Obat Batuk Alami (Dewasa, Anak, Bayi, Ibu Hamil)

Batuk adalah suatu gejala yang disebabkan oleh virus, yang tentunya akan sangat mengganggu aktivitas dan membuat anda tidak nyaman. Bagi anda yang saat ini sedang sakit batuk, maka bisa mengkonsumsi obat batuk alami yang ampuh untuk menyembuhkan secara cepat dan aman. Dengan menggunakan bahan alami yang bisa anda buat sendiri ramuannya di rumah.

Dalam mengkonsumsi obat alami, pastikan anda tidak memiliki alregi pada beberapa makanan yang akan disebutkan dibawah. Jika batuk yang dialami adalah batuk parah dan kronis, maka sangat sangat dianjurkan untuk langsung menemui dokter ahli sehingga mendapatkan pertolongan dan pengobatan medis yang tepat.

Daftar Isi Obat Batuk Alami Lengkap :

Obat batuk alami ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, oleh anak-anak, ataupun untuk bayi. Bahkan ibu hamil pun dapat mengkonsumsi obat batu alami ini. Apalagi ibu hamil biasanya tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat-obatan. Sehingga akan lebih baik jika batuk yang dialami, diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami berkhasiat. Tetapi bagi anda yang mengalami batuk yang parah dan tidak kunjung sembuh maka disarankan untuk langsung menghubungi dokter untuk penanganan medis yang tepat.

Obat Batuk Alami Dewasa

Madu

Madu adalah obat yang sudah sejak lama dikonsumsi oleh banyak orang, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Madu juga dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, sehingga madu dapat mengobati sakit batuk dengan lebih efektif.

Anda bisa meracik sendiri obat batuk dari madu ini, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok teh madu, dengan teh, air hangat atau lemon. Atau juga bisa meminumnya langsung sekitar 1 sendok makan.

Probiotik

Probiotik adalah sejenis mikroorganisme yang akan memberikan keuntungan, bagi setiap saja yang mengkonsumsinya. Walaupun probiotik ini tidak meredakan batuk secara langsung, tetapi dapat membantu menyeimbangkan mikroorganisme yang terdapat di dalam usus. Dengan begitu hal itu akan membantu sistem pertahanan tubuh anda. Sehingga sakit batuk yang anda alami bisa sembuh dalam waktu yang cepat.

Peppermint

Tahukah anda bahwa daun peppermint memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan menthol yang terdapat di dalam daun menthol ini, dapat membantu melegakan tenggorokan dan membantu mengencerkan lendiri. Atau anda bisa menghirup uap yang berasal dari daun peppermint. Untuk menikmati uap peppermint ini, anda bisa membuat 3-4 tetes minyak peppermint ke dalam 150 ml air panas.

Obat Batuk Alami Anak

Jahe dan kencur

Obat batuk herbal yang alami yang bisa anda buat untuk anak adalah, jahe dan kencur. Kedua bahan tersebut memiliki zat yang mengandung obat batuk alami. Apalagi cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu siapkan jahe dan kencur sekitar 1 cm. memarkan lalu direbus dengan menggunakan 1 gelas air.

Setelah air tersisa setengahnya, tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis dan 1 sendok madu. Saring air rebusan tersebut, lalu tunggu sampai hangat.

Jeruk nipis

Bahan alami lainnya yang juga bisa digunakan untuk mengobati batuk pada anak adalah jeruk nipis. Buat ramuannya sendiri di rumah dengan cara yang mudah, yaitu gunakan 3 sendok makan perasan jeruk nipis dan 3 sendok madu. Lalu campur dengan air matang sebanyak 5 sendok makan.

Untuk anak usia 1 tahun konsumsi setiap 2 kali sehari dengan takaran ½ sendok teh. Sedangkan untuk anak usia 2 tahun takarannya 1 sendok teh.

