Macam Macam Tanaman Hias Kaktus
5/5 (1)

Jenis Kaktus Mini Hias yang Cantik Untuk Hiasan Rumah, Dewasa ini tanaman kaktus menjadi tanaman yang banyak dijadikan hiasan untuk mempercantik interior rumah. Tapi untuk jenis kaktus yang biasa dijadikan hiasan rumah adalah jenis kaktus mini, bukan kaktus yang umumnya kita lihat di padang pasir atau di lingkungan liar.

Kaktus sendiri adalah salah satu tanaman yang dapat hidup hanya dengan sedikit air. Tak terkecuali dengan kaktus mini yang banyak digunakan untuk penghias rumah. Jenis kaktus Hias ini menjadi favorit para pecinta tanaman hias, karena kaktus jenis ini mudah untuk dirawat dan termasuk tanaman hias kering (tidak butuh banyak air).

Jenis Kaktus Mini dan Hias

Berikut ini adalah beberapa jenis kaktus mini yang banyak digunakan untuk menghias rumah. Selain itu, beragam jenis kaktus mini dapat menjadi pilihan untuk mempercantik rumah dan beriku adalah jenis jenisnya.

1. Jenis Kaktus Hias Mini Ariocarpus

Kaktus Ariocarpus
Kaktus Ariocarpus

Jenis kaktus hias yang memiliki ukuran mini dan menjadi rekomendasi adalah kaktus hias mini Ariocarpus. Jenis kaktus ini berbeda dari jenis kaktus lainnya yaitu tidak memiliki duri pada daunnya. Selain itu, jenis kaktus Ariocarpus memiliki bentuk prisma dan ini merupakan ciri khas dari kaktus hias Ariocarpus.

Ujung daun kaktus Ariocarpus ada beberapa bentuk yaitu berujung melengkung, tumpul dan runcing. Masing masing ujung daun memiliki daya tarik tersendiri. Disamping memiliki daun yang unik, kaktus Ariocarpus juga mempunyai bunga yang besarnya hampir menutupi daunnya. Warna bunga kaktus Ariocarpus bermacam macam yaitu warna ungu, putih, pink, kuning dan warna merah.

2. Kaktus Hias Mini Astrophytum

Kaktus Astrophytum Myriostigma - Tanaman Hias
Kaktus Astrophytum Myriostigma – Tanaman Hias

Kaktus unik dan berukuran mini selanjutnya adalah kaktus Astrophytum. Kaktus ini memiliki bentuk yang mirip seperti bintang atau juga hampir sama seperti buah belimbing. Sama seperti kaktus Ariocarpus, kaktus Astrophytum juga memiliki bunga yang berwarna kuning, merah dan warna pink.

Kaktus Astrophytum Asterias - Tanaman Hias
Kaktus Astrophytum Asterias – Tanaman Hias

Bagian batang dari kaktus ini memiliki bentuk seperti bola. Kaktus jenis Astrophytum ini termasuk kaktus yang mudah berbunga. Supaya kaktus ini cepat tumbuh bunganya bisa diletakkan pada ruangan bersuhu sekitar 40 derajat celcius tetapi tidak boleh terlalu banyak mendapat paparan sinar matahari.

3. Kaktus Hias Mini Cereus Tetragonus

Kaktus Careus Tetragonus
Kaktus Careus Tetragonus

Jenis kaktus mini Careus Tetragonus ini cocok ditanam pada luar ruangan. Kaktus mini ini berasal dari negara Amerika dan dapat tumbuh tinggi layaknya kaktus pada umumya, tetapi ukurannya (diameter) lebih kecil dari kaktus pada umumnya.

Kaktus hias mini Careus Tetragonus mudah dipelihara dan biasanya banyak digunakan sebagai penghias pagar rumah atau bisa juga dijadikan penghias jendela dalam rumah. Ciri identik kaktus mini Careus Tetragonus adalah memiliki duri duri putih dan menyerupai kastil.

4. Kaktus Hias Mini Cephalocereus Senilis

Kaktus Cephalocereus Senilis - Tanaman Hias
Kaktus Cephalocereus Senilis – Tanaman Hias

Sebutan lain bagi kaktus Cephalocereus senilis adalah kaktus orang tua. Tanaman Hias ini disebut sebagai kaktus orang tua dikarenakan seluruh bagian kaktus diselimuti oleh rambut rambut halus berwarna putih, mirip seperti rambut pada orang lanjut usia.

Rambut putih halus ini dapat tumbuh hingga 12 cm. Jenis kaktus ini sangat cocok ditempatkan dalam ruangan misalnya pojok ruangan, jendela atau bisa ditempatkan pada rak dinding. Supaya kaktus Cephalocereus senilis dapat tumbuh subur letakkan pada suhu ruangan sekitar 32 sampai 40 derajat celcius.

5. Kaktus Hias Mini Echinocactus Grusonii

Kaktus Echinocactus Grusonii
Kaktus Echinocactus Grusonii

Jenis kaktus ini memiliki duri yang menutupi hampir keseluruhan bagian kaktus. Kaktus Mini Echinocactus grusonii memiliki bentuk yang menyerupai gentong yang mungil. Kaktus yang biasa digunakan untuk hiasan ini berasal dari Meksiko dan Texas. Sering juga disebut dengan golden barrel ( gentong emas ).

