Tanaman Hias

Tanaman hias memang menjadi tumbuhan yang banyak diincar. Berbeda dengan tanaman jenis lain, tanaman hias bisa membuat bangunan, taman, kolam, bahkan dekorasi suatu tempat menjadi lebih indah. Selain itu, harga yang lebih tinggi menjadi kelebihan tersendiri sehingga dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk dijadikan bisnis yang menghasilkan puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulannya.

Tak heran jika tanaman hias ini banyak memiliki penggemar. Walau sebagian orang hanya menikmatinya sebagai kepuasan dan hiburan, namun nyatanya tanaman hias tak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Tanaman bisa menjadi terapi batin yang ampuh dan bisa memperbaiki suasana hati. Ingin tahu lebih lanjut mengenai apa saja jenis – jenis tanaman hias beserta contohnya? Simak ulasan berikut ini!

Tanaman Hias Kaktus

Tanaman ini begitu banyak diminati karena perawatannya sangat mudah. Apalagi mengingat habitat aslinya yang berada di gurun dan tempat kering membuat kaktus ini tahan lama meski tidak setiap hari disirami. Ada beragam jenis kaktus yang bisa menambah nilai estetika dalam rumah Anda, seperti:

1. Ariocarpus

Kaktus AriocarpusJika Anda takut dengan duri, maka pilihan ini menjadi rekomendasi utama. Selain bentuk prisma uniknya, kaktus ini juga tidak memiliki duri. Untuk diletakkan dalam ruangan dalam bentuk mini pun aman dan tidak akan membahayakan anak – anak.

2. Careus Tetragonus

Kaktus Careus TetragonusTumbuhan berduri asli Amerika ini tingginya dapat mencapai dua meter. Daya tarik utamanya adalah bentuk yang menyerupai kastil.

3. Echinocactus Grusonii

Kaktus Echinocactus GrusoniiBerasal dari Texas dan Mexico, bentuknya seperti bola bisa diletakkan di luar maupun dalam rumah. Di Indonesia, kaktus ini termasuk yang memiliki penggemar terbanyak.

4. Parodia

Kaktus ParodiaMemiliki bunga cerah berwarna kuning, merah, dan ada juga yang pink. Bentuknya mirip dengan bola berduri. Perawatannya mudah, hanya saja jenis ini tidak baik jika terkena terlalu banyak sinar matahari.

Tanaman Hias Cemara

Cemara juga termasuk dalam kategori tanaman hias, jenisnya pun beraneka ragam. Selain dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah, beberapa jenis cemara juga bisa dijadikan sebagai bonsai. simak macam jenisnya di bawah ini!

1. Cemara Angin

Cemara AnginPerbedaan mencolok spesies ini dengan yang lain terletak pada daunnya. Cemara angin lebih tipis menyerupai pinus. Daun – daunnya juga lebih panjang, dari segi bentuk pun ia tidak meruncing seperti cemara kebanyakan.

2. Cemara Perak

Cemara PerakDaun pada tumbuhan ini apabila terkena cahaya matahari akan memantul dan berwarna keperakan. Keistimewaannya terlihat juga dari ketinggian maksimal tanaman ini, maksimal hanya 1 meter saja.

3. Cemara Inoki

Cemara InokiDaun cemara jenis ini mirip jenis cemara kipas. Dalam penataan taman, tumbuhan ini sering kali dipakai sebagai border tanaman. Jika anda memiliki keahlian dalam merawat tanaman dan membuat menjadi bonsai maka nilai jualnya akan jauh lebih tinggi.

Tanaman Hias Palem

Palem adalah tanaman hias yang daunnya menyerupai daun kelapa, namun lebih kecil sehingga cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap rumah.

1. Palem Raja

Palem RajaTumbuhan ini begitu eksotis dan tinggi. Biasanya pada rumah – rumah modern diletakkan di luar rumah di antara pintu gerbang.

2. Palem Jenggot

Palem JenggotPalem ini lebih mini. Diletakkan dalam pot kecil sebagai tanaman hias.

3. Palem Washington

Palem WashingtonBanyak orang mengenalnya sebagai palem uban. Bentuk daun seperti kipas. Batangnya lebih besar dan seperti memiliki sisik.

Tanaman Hias Bunga

Bunga adalah tanaman hias yang banyak diminati karena keelokannya. Warna – warni dan harum alaminya juga bisa memberikan sensasi dan kepuasan tersendiri.

1. Bunga Lisianthus

Bunga LisianthusBunganya halus, berwarna ungu dan terlihat cantik sekali saat bermekaran.

