Bahaya daun salam untuk kesehatan
5/5 (1)

Dalam menambah cita rasa pada makanan yang kita masak, tentu membutuhkan bumbu yang sedap rasanya tapi juga alami. Salah satu bumbu penyedap rasa alami yang sering kali digunakan dalam memasak adalah daun salam. Daun salam ini mengandung zat bahan pewarna yang sering kali digunakan untuk pewarna jala dan pewarna anyaman bambu.

Daun salam juga berfungsi sebagai obat, banyak orang yang menggunakan daun salam kering yang lalu dibubukkan atau juga daun salam yang masih segar dicuci bersih lalu direbus dengan air. Cara merebus daun salam bermacam-macam, biasanya tergantung pada penyakit yang akan diobati karena cara penyajiannya pun berbeda-beda.

Kenali Bahaya Efek Samping Daun Salam :

1. Masalah pernafasan

Daun salam dianggap tidak baik bagi saluran pernafasan misalnya anda yang memiliki penyakit asma sebaiknya menghindari konsumsi daun salam. Karena kandungan di dalamnya bisa menimbulkan gangguan pada saluran pernafasan.

2. Kurang baik bagi Ibu menyusui

Bagi anda yang sedang menyusui sebaiknya jangan dulu mengkonsumsi daun salam dalam bentuk apapun karena kandungan yang ada di daun salam tersebut belum bisa dicerna dengan baik oleh bayi.

3. Tidak baik untuk Ibu hamil

Ibu hamil juga sebaiknya tidak mengkonsumsi daun salam karena kandungannya tidak baik bagi janin di dalam kandungan bahkan kandungannya tergolong berbahaya bagi kesehatan tumbuh kembang janin. Walaupun belum ada penelitian secara resmi mengenai bahayanya tapi tidak ada salahnya anda berhati-hati.

4. Menyebabkan sembelit

Daun salam adalah jenis daun yang sulit dicerna oleh saluran cerna sehingga konsumsi berlebih bisa menyebabkan sembelit. Proses mencerna yang cenderung lambat membuat orang yang mengkonsumsinya mengalami sulit buang air besar.

5. Mengandung zat adiktif

Zat adiktif di sini berarti membuat orang yang mengkonsumsinya candu atau ingin mengkonsumsi lagi dan lagi. Walaupun menimbulkan rasa lezat saat daun salam dibuat menjadi bumbu pada suatu masakan namun orang yang memakannya bisa mengalami ketagihan.

6. Mengganggu kontrol gula darah

Daun salam memang baik untuk penderita penyakit diabetes tapi tetap ada efek sampingnya yaitu bisa mengganggu kontrol gula darah. Maka rutinlah mengecek kadar gula dalam tubuh saat anda mengkonsumsi daun salam tersebut. Daun salam ini manfaatnya baik untuk diabetes tetapi sekaligus memiliki efek yang harus diwaspadai.

Baca Juga : Manfaat Daun Salam Untuk Asam Urat, Diabetes dan Maag

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan.

Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh :

1. Mengobati batuk

Batuk adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini sebaiknya diobati dengan cara yang alami misanya dengan merebus daun salam. Lakukan pengobatan ini setiap hari sampai batuk berkurang dan membaik.

2. Mengobati penyakit kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh sangat berbahaya jika dibiarkan, anda bisa menggunakan daun salam untuk mengurangi kadar kolesterol tersebut karena daun salam memiliki khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Mencegah penyakit kanker

Kanker menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang karena bahayanya sehingga bisa menimbulkan kematian secara cepat. Untuk mencegah terjadinya penyakit kanker ini, cobalah gunakan daun salam dengan menkonsumsi rebusan daun salam secara rutin. Daun salam memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan dapat menghambat berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

4. Mengobati diabetes

Jika anda memiliki penyakit diabetes, anda bisa mencoba mengkonsumsi bubuk daun salam yang bisa anda petik langsung dari pohon daun salam lalu dikeringkan dan diramu kembali sampai menjadi bubuk daun salam. Daun salam ini memiliki manfaat untuk menstabilkan gula darah pada penyakit diabetes tipe 2. Dan kandungan antioksidan pada daun salam juga mampu menghasilkan hormon insulin untuk para penderita diabetes tipe 2.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kabar baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan karena daun salam juga mampu menurunkan berat badan secara alami. Daun salam dipercaya memiliki khasiat dalam meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang juga dapat merangsang pembakaran lemak. Jika ingin berat badan anda cepat turun maka anda bisa meminum rebusan daun salam ini setiap hari.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.