Teh Hijau Nikmat

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Manusia – Teh merupakan salah satu minuman wajib bagi kebanyakan orang Indonesia. Biasanya teh diminum di pagi hari menjelang aktivitas untuk menambah stamina atau energi bagi seseorang. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia, maka tak heran jika minuman teh seolah-olah menjadi minuman wajib yang selalu ada dalam rumah atau restoran makan. Ada banyak sekali jenis-jenis teh, salah satunya adalah teh hijau.

Khasiat Teh Hijau Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Teh hijau atau Green Tea tidak hanya populer di Indonesia saja, namun juga populer di seluruh dunia. Berbagai produk makanan sudah banyak menggunakan teh hijau, bahkan penelitian banyak yang menyebutkan bahwa teh hijau adalah teh yang lebih sehat dibanding teh biasa karena minim kafein didalamnya. Selain itu, teh hijau juga lebih banyak mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan dan anti karsinogenik untuk tubuh. Berikut beberapa khasiat yang diberikan dari teh hijau, antara lain.

Baca Juga : Efek Samping Minum Teh Hijau Berlebihan

Khasiat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Manusia :

1. Menurunkan Berat Badan dan Metabolisme Tubuh

Cara Diet Alami Dan Cepat Tanpa Olahraga

Teh hijau dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme pada tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan alami di dalamnya dianggap sepuluh kali lebih banyak daripada buah dan sayuran sehingga akan membantu pembakaran lemak di dalam tubuh hingga 80 kalori per hari dan cocok untuk yang sedang menjalankan program diet.

Baja Juga : Olahraga Jalan Kaki Yang Benar Untuk Diet

2. Mengobati Eksim dan Jerawat

Mengobati Eksim dan JerawatSaat ini teh hijau tidak hanya digunakan untuk dikonsumsi, melainkan juga digunakan dalam kecantikan. Buktinya, saat ini banyak produk olahan kosmetik yang menggunakan campuran atau ekstrak teh hijau, seperti facial foam, pelembab, milk cleanser, dan face tonic. Teh hijau dianggap mampu mengobati dan mencegah jerawat pada wajah. Selain itu, teh hijau juga mampu mengatasi peradangan seperti melepuh atau gelembung kecil yang berisi cairan.

Baca Juga : Efek Samping Daun Salam Dapat Memicu Eksim

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Kanker

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan KankerKandungan antioksidan yang terdapat di dalam Teh Hijau dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh karena dapat mengakibatkan kanker, penggumpalan darah, jantung, hingga kerusakan DNA.

Taukah Kamu : Buah Naga Bermanfaat Untuk Mencegah Kanker Lho

4. Pencegahan Kanker Kulit

VirusSebelum terkena kanker kulit, alangkah baiknya jika kita melakukan antisipasi dari awal. Teh hijau mempunyai senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) yang menurut penelitian akan membuat 40% tumor dalam tubuh hilang. Beberapa peneliti juga menyimpulkan adanya kandungan ini dalam ekstrak teh hijau dapat mengobati kanker kulit.

5. Mengurangi alergi

Mengatasi gatal karena gigitan nyamukAdanya EGCG atau epigallocatechin gallate yang ditemukan di dalam teh hijau mampu menghasilkan histamin dan imunoglobulin. Kedua kandungan tersebut mampu menghasilkan respon baik terhadap alergi dan membantu menghentikan alergi pada tubuh manusia.

6. Meningkatkan imunitas

Sebagai kekebalan tubuhDengan adanya kandungan antioksidan dan flavonoid pada teh hijau, sistem kekebalan tubuh atau imun akan meningkat. Namun tentunya tubuh yang sehat tidak hanya membutuhkan asupan teh hijau saja, tapi juga harus diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Baca Juga : Manfaat Kol Ungu Sebagai Penambah Kekebalan Tubuh

7. Mampu Membersihkan Gigi

Gigi ManusiaKarena kandungan fluourida yang dimiliki akan dapat melindungi gigi dari racun sehingga gigi menjadi bersih dan mengkonsumsi ekstrak teh hijau secara rutin juga akan membuat nafas terasa segar. Kebersihan gigi itu sangat penting karena sekarang ini yang termasuk dalam kategori kecantikan itu tidak hanya tubuh dan wajah saja, namun gigi juga berperan penting.

8. Mencegah osteoporosis

Tulang Belakang ManusiaOsteoporosis merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Namun, dengan adanya teh hijau yang dikonsumsi, kandungan fluoride didalamnya akan membantu menjaga tulang dan mengurangi kemungkinan terjangkit osteoporosis.

Baca Juga : Apa Benar Ketela Bermanfaat Menjaga Kesehatan Tulang ?

9. Awet Muda

Dewi Sandra Model Wanita Hijab IndonesiaAdanya kandungan antiosidan, Vitamin E, dan Vitamin C mampu membuat pengkonsumsi Teh Hijau terlihat lebih awet muda khususnya pada wajah. Tentunya hal ini selalu menjadi hal yang didamba-dambakan semua orang bukan? Kandungan vitamin C juga ternyata tidak hanya dapat memerangi sariawan saja, namun dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan kulit cerah.

Baca Juga : Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Penuaan Dini

Selain terbukti memberikan banyak manfaat, teh hijau juga sedang trend di era kini, dimana anak-anak kekinian lebih menyebutnya β€œgreen tea”. Bahkan beberapa kafe atau restoran banyak yang menyajikan makanan dengan tema serba β€œgreen tea”. Walaupun banyak sekali kelebihan yang diberikan dari teh hijau, anda juga harus tetap bijak untuk mengatur pola pengkonsumsian teh tersebut.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.