Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Tubuh
No ratings yet.

Singkong adalah makanan khas Indonesia yang memiliki segudang manfaat dan dianggap dapat menjadi pengganti nasi karena sama-sama mengandung karbohidrat. Bahkan, di beberapa daerah, singkong bisa menjadi salah satu makanan pokok pengganti nasi. Seiring dengan berkembangnya zaman makanan singkong ini memiliki banyak olahan yang rasanya lezat dan dapat dijadikan salah satu pilihan kuliner yang rasanya beda dari yang lain.

Tapi tahukah anda bahwa bukan singkongnya saja yang memiliki manfaat, tetapi daun singkong juga ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Daun singkong juga sering dijadikan lalapan pada saat kita makan nasi dan lauk, dijamin rasanya enak dan lezat. Selain itu, daun singkong juga bisa diolah kembali menjadi sayuran dicampur santan atau makanan lainnya.

Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Manusia

1. Dapat menyembuhkan penyakit stroke

Ternyata daun singkong bisa menyembuhkan penyakit stroke yang menakutkan itu, pernyataan ini bahkan sudah teruji secara klinis melalui penelitian medis. Karena di dalam daun singkong terdapat kandungan isoflavon yang berguna dalam menyembuhkan penyakit stroke.

Baca Juga :
Memelihara kesehatan jantung Dan Mengatasi Serangan Stroke

2. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh

Bagi anda yang seringkali mudah sakit karena daya tahan tubuh yang tidak stabil cobalah untuk mengkonsumsi daun singkong. Karena daun singkong dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh selalu fit dan tidak mudah lelah. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam daun singkong ini membuat tubuh anda rentan terhadap serangan penyakit.

Baca Juga :
Brokoli Hijau BerkhasiatΒ  Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

3. Baik untuk kesehatan mata

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, daun singkong juga ternyata mengandung vitamin A yang fungsinya baik bagi kesehatan mata kita.

Baca Juga : ManfaatΒ Kangkung Untuk Menjaga Kesehatan Mata

4. Dapat mencegah osteoporosis

Daun singkong juga mengandung fosfor dan kalsium yang sangat baik bagi tulang kita, maka dari itu jika anda ingin mencegah penyakit osteoporosis sedini mungkin seringlah mengkonsumsi daun singkong. Fosfor dan kalsium ini berperan aktif dalam menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga :
Kandungan Kalsium dan magnesium Pada Kol Menjaga Kesehatan Tulang

5. Menyembuhkan luka

Daun singkong kaya akan serat dan zat besi yang fungsinya bisa menyembuhkan luka, mempercepat proses penyembuhan luka, serta mengurangi bekas luka saat luka tersebut sudah membaik.

6. Mencegah penuaan dini

Kebanyakan orang khususnya wanita pasti takut akan menjadi tua, karena kulit akan mengeriput dan tidak enak dilihat. Bagi anda yang ingin mencegah penuaan dini cobalah untuk mengkonsumsi daun singkong dengan teratur, manfaatnya adalah tubuh menjadi awet muda dan anda tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia.

7. Melancarkan metabolisme tubuh

Daun singkong merupakan sumber dari protein nabati, protein nabati ini biasanya mengandung vitamin B yang cukup tinggi. Sehingga daun singkong berguna untuk membangun sel-sel di dalam tubuh yang dapat membentuk enzim. Dengan enzim inilah maka daun singkong bermanfaat dalam membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh.

8. Daun singkong sebagai sumber energi

Jika singkong mengandung karbohidrat yang dapat menjadi alternatif lain selain makan nasi, maka daun singkong juga sebenarnya bisa menjadi sumber energi. Karena protein asam amino essensial yang ada pada daun singkong dapat menghasilkan energi yang fungsinya untuk membuat tubuh tetap kuat saat beraktivitas.

9. Sebagai zat antioksidan

Daun singkong menghasilkan zat antioksidan yang baik dalam mencegah munculnya radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini biasanya menjadi penyebab dari penyakit berbahaya seperti kanker, bahkan radikal bebas juga bisa mengakibatkan penuaan dini.

10. Membantu pembentukan dan regenerasi sel

Asam amino essensial yang terkandung pada daun singkong ini juga bermanfaat dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh. Hal ini merupakan fungsi dasar dari senyawa protein.

11. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalankan proses diet dalam menurunkan berat badan cobalah mengkonsumsi daun singkong. Serat dan protein yang sehat di dalam daun singkong akan menjadi menu diet yang sehat.

12. Baik untuk pencernaan

Pencernaan kita juga tetap harus dijaga dengan baik, konsumsi daun singkong secara rutin akan membantu melancarkan proses pencernaan anda dan pencernaan anda menjadi lebih sehat.

Baca Juga : Manfaat Ketela Untuk Sistem Pencernaan Manusia

13. Menambah darah

Daun singkong dianggap sebagai jenis sayuran penambah darah, maka bagi anda yang sedang kurang darah atau anemia cobalah untuk makan daun singkong baik diolah ataupun menjadi lalapan saja.

Pengobatan tradisional menggunakan daun singkong ini sudah dilakukan oleh nenek moyang kita dari zaman dahulu. Karena banyak sekali tanaman atau jenis sayuran yang manfaatnya banyak untuk kesehatan tubuh, sehingga sudah dari zaman dahulu daun singkong dibuat olahannya untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan. Bahkan daun singkong sering juga dikonsumsi oleh ibu hamil karena bagus juga untuk kesehatan janin di dalam kandungan.

Tetapi ada yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi daun singkong, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebih karena efeknya akan membuat kadar kolesterol meningkat, asam urat meningkat, sakit kepala, bahkan hingga sampai keracunan makanan.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.