Manfaat Daun Salam Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Efek Samping Daun Salam dan Khasiat Untuk Tubuh Manusia – Salam adalah nama pohon yang biasanya digunakan untuk masakan sebagai penyedap karena kandungan rempah didalamnya. Pengembangbiakan salam dapat dilakukan dengan cara cangkok maupun stek. Pemanenan daun salam dilakukan jika warnanya sudah tua dan dipetik secara acak pada rantingnya untuk kemudian dilakukan pelayuan pada daun ini pada suhu kurang lebih 270C.

Salam tergolong kedalam jenis tanaman multifungsi karena daun, ranting, dan buahnya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Daun salam dapat digunakan sebagai bumbu penyedap dan obat tradisional, kayu nya dapat digunakan sebagai anyaman bambu atau jala, buah salam dapat dikonsumsi. Tanaman salam ini memiliki banyak khasiat dan juga efek samping, untuk memahaminya lebih jelas, langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

Berbagai Manfaat Daun Salam :

1. Bumbu Penyedap

Makan Ikan KuahSejak zaman dahulu, salam dikenal manfaatnya sebagai bahan bumbu penyedap masakan baik itu sayur maupun nasi uduk. Daun salam segar ataupun daun salam kering akan memberikan aroma sedap pada masakan dengan aroma yang tidak terlalu menyengat.

2. Anti Jamur dan Anti Bakteri

VirusAdanya kandungan eugenol, metil kavikol, ekstrak etanol didalam daun salam ini dapat berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri sehingga mengkonsumsi daun salam dengan dosis tertentu dipercaya dapat menghindarkan tubuh dari bakteri yang membandel.

3. Obat Sakit Perut

Sakit PerutJangan khawatir jika anda merasakan sakit perut yang mendadak. Adanya kandungan minyak atsiri, tinnin, dan flavonoida dalam daun salam dapat berfungsi sebagai obat sakit perut dan diare berlebih. Ekstrak methanol yang terkandung dalam daun salam juga ternyata dapat berfungsi sebagai anticacing.

4. Mengatasi diabetes

DiabetesSiapa sangka ternyata daun salam ini juga memberikan kontribusi mengatasi diabetes dalam tubuh. Daun salam dapat menurunkan kadar gula dalam darah khususnya untuk diabetes. Menurut penelitian, diabetes akan sembuh secara berangsur dan alami ketika kadar gula dalam darah dikurangi. Tidak hanya itu saja, daun salam juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembusukan luka pada penderita.

Baca Juga : Bolehkah Penderita Diabetes Makan Semangka ?

5. Menurunkan Asam Urat

Menurunkan Asam UratJika asam urat sudah kambuh, maka akan menimbulkan rasa nyeri yang sangat tidak enak. Asam urat dapat disebabkan karena kandungan purin yang meningkat drastis dalam tubuh. Daun salam dapat digunakan sebagai obat tradisional yang nantinya akan menurunkan kandungan purin tersebut.

6. Meredakan Maag

Penceranaan Manusia LambungMaag atau radang pada dinding lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daun salam. Hanya dengan merebusnya dengan air saja, anda sudah bisa membuat ramuan tradisional untuk meredakan maag.

Baca Juga : Bahaya Efek Samping Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai Efek Samping Daun Salam

Selain berbagai manfaat baik untuk masakan dan pengobatan, terlalu banyak mengkonsumsi salam juga kurang baik untuk kesehatan. Berikut adalah efek samping daun salam yang harus anda ketahui :

1. Efek konstipasi

Sakit Perut Pencernaan MulesDaun salam memang digunakan sebagai obat diare seperti yang telah dikatakan diatas, namun mengkonsumsi daun ini secara berlebihan akan memberikan efek samping tertentu, yaitu menyebabkan konstipasi karena ada beberapa kandungan senyawa yang sulit diserap oleh tubuh yang nantinya akan menyebabkan kerja usus menjadi lambat.

2. Eksim

EksimEksim merupakan kelainan kulit yang dicirikan dengan adanya peradangan, bengkak, kemerahan, juga rasa gatal. Pemakaian daun salam pada kulit secara berlebihan akan membuat terpicunya penyakit kulit ini eksim.

3. Gangguan pernafasan

Paru Paru Pernafasan ManusiaTidak semua orang dapat merasakan efek samping daun salam yang satu ini. Senyawa yang terkandung dalam daun salam tergolong tidak aman dikonsumsi bagi penderita asma. Oleh karena itu sebaiknya penderita asma mengurangi penggunaan daun salam baik dalam bumbu dan makanan lainnya.

4. Gangguan pada ibu hamil dan menyusui

hamil tuaPenggunaan daun salam kering kurang baik jika dikonsumsi ibu menyusui yang mudah apalagi yang mengidap alergi. Kandungan daun salam yang berlebih dapat menurunkan kualitas ASI pada ibu menyusui yang nantinya akan memberikan dampak buruk pada anak.

5. Efek ketagihan

Makan MakanPenggunaan daun salam sebagai bumbu dapat memberika efek ketagihan. Jika sudah ketagihan, pastinya selalu ada rasa ingin mengkonsumsinya dengan jumlah yang banyak. Tentu saja hal tersebut merupakan hal yang tidak baik karena mengkonsumsi daun salam secara berlebihan akan mengganggu sistem pencernaan, eksim, gangguan pernafasan, dan lain-lain.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.