Khasiat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Kurma merupakan buah-buahan yang tumbuh subur di daerah gurun pasir yang tandus dan menjadi ciri khas negar timur tengah atau biasa juga disebut dengan negara-negara Arab meliputi Arab Saudi, Pakistan, Iran, Irak, Palestina, Mesir, dan beberapa negara bagian Afrika lainnya. Hingga sekarang, kurma bisa dibilang sudah menjadi makanan pokok yang wajib dikonsumsi oleh orang-orang di negara mayoritas muslim.

Buah yang berasal dari tanaman sejenis palma ini memiliki rasa manis yang khas dengan tekstur padat tapi legit, mempunyai warna cokelat tua untuk kurma yang sudah dikategorikan matang. Pohonnya mirip dengan pohon kelapa atau pohon sawit dengan tangkai-tangkai buah yang menggantung. Kurma tergolong langka dipasaran dan biasanya hanya dijumpai pada musim-musim tertentu saja.

Manfaat kurma bagi kesehatan sangatlah beragam. Kurma memiliki kandungan serat yang sangat tinggi yang nantinya akan berfungsi membantu proses metabolisme tubuh manusia dan berperan dalam pengobatan untuk kesehatan pencernaan seperti sembelit, menguraikan lemak dalam sistemp pencernaan, dan lain-lain.

Adanya kandungan karbohidrat dan tidak terdapatnya kolesterol serta lemak dapat dijadikan alternatif bagi program menurunkan berat badan. Jadi, tidak perlu tersiksa dengan program diet yang tidak jelas. Mengganti konsumsi karbohidrat dengan memakan kurma saja sudah dapat membantu anda yang bermasalah dalam hal berat badan.

Lengkapnya kandungan gizi dan nutrisi pada kurma menjadikan Kurma bukan hanya sebagai makanan saja tetapi sebagai obat medis. Pengobatan kesehatan yang berbahan dasar Kurma banyak dijumpai dengan wujud pil, kapsul, syrup ekstrak kurma, dan berbagai ramuan lainnya. Sari kurma juga bermanfaat untuk menjaga sistem imun dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian manusia.

Seribu Satu Manfaat Kurma, Buah Khas Negeri Seribu Satu Malam

Ada beberapa gangguan kesehatan yang paling lazim diderita mayarakat antara lain seperti gangguan kesehatan pencernaan, gangguan pada jantung, dan masalah berat badan. Ketiga masalah kesehatan tersebut tanpa kita sadari saling berkaitan. Hampir setiap hari masyarakat didunia mengeluhkan masalah metabolisme dikarenakan kemudian berlanjut pada masalah berat badan yang diakhiri dengan masalah kolesterol.

Kurma, buah mungil yang berasal dari semenanjung Persia ini hadir sebagai pengobatan alternatif bagi masalah kesehatan sehari-hari. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, beragam gizi dan nutrisi dari kurma inilah yang mempengaruhi dan berperan aktif dalam menyembuhkan, melindungi, dan memelihara beberapa organ tubuh seperti usus, jantung, darah, saraf, dan tulang manusia.

Manfaat Kurma Sebagai Pengobatan Alami :

1. Membantu Kesehatan Penceranaan dan Metabolisme Tubuh

Genetika ManusiaKandungan serat serta asam amino dalam kurma berfungsi dalam proses pencernaan makanan sehingga organ yang berperan sebagai sistem pencerna akan mencerna makanan yang dikonsumsi dengan maksimal. Pencernaan yang baik inilah yang akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membersihkan bakteri yang ada pada usus manusia.

Selain itu, manfaat lain bagi usus manusia adalah meminimalisir resiko penyakit kanker usus karena bakteri penyebab kanker yang biasa menempel pada usus ketika metabolisme menurun kemudian usus sempurna membuang kotoran dan menyerap nutrisi. Kurma selain menyembuhkan masalah pencernaan juga merawat usus manusia dari mikroorganisme yang dihidup didalam usus.

2. Menurunkan berat badan dan makan program diet

Pisang Untuk Diet dan Kecantikan TubuhKurma mengandung karbohidrat yang tinggi berupa glkosa dan sukrosa. Karbohidrat berfungsi untuk memberikan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar pada manusia. Selain itu, glukosa dan sukrosa pada kurma memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Mengkonsumsi kurma dapat memulihkan energi yang terkuras sebelumnya. Kurma bisa menggantikan asupan karbohidrat seperti nasi, ubi, kentang, gandum dan sebagainya.

Kandungan kalsium berupa kalium dan sulfur pada buah kurma juga dapat menghancurkan dan mengurai lemak jahat yang ada pada tumpukan daging manusia. Lemak yang tidak baik inilah yang menyebabkan kolestrol yang kemudian berimplikasi pada kesehatan jantung. Itulah alasan mengapa kurma bisa dijadikan pengobatan menurunkan berat badan dan makanan pendamping program diet.

3. Memelihara kesehatan jantung

Paru Paru Pernafasan ManusiaPotassium dalam` kurma memiliki manfaat yaitu menghindari resiko terserang penyakit jantung, serangan stroke, dan mengurangi tingkat kolestrol LDL pada tubuh manusia. Kolestrol jahat inilah yang mengakibatkan serangan jantung. Kalium dan sulfur juga disamping berfungsi mengurangi lemak, kedua jenis zat ini mampu menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

4. Kecantikan Kulit Dan Anti Penuaan Dini

Dewi Sandra Model Wanita Hijab IndonesiaManfaat Buah Kurma bagi Kecantikan juga tidak kalah hebat. Vitamin C dan D bekerja pada elastisitas kulit Tubuh, dan juga membuat kulit akan tetap halus. Buah Kurma juga memiliki manfaat anti penuaan, dan mencegah akumulasi melanin di tubuh manusia.

Selain banyak manfaat yang bisa di dapat, Kurma juga memiliki Efek Samping yang perlu di ketahui. Meskipun bisa digunakan sebagai Program diet kurma tetap harus di konsumsi secara baik dan tidak berlebihan, karena kurma memiliki kandungan Kalori yang cukup tinggi. Jika anda tidak membatasinya itu sama saja dengan memperbesar tubuh anda sendiri dan program diet menjadi tidak berhasil.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.