Tanaman Toga, Contoh, jenis dan manfaatnya – Tanaman toga biasa juga disebut sebagai tanaman obat keluarga. Tanaman ini biasanya di tanam di halaman belakang rumah atau di pekarangan depan rumah. Bukan sebagai komoditas utama, melainkan untuk keperluan pribadi karena tanaman toga bersifat herbal dan berkhasiat.

Tanaman obat ini mampu memberikan manfaat secara herbal bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa memilih tanaman obat keluarga berikut untuk ditanam di pekarangan rumah atau dalam rumah.

Jenis Tanaman Toga beserta pemanfaatannya

Tanaman Toga memiliki cara pemanfaatan tersendiri. Diantaranya adalah daun, batang, buah, biji, akar dan rimpang.

Pemanfaatan Daun

  1. Daun Dewa, dalam bahasa latin adalah Gynura Segetum. Jenis ini adalah tanaman obat yang dimanfaatkan daunnya. Manfaat : Mengobati muntah darah merah dan payudara bengkak.
  2. Daun pepaya, bahasa latin Carica papaya L. Masih dalam toga daun daunan, tanaman ini banyak di tanam secara tidak sengaja di pekarangan rumah karena memang sangat mudah tumbuh. Manfaat : Mengobati demam dan disentri (radang usus).
  3. Daun Sirih, bahasa latinnya Chavica betle L. Tanaman obat ini sering dijual belikan dipasaran karena memiliki manfaat mengobati batuk, atiseptik dan obat kumur.

Pemanfaatan Batang

  1. Kayu manis, bahasa latinnya Cinnamomum burmanii. Jenis tanaman ini pemanfaatnya adalah bagian batang. Manfaat : Mengobati batuk dan sesak napas, nyeri lambung dan perut kembung, mengobati diare, rematik dan menghangatkan organ lambung.
  2. Dadap ayam, bahasa latinnya Erythrina varigata Linn. Var.orientalis. Manfaat : Untuk membantu mengobati asma.

Pemanfaatan Buah

  1. Jeruk nipis, bahasa latinnya Citrus aurantifolia. Manfaat yang dikandung sangat banyak : Mengobati demam, batuk, kurang darah, mengentikan kebiasaan merokok, menghilangkan bau badan, menyegarkan tubuh, dan memperlancar buang air kecil.
  2. Cabai merah, bahasa latin Capsicum annuum L. Banyak yang tidak tau manfaatnya lho. Manfaat cabai merah : Obat gosok untuk penyakit rematik dan masuk angin.
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Flek Hitam Secara Alami

Pemanfaatan Umbu atau rimpang

  1. Jahe, bahasa latin Zinger officinale Rosc. Memiliki manfaat : mengobati sakit pinggang, asma, muntah dan nyeri otot serta untuk menghangatkan tubuh.
  2. Kencur, bahasa latin Kaempferia galanga L. Manfaat : mengobati sakit kepala, obat batuk, melancarkan keringat, dan mengeluarkan dahak.
Previous articleSejarah Internet di Dunia Dan Indonesia Lengkap
Next articleCara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami Dalam 1 Hari