2. Bunga Anggrek

Bunga AnggrekPuspa pesona ini merupakan spesies yang terkenal dari Indonesia. Jenisnya ada beragam, bahkan sampai 6.000. Ada anggrek hitam, anggrek koribas, anggrek kalajengking, dan lain – lain.

3. Bunga Sepatu

Bunga SepatuPerawatan tanaman yang satu ini sangat mudah sehingga banyak sekali yang menyukai. Bentuk bunga yang sempurna dengan putik menjulur menjadi daya tarik tersendiri. Ada yang berwarna pink, merah, kuning, putih, dan juga ungu.

4. Alamanda

Bunga AlamandaJenis alamanda cathartica adalah yang paling populer. Meskipun berasal dari Amerika Selatan, namun alamanda bisa tumbuh subur di Indonesia.

5. Amarilis

Bunga AmarilisBunga ini bisa ditanam indoor ataupun outdoor, akan lebih baik jika terkena sinar matahari yang cukup. Saat berbunga, warna jingga cerah akan menghiasi hijaunya dedaunan Amarilis yang memanjang.

Tanaman Hias Gantung

Tanaman gantung adalah salah satu alternatif untuk rumah yang tidak memiliki halaman rumah. Di antaranya adalah:

1. Bunga Geranium

Bunga GeraniumAslinya berasal dari Afrika Selatan, sehingga untuk daerah tropis seperti Indonesia pun menjadi tempat tumbuh yang baik bagi bunga ini. Ada yang berwarna putih, merah muda, merah, dan ungu. Meskipun digantung, tingginya bisa mencapai 1,2 meter.

2. Bunga Begonia

Bunga BegoniaTanaman ini bisa tumbuh subur di iklim tropis dan subtropis. Warna begonia terkenal memikat dan memiliki daun ornamental. Tak heran jika banyak sekali orang meletakkannya di beranda rumah.

3. Bunga Petunia

Bunga PetuniaBentuk daunnya seperti hati. Jenis ini banyak digemari karena bunganya kecil – kecil dan terlihat cantik merimbun saat semi. Ada yang berwarna kuning, merah, putih, bahkan ada yang bercampur meski dari satu batang tanaman.

Selain tiga jenis bunga tersebut masih ada contoh lain seperti lobelia white fountain, anggrek, bunga lipstick merah, dan wisteria.

Tanaman Hias Buah

Bagi Anda yang menggemari buah – buahan, ada juga jenis yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias antara lain:

1. Buah Naga Mini

Buah Naga MiniSecara fisik, bentuknya sama seperti pohon buah naga biasa, tetapi bentuknya lebih mini dan bisa masuk dalam pot ukuran sedang. Buahnya juga bisa dikonsumsi, kandungan vitaminnya pun sama besarnya dengan buah naga besar.

2. Buah Jeruk Nagami

Buah Jeruk NagamiBentuk buahnya seperti jeruk mandarin kecil namun lebih lonjong. Sepanjang tahun tanaman ini bisa berbuah sehingga tanaman hias Anda akan terus cantik dan segar dengan warna oranye jeruk ini.

3. Kacang Amazon

Buah Kacang AmazonDisebut juga dengan tanaman kacang mentega. Tinggi pohonnya maksimal 5 meter saja, berdaun besar dan rimbun, cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Buah bisa dimakan langsung, dibuat jus, ataupun manisan pun cocok.

Selain ketiga jenis buah tersebut, ada tanaman buah lain yang bisa dijadikan tanaman hias seperti tomat krismil, long mulberry, cabai rainbow, dan strawberi.

Tanaman Hias Air

Beberapa tanaman hias juga tumbuh di air, untuk ditempatkan di atas kolam ikan pasti akan menjadi lebih cantik. Apa saja itu?

1. Teratai

Tanaman Air TerataiTanaman yang identik dengan agama Buddha ini sangat populer. Bunganya yang berwarna merah muda atau putih memang sangat menyegarkan mata. Daun – daunnya yang tipis dan lebar juga memberikan keunikan tersendiri.

2. Selada Air

Tanaman Air Selada AirTidak seperti teratai yang akarnya di dalam air, akar selada air mengapung. Semua bagian tanaman ini berada di atas permukaan air.

3. Lotus

Tanaman Air LotusSebagian orang beranggapan bahwa lotus adalah nama lain dari teratai, padahal keduanya merupakan spesies yang berbeda. Bungnya langsung mengapung di atas air, jadi tidak memiliki batang seperti pada bunga teratai.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.