Budidaya Ikan Mas Yang Sangat Menjanjikan

jagad.id– Budidaya ikan mas sangat menguntungkan dan sebagai tanah sungai, kami memiliki tradisi budidaya ikan. Sekitar 1,3 juta tambak tersebar di seluruh negeri. Kebanyakan dari mereka dibudidayakan dengan metode tradisional.

Jika kita mencoba sedikit, kita bisa menghasilkan lebih banyak. Di masa lalu ikan dikumpulkan hanya dari sumber alami tetapi tidak ada sistem yang digunakan untuk budidaya. Seiring dengan pertumbuhan populasi yang tinggi, sekarang sangat sulit untuk menemukan ikan dari danau atau sungai alami.

keuntungan Budidaya Ika Mas

Jadi budidaya ikan ilmiah atau penggunaan teknologi dalam budidaya ikan adalah suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan protein kita sesuai dengan pertumbuhan populasi. Salah satu teknologi ini adalah budidaya ikan mas.

Spesies ikan yang tidak memiliki kebiasaan lemah lembut , tidak berebut makanan, tinggal di permukaan air yang berbeda, dan memakan makanan dari tingkat yang berbeda dapat dibudidayakan di kolam yang sama. Menanam jenis-jenis spesies ini dalam satu kolam bersama-sama disebut perikanan campuran.

Ikan mas berarti ikan dalam dan luar negeri seperti ikan rui atau spesies lain seperti ini. Katla, mrigel, kalibaus adalah spesies Asia Selatan. Dan spesies asing terkenal adalah ikan mas perak, ikan mas rumput, ikan mas kepala besar, ikan mas hitam, ikan mas biasa dll.

Kita bisa membuat beberapa kelompok ikan sesuai dengan kebiasaan mereka makan dan hidup.

  • Ikan Tingkat Atas

Katla, ikan mas perak dan ikan mas kepala besar adalah ikan tingkat atas. Mereka makan makanan dari tingkat atas. Banyak tanaman kecil hijau, serangga dimakan oleh mereka dari tingkat atas.

  • Ikan Tingkat Menengah

Ikan seperti rui memakan makanan seperti serangga kecil dari tingkat ini.

  • Ikan Tingkat Rendah

Mrigel, kalibaus, ikan mas cermin adalah ikan tingkat rendah. Mereka memakan serangga, siput, tiram, tumbuhan kecil dari tingkat ini.

  • Ikan dari Semua Tingkat

Ikan mas rumput dan pompa hibrida tinggal dan makan makanan dari semua tingkatan. Tumbuhan air, rumput lunak, lumut dll adalah makanan utama mereka.

  • Keuntungan Budidaya ikan mas

Ada banyak keuntungan dari budidaya ikan mas. Kebanyakan dari mereka dijelaskan di bawah ini.

  • Budidaya Ikan Mas Makan pakan dari berbagai level.
  • Ikan tidak berkelahi satu sama lain untuk mendapatkan