu ginjal.

10. Mencegah Nyeri Otot

Nyeri OtotBuah semangka sangat cocok dikonsumsi oleh para atlet yang sering mengalami nyeri otot. Adanya kandungan asam amino L-citrulline dalam buah semangka ini dapat memulihkan nyeri otot setelah melakukan olahraga. Tidak hanya untuk para atlet saja, khasiat buah semangka yang ini juga dapat dirasakan oleh semua kalangan.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.