Resep Geprek Tempe Sederhana dan Enak Mudah

Tempe Geprek adalah makanan yang terbuat dari tempe goreng yang digeprek. Sebelum kemunculannya, para penikmat kuliner Indonesia dihebohkan terlebih dahulu dengan wabah ayam geprek. Meski sama-sama digeprek, tapi soal citarasa tentu saja berbeda.

Kudapan yang disebut dengan “Geprek” pada dasarnya adalah kudapan yang ditumbuk dengan bumbu dasar cabai, bawang putih dan garam. Hampir semua kuliner geprekan memiliki 3 bahan rempah itu, baru kemudian ditambahkan dengan perasa dan topping lainnya, misalnya keju, coklat, daun kemangi, mayonese, lada hitam, saos barbeque dan lain sebagainya.

Resep mengolah tempe memang tidak banyak variasinya, cenderung itu-itu saja. Kehadiran resep tempe geprek bisa menambah khasanah kuliner nusantara. Namun ada tips, sebelum mengulik resep ini, pastikan memakai tempe kualitas terbaik. Kini marak tempe yang rasanya tidak enak karena tidak sempurna pertumbuhan jamur tempenya akibat ragi yang buruk. Selain itu juga dikarenakan bahan pembuat tempe yang tidak murni kedelai, namun dicampur singkong atau jagung.

Jika ingin mempraktekkan resep tempe geprek juga sebaiknya pastikan tempenya sudah digoreng dulu, jadi bukan tempe mentah langsung digeprek. Menggorengnya bisa setengah matang maupun garing, tergantung selera. Sedangkan pemilihan jenis tempe, bisa memakai tempe bungkusan maupun lontrongan. Tapi kebanyakan orang lebih senang menggeprek tempe bungkusan yang kecil-kecil karena rasanya lebih enak.

Varian Tempe Geprek

1. Geprek Biasa

Tempe geprek biasanya artinya adalah rasa original dengan bumbu dasar khas geprek. Menu ini bisa disajikan untuk lauk makan makanan berkuah juga karena biasanya teksturnya tidak lembek dan basah. Geprek biasa ini disebut pula geprek original karena sensasi rasanya yang masih alami mengusung 3 rempah dasar.

2. Geprek Telur

Hampir sama saja dengan geprek krispi, hanya saja tidak dibaluri tepung dan tempenya jadi mirip tempe penyet. Tempe geprek telur lebih enak disajikan bersama sambal terasi. Tapi sambalnya ini hanya jadi topping saja, tidak ikut digeprek.

3. Geprek Krispi

Apa itu tempe geprek krispi? Ini tak ubahnya ayam geprek, maka berbalut tepung fried chicken yang bisa buat lapisan luarnya jadi keriting dan renyah. Meskipun isinya tempe, kripsi ini tak kalah enaknya dengan geprek ayam.

4. Geprek Keju

Ayam geprek keju sudah biasa, tapi bagaimana kalau tempe geprek keju? Ini rasanya cukup luar biasa. Pasalnya bagaikan memadukan kuliner barat dengan timur, kuliner gedongan dengan kampungan. Untuk membuat kudapan lezat ini pun tidak sulit, kok!

Resep Tempe Geprek Original

Biasanya sambal bawang memang cocok dimakan dengan kudapan goreng-gorengan, tinggal dicocolkan atau dibalurkan pada jenis makanan demikian. Tapi boleh juga loh membuat geprek tempe original yang pada dasarnya berbumbu sambal bawang. Ini adalah varian modifikasi dari resep tempe geprek plain yang disiram bumbu dasar

Bahan-Bahan:

  • Tempe 10 bungkus atau secukupnya
  • Cabai rawit 5 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Uleg semua bahan di atas, kecuali tempe
  2. Tempenya dibuka bungkusnya, goreng hingga setengah kering
  3. Tiriskan tempe sambil menyiapkan sambal di mangkok
  4. Geprek tempenya, lumatkan ke bumbu
  5. Jika sudah, silahkan tata di piring untuk disantap

Melihat berbagai varian dan resep di atas, manakah resep tempe geprek dengan rasa terlezat? Tentunya ini tergantung selera masing-masing. Meski demikian, varian yang paling lazim disajikan di rumah makan atau resto adalah tempe geprek biasa yang memang memiliki citarasa khas original.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.