Kencur

Bahan alami berikutnya yang ampuh dalam mengobat batuk pada anak, adalah kencur. Obat ini dapat digunakan oleh anak minimal 2 tahun. Cara membuat ramuannya sangat mudah, yaitu siapkan 5 gram kencur yang telah dicuci. Lalu parut dan tambahkan 2 sendok makan air putih matang, setelah itu saring dan tambahkan madu 1 sendok makan saja. Obat batuk alami ini dapat dikonsumsi setiap 2-3 kali dalam sehari, dan ingat hanya boleh diberikan pada anak minimal umur 2 tahun.

Obat Batuk Alami Bayi

Uap

Dengan menghirup udara yang lembab maka hal itu dapat melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat, yang biasanya diakibatkan oleh lendir. Anda bisa mengajak anak anda berendam air hangat, atau duduk dengannya di ruangan yang beruap sekitar 15 menit. Tetapi jangan berikan uap yang terlalu panas, karena dapat mengakibatkan luka bakar.

Memposisikan Tidur Bayi

Anda bisa mencoba memposisikan tidur bayi, agar menjadi lebih tinggi. Anda bisa menggunakan bantal atau dengan menggunakan beberapa gulung handuk. Taruh di bagian bawah kasur jika bayi anda terlihat gelisah saat tidur, karena batuk yang mengganggu.

Meningkatkan Cairan Tubuh

Cairan tambahan dapat membantu mengurangi lendir, sehingga bayi menjadi lebih mudah bernafas. Anda bisa memberi bayi anda ASI, susu, air putih atau jus buah yang mengandung banyak air. Atau anda bisa memberinya sup ayam hangat, atau susu hangat. Jenis-jenis minuman tersebut bisa diberikan pada bayi yang berumur di atas 6 bulan. Jika bayi di bawah 6 bulan anda bisa memberinya ASI yang banyak, karena ASI dapat meningkatkan imunitas tubuh pada bayi.

Obat Batuk Alami Ibu Hamil

Bawang Putih

Ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih obat, salah satunya obat batuk yang dialami oleh ibu hamil. Bagi anda yang sedang hamil dan mengalami batuk, anda bisa menggunakan bawang putih sebagai bahan alami. Konsumsi bawang putih setiap kali makan 1 siung saja, jika anda tidak suka dengan baunya yang menyengat bisa diolesi dengan madu.

Lemon dan Jeruk Nipis

Bahan alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengobati batuk saat hamil adalah, lemon dan jeruk nipis. Kedua bahan herbal tersebut mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga sangat aman dan efektif dalam mengobati batuk pada ibu hamil. Namun pastikan anda mengkonsumsinya dengan takaran yang tepat. Bagi ibu hamil yang memiliki penyakit pada lambung seperti misalnya maag, maka sebaiknya tidak mengkonsumsi terlalu banyak.

Jahe

Bahan alami ini juga bisa menjadi obat batuk alami untuk ibu hamil, caranya mudah yaitu dengan menyiapkan 2 ruas jahe lalu kupas dan cuci sampai bersih. Setelah itu rebus jahe tersebut dengan 2 gelas air. Minum secara teratur setiap 3 kali sehari sampai batuk anda hilang. Atau bisa juga meminum teh hangat yang dicampur dengan jahe.

Daun Kemangi

Daun kemangi bukan hanya bagus digunakan untuk masakan, atau baunya yang wangi. Tetapi daun kemangi juga bisa menjadi bahan herbal alami, untuk ibu yang sedang hamil. Anda bisa merebus daun kemangi, dengan menggunakan air. Lalu diminum sebanyak 1 sendok teh saja setiap kali minum.

Daun Seledri

Sama dengan daun kemangi, daun seledri juga bisa digunakan untuk obat batuk alami. Penggunaannya pun sama dengan daun kemangi, anda bisa mengkonsumsi air rebusannya. Kemudian ditambahkan dengan 1 sendok makan madu. Air rebusan daun seledri ini terbukti ampuh dan efektif dalam menyembuhkan batuk pada ibu hamil atau pun orang dewasa.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.