Bahaya buah belimbing, Manfaat buah belimbing untuk diet kesehatan, Manfaat buah belimbing wuluh, Manfaat buah belimbing untuk kecantikan, Khasiat buah belimbing untuk darah tinggi, Manfaat buah belimbing bagi ibu hamil, Khasiat buah belimbing untuk kolesterol, Kandungan buah belimbing,
No ratings yet.

Khasiat Buah Belimbing – Belimbing merupakan salah satu dari jejeran buah-buahan khas negara tropis yang berasal dari indonesia, Sri Langka, dan Indi. Belimbing manis memiliki bentuk unik memanjang dengan sudut-sudut yang jika dipotong membentuk lambang bintang. Jenis lain dari belimbing manis yang biasa kita konsumsi sebagai buah makanan penutup adalah belimbing wuluh.

Belimbing wuluh memiliki ciri buah lonjong yang lebih kecil dan tidak memiliki sudut seperti belimbing manis. Rasanyapun agak sedikit berbeda, jika belimbing manis memiliki rasa masam yang dipadukan dengan manis, maka belimbing yang satu ini memiliki rasa yang amat masam dan pekat. Itu sebabnya belimbing ini jarang kira jumpai hanya jika dikonsumsi sebagai buah maknan penutup.

Belimbing jenis ini biasa dikonsumsi dengan cara diolah atau dimasak dengan campuran daging dan rempah-rempah. Itulah mengapa belimbing jenis ini biasa kita kenal dengan sebutan belimbing masak, belimbing asam, atau belimbing sayur. Selain diolah sebagai kudapan lauk pauk, perasan air belimbing jenis ini juga sering dijadikan komposisi dalam pembuatan jamu tradisional.

Karena rasanya yang begitu asam, belimbing wuluh memilki kadar vitamin C yang tinggi. Selain itu, dilengkapi juga dengan beberapa jenis vitamin lainnya, serat, zat besi, protein, fosfor, tiamin, beberapa jenis kalsium, niacin, dan energi yang berasal dari karbohidrat. Belimbing jenis ini biasanya tidak terlalu ideal dibudidayakan karena bukan merupaka buah-buahan pokok atau biasa pengganti asam Jawa.

Manfaat umum dari mengkonsumsi belimbing jenis ini sebagai sayuran atau meminum air rebusan yang mengandung ekstrak antara lain dapat meredakan hipertensi, gula darah, melancarkan pencernaan, penyakit sariawan, peradangan mulut dan gusi, dan meredakan batuk ringan. Peran belimbing wuluh juga baik bagi kesehatan kulit dan kecantikan.

Mengenal Manfaat Belimbing Wuluh Lebih Jauh

Belimbing wuluh yang memiliki Kandungan sarat akan vitamin C juga juga memiliki manfaat bagi penunjang kecantikan kulit, terutama kulit wanita. Komponen dari saponin, flavonoid, tannin, sulfur, glukosid, tanin, , oksalat dan kalium sitrat inilah yang berperan penting merawat dan menjaga permukaan kulit dan bibir. Biasanya belimbing jenis ini akan diolah sebagai masker dan lulur dengan campuran lain seperti madu, gula,dan garam. Manfaatnya bagi kecantikan antara lain.

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh Manusia :

1. Menghambat penuaan dini dan mengobati jerawat

Vitamin A dan C berperan sebagai antioksidan yang dapat mempengaruhi kulit sehingga kulit akan terasa lembut, segar, dan terhindar dari penuaan dini. Selain itu kandungan asam pada vitamin C juga mampu membunuh kuman yang melekat pada permukaan kulit yang biasa menyebabkan jerawat dan iritasi pada kulit wajah. Flek hitam bekas jerawat pun berangsur-angsur tersamarkan apabila rutin melakukan perawatan dengan masker belimbing.

2. Memutihkan kulit dan mengurangi minyak berlebihan.

Menggunakan lulur belimbing wuluh secara rutin pada pagi dan malam hari dapat memutihkan dan mengurangi kadar minyak pada kulit. Nutris yang terdapat pada belimbing tersebut membantu mengkis sel kulit mati yang menyebabkan kulit tampak kusam dan mempengaruhi melanin kulit yang berada pada lapisan epidermis sehingga kulit tampak lebih putih dan sehat.

3. Melembutkan dan mencerahkan bibir

Masalah bagi kaum wanita adalah bibir yang sering terlihat agak hitam atau pucat. Kondisi tersebut mengurangi rasa percaya diri pada wanita. Vitamin A dan C pada belimbing masam bisa dijadikan obat herbal alami yang berguna untuk melembabkan, melembutkan dan mencerahkan bibir sehingga akan tampak merona, sehat, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Selain menyuguhkan beberapa manfaat, belimbing wuluh juga dapat berdampak negatif ketika kita salah dalam mengkonsumsi atau penggunaannya yang berlebihan. Bagi penderita maag, mengkonsumsi buah ini sangat tidak dianjurkan karena dapat memicu meningkatnya asam lambung. Kebalikan dari mengobati hipertensi, sebaiknya para penderita darah rendah menghindari untuk mengkonsumsi buah ini.

Untuk efek samping buah belimbing dalam pengaplikasian pada kulit, belimbing asam dapat menyebabkan bertambahnya iritasi dan rasa perih yang teramat apabila tidak memperhatikan kondisi kulit. Kulit yang pada mulanya iritasi sebaiknya dihindari saja penggunan masker dan lulur belimbing ini. Iritasi yang disebabkan karena perih ini justru akan menyebabkan luka berlebihan yang justru memperparah kulit.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.