Manfaat Brokoli Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Brokoli memiliki nama latin Brassica oleracea var. Italica. Brokoli hijau mengandung berbagai macam vitamin. Vitamin yang terkandung dalam brokoli hijau yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan juga vitamin K. Selain vitamin, brokoli hijau juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya Kalsium dan Zat Besi.

Memasak brokoli tidak boleh terlalu lama. Memasak brokoli hijau terlalu lama dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung didalamnya. Memasak brokoli sebaiknya kurang dari lima menit supaya kandungan nutrisinya tidak hilang. Selain itu, pilihlah brokoli yang masih berwarna hijau segar dan tidak memiliki bercak hitam di atasnya. Menyimpan brokoli hijau sebaiknya di dalam kulkas dan paling lama empat hari.

Apa saja manfaat dari mengonsumsi brokoli hijau ? Beberapa manfaat mengonsumsi brokoli hijau adalah sebagai berikut.

Manfaat Brokoli Hijau Untuk Kesehatan :

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin D dan Kalsium yang terkandung dalam brokoli hijau sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi brokoli hijau secara rutin akan menjaga kesehatan tulang dari penyakit pengeroposan tulang.

  1. Mampu Mencegah Kanker

Brokoli hijau mengandung indole-3-carbinol, isothiocyanate, serta fitokimia. Tiga kandungan inilah yang mampu mencegah penyakit kanker pada usus besar, kandung kemih, serta ovarium.

  1. Mampu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Brokoli mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mampu melawan infeksi bakteri. Mengonsumsi brokoli secara rutin mampu menjaga daya tahan tubuh sehingga terbebas dari serangan bakteri atau virus seperti flu ataupun demam. Itu sebabnya ketika terserang demam atau flu dianjurkan mengonsumsi sop sayur yang terdapat sayur brokoli hijau.

  1. Mampu Mengontrol Tekanan Darah

Potasium dapat ditemukan dalam sayur brokoli hijau. Potasium memiliki manfaat untuk menjaga sistem saraf, menstabilkan tekanan darah, serta memperbaiki fungsi otak. Oleh karena itu, mengonsumsi brokoli hijau mampu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Brokoli mengandung beberapa zat yang dapat membantu proses detoksifikasi atau proses pengeluaran racun dari tubuh. Zat-zat ini yaitu zat glucoraphanin, gluconasturtian, dan glucobrassicin.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Brokoli mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Brokoli dipercaya mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Oleh karena itu, brokoli sering dikonsumsi untuk merawat seseorang yang terjangkit penyakit Alzheimer. Brokoli hijau juga memiliki manfaat lain apabila dikonsumsi dalam waktu jangka panjang. Brokoli hijau dapat mengurangi penurunan kadar acetylcholine pada sistem saraf pusat.

  1. Anti Depresi

Brokoli hijau mengandung folat dan vitamin B yang cukup tinggi. Kedua zat ini dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang. Selain itu, brokoli hijau juga dapat digunakan sebagai obat anti depresi.

  1. Mencegah Gangguan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam brokoli sangat bagus untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat bisa menghilangkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Selain itu, serat juga mampu membuat asam empedu dalam saluran pencernaan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, mengonsumsi brokoli hijau dapat mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit ataupun gangguan pencernaan lainnya.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Koroner

Brokoli hijau mengandung sulforaphane yang berfungsi untuk menekan risiko jantung koroner. Brokoli hijau juga mampu melindungi jantung dari sel-sel perusak.

  1. Menjaga Kesehatan Mata Dan Kulit

Vitamin A, vitamin E, dan vitamin C yang terkandung dalam brokoli hijau dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan penuaan dini, sehingga dengan mengonsumsi brokoli hijau secara rutin dapat mencegah penuaan dini akibat radikal bebas. Vitamin A mampu melindungi mata agar tetap sehat dan vitamin E mampu melindungi kulit agar tetap sehat.

Brokoli hijau memang sangat bermanfaat bagi diri manusia. Masih banyak sekali manfaat dari mengonsumsi brokoli secara rutin dalam jangka waktu yang panjang. Namun, perlu diperhatikan tata cara mengolah brokoli hijau agar nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh menjadi maksimal. Salah dalam mengolah brokoli hijau justru akan menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.