Sebutan gentong emas ini selaras dengan warna durinya yang berwarna kening keemasan sehingga terlihat seperti gentong emas. Karena bentuk dan warnanya yang unik, Tanaman Hias kaktus Mini Echinocactus Grusonii menjadi salah satu kaktus favorit.

6. Kaktus Mini Hias Echinofossulocactus

Kaktus Echinofossulocactus - Tanaman Hias
Kaktus Echinofossulocactus – Tanaman Hias

Batang kaktus Echinofossulocactus terlihat mungil berbalut warna hijau tua. Batang kaktus Echinofossulocactus di kelilingi oleh duri duri yang ukurannya cukup panjang yakni sekitar 3 sampai 5 centimeter.

Pertumbuhan dari kaktus mini Echinofossulocactus ini tergolong lambat, karena untuk bertumbuhnya bunga dibutuhkan waktu sekitar 3 tahun. Bunga yang tumbuh terdiri dari beberapa warna cantik yaitu warna pink, merah dan kuning.

7. Kaktus Mini Hias Ferocactus

Kaktus Ferocactus - Tanaman Hias
Kaktus Ferocactus – Tanaman Hias

Kaktus mini Ferocactus memiliki daya tarik yang cukup menyeramkan untuk orang yang baru pertama kali melihatnya. Tetapi, bagi seorang pecinta tanaman justru ini menjadi daya tarik tersendiri, karena kaktus Ferocactus memiliki batang yang berbentuk bulat dan berlekuk lekuk serta durinya yang berwana merah jambu. Duri kaktus Ferocactus ini memiliki ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan duri pada kaktus lain.

8. Kaktus Mini Hias Gymnocalycium

Kaktus Gymnocalycium - Tanaman Hias
Kaktus Gymnocalycium – Tanaman Hias

Memiliki bentuk seperti buah labu membuatnya banyak di minati oleh para pecinta tanaman. Selain itu, terdapat pula dua tanduk yang digunakan sebagai tempat tumbuhnya bunga. Batang yang berbentuk labu pada kaktus ini ditumbuhi duri yang terlihat tertata rapih, namun duri tidak tumbuh pada tanduk dari kaktus tersebut.

Kaktus Gymnocalycium juga memiliki bunga berwarna pink dan berwarna merah jambu. Kaktus jenis ini cocok dijadikan hiasan interior khususnya di dekat jendela.

9. Kaktus Mini Haworthia Attenuata

Kaktus Haworthia Attenuata - Tanaman Hias
Kaktus Haworthia Attenuata – Tanaman Hias

Kaktus jenis ini sering disebut sebagai tanaman zebra serta tanaman lidah buaya. Sebutan tersebut sesuai dengan bentuk batangnya yang menyerupai tanaman lidah buaya. Selain itu, batang yang belang hijau putih seperti zebra juga pantas membuatnya disebut sebagai tanaman zebra.

Jenis kaktus Haworthia Attenuata ini berasal dari Afrika Selatan dan mampu bertahan hidup dengan sedikit cahaya matahari. Sehingga kaktus ini dapat diletakkan pada meja dapur atau pada ruangan yang jarang terkena sinar matahari.

10. Kaktus Mini Hias Lobivia Oganmaru

Kaktus Lobivia Oganmaru - Tanaman Hias
Kaktus Lobivia Oganmaru – Tanaman Hias

Batang yang dimiliki oleh jenis tanaman hias kaktus ini adalah berbentuk pipih memutar dan secara keseluruhan batang kaktus ini berbentuk bulat. Pada ujung bagian batang yang pipih terdapat sesuatu yang menyerupai bunga dengan balutan warna merah cerah. Jenis kaktus ini sangat cocok diletakkan pada jendela atau sebagai dekorasi kamar tidur.

11. Kaktus Mini Hias Mammillaria Elongata

Kaktus Mammillaria Elongata - Tanaman Hias
Kaktus Mammillaria Elongata – Tanaman Hias

Kaktus jenis ini terdiri dari banyak batang yang secara keseluruhan ditutupi oleh duri halus berwarna kuning kecoklatan. Kaktus ini dapat tumbuh hingga 20 cm dan mampu menumbuhkan bunga yang berwarna putih. Cara merawat kaktus ini adalah tempatkan pada tempat yang teduh dan sedikit terkena cahaya matahari.

12. Kaktus mini Mammillaria Elongata var. Intertexta

Kaktus Mammillaria Elongata var Intertexta - Tanaman Hias
Kaktus Mammillaria Elongata var Intertexta – Tanaman Hias

Hampir sama dengan jenis sebelumnya, kaktus mammillaria elongata ini memiliki ukuran batang yang lebih besar. Permukaan batang hampir ditutupi oleh duri halus berwarna kemerah merahan. Perbedaan dengan kaktus sebelumnya adalah pada warna duri dan pada pertumbuhan batang yang lebih sedikit. Kaktus jenis ini merupakan salah satu kategori kaktus yang mudah untuk berbunga.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.