Jenis – Jenis Madu Yang Ada Di Nusantara

jagad.id РAda lebih dari 300 jenis Рjenis madu yang berbeda yang ada di dunia, jadi tidak heran jika Anda sedikit bingung saat memilih varietas mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda  Di supermarket konvensional, biasanya hanya ada satu atau dua pilihan, tapi di toko makanan alami atau pasar petani bisa ada 20+! Bagaimana Anda tahu apa itu.

Madu diproduksi oleh lebah dalam dua jenis utama  bunga/nektar dan embun madu. Bunga atau madu nektar terbuat dari nektar bunga. Madu melon terbuat dari sekresi manis serangga, seperti kutu daun .

Biasanya sebagian besar madu yang Anda lihat di pasar adalah madu bunga atau nektar karena lebih ringan dan lebih manis. Secara umum, ada dua varietas dasar madu bunga/nektar monofloral dan polifloral.

Madu monofloral dibuat oleh lebah yang mengumpulkan serbuk sari dari jenis bunga yang sama. Madu yang dihasilkan memiliki aroma dan rasa dari bunga tersebut . Ketika Anda melihat varietas seperti “madu lavender” atau “madu semanggi”‘

Anda tahu lebah yang membuatnya mengumpulkan serbuk sari dari lavender atau semanggi. Madu polifloral (juga dikenal sebagai bunga liar) dibuat oleh lebah yang mengumpulkan serbuk sari dari berbagai bunga yang ada di dekat sarangnya.

Ini tidak memiliki rasa yang berbeda berdasarkan bunga atau area tertentu karena sumbernya sangat tercampur . Sekarang setelah kita mengetahui perbedaan antara jenis mekar atau melon) dan varietas (monofloral dan polifloral).

jenis – jenis madu Yang Ada Di Dunia

Jenis madu favorit saya adalah madu mentah, yaitu madu dalam keadaan paling asli. Madu mentah belum dipanaskan untuk melindungi mineral dan enzim, dan masih mengandung beberapa serbuk sari atau partikel lilin kecil.

Jika Anda lebih suka madu yang lebih halus, madu yang disaring adalah pilihan yang bagus karena telah melewati saringan jaring untuk menghilangkan partikel apa pun, seperti lilin, tanpa menghilangkan serbuk sari, mineral, atau enzim.

Tingkat madu yang disaring lebih tinggi adalah madu yang disaring, di mana madu mengalami penyaringan halus di bawah tekanan tinggi untuk menghilangkan sisa padatan dan serbuk sari. Madu yang dipasteurisasi .

jenis supermarket yang paling umum dipanaskan hingga 161 derajat atau lebih tinggi untuk membunuh sel ragi atau kuman dan mencairkan mikrokristal dalam madu untuk mencegah kristalisasi di rak. Panas juga menggelapkan warna dan mengintensifkan rasa dan bau .

Jenis Madu yang Paling Umum

Jadi apa jenis madu paling umum yang akan Anda temui di pasaran dan bagaimana Anda tahu rasa mana yang tepat untuk tujuan Anda? Seperti yang saya katakan, ada 300+ varian berbeda, tetapi kami akan menyentuh yang paling populer di sini:

  • Madu Randu

Madu randu menjadi salah satu jenis madu di Indonesia yang begitu populer yang memiliki rasa segar. Itu berasal dari lebah yang hidup di sekitar pohon randu atau kapuk. Dibandingkan dengan madu lain di Indonesia, rasanya agak segar sehingga cocok dipadukan dengan secangkir teh hangat.

Madu randu pada umumnya memiliki tekstur yang lembut dengan warna coklat bening namun agak kuning. Sepintas terlihat seperti air berwarna kuning jernih namun lembut dan creamy begitu disentuh. Manfaat mengkonsumsi madu jenis ini adalah mencegah sariawan, menjaga daya tahan tubuh, menyembuhkan luka bakar, dan masih banyak lagi.

  • Madu Hutan

Karena Indonesia memiliki beberapa provinsi dengan hutan yang luas di Indonesia, memungkinkan lebah untuk hidup di sana. Dari habitatnya, masyarakat menemukan tipikal madu hutan yang teksturnya lebih kental dan warnanya lebih gelap.

Banyak sekali jenis madu hutan di Indonesia yang berasal dari berbagai hutan Indonesia. Anda bisa melihat madu hutan Sumatera, madu hutan Sumbawa, madu hutan Jambi, dan masih banyak lagi.

Sama seperti jenis madu Indonesia lainnya, madu hutan juga memiliki banyak manfaat. Ia mampu meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan nafsu makan, baik untuk kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

  • Alfalfa

Ini adalah madu yang sangat ringan dengan rasa yang ringan. Ini bagus untuk memanggang dan memasak saat Anda tidak ingin rasa madu mengalahkan hidangan Anda dan sebagai pilihan sehari-hari dengan keserbagunaan untuk sejumlah kegunaan.

  • Alpukat

Ini adalah madu kuning gelap dengan rasa molase karamel yang kaya. Madu ini cocok dengan makanan penutup yang kaya seperti dark chocolate dan bisa menjadi saus yang enak untuk hidangan yang lebih netral seperti pancake atau wafel yang bisa menggunakan kedalaman dan kerumitan tertentu.

  • Blueberry

Ini adalah madu berwarna terang hingga sedang dengan rasa segar lemon, buah, dan daun hijau. Ini bekerja sangat baik pada makanan yang lebih ringan seperti melon, apel, yogurt, dan kenari.

  • Soba

Ini adalah madu yang gelap dan beraroma dengan rasa molase yang nyata dan kehadiran yang kuat. Ini cocok dengan hidangan berasap seperti saus barbekyu atau sirup maple di mana pun akan digunakan. Saya pribadi suka madu ini yang ditaburi jeruk bali dengan kayu manis di pagi hari untuk menambahkan rasa yang dalam dan manis.

  • Semanggi

Ini adalah madu yang paling populer di AS karena aromanya yang manis, berbunga-bunga, dan rasanya yang lembut dan lembut. Ini benar-benar madu serbaguna untuk banyak situasi memasak (6).

  • Eucalyptus

Ini adalah madu kuning sedang/gelap dengan rasa manis ringan dan rasa herbal. Saya suka ini dalam teh herbal apa pun karena menyatu dengan sangat baik tanpa menghasilkan terlalu banyak buah (7).

  • Mesquite

Madu ini memiliki warna yang bervariasi dari sangat terang hingga kuning. Mirip dengan soba, madu mesquite memiliki rasa yang bersahaja dan kuat dan sangat ideal untuk digunakan dalam hidangan yang kaya dan lebih dalam seperti roti gandum utuh yang sehat atau glasir untuk daging. Anda dapat menggunakan madu mesquite di mana pun Anda menggunakan gula merah .

Nah itulah beberapa jenis – jenis madu yang dapat kami sampaikan tentu farian atau jenis ini tida hanya di nusntara akan tetapi jenis ini sebagian ada di luar negeri yang tentu khasiat dan kegunaanya juga berbeda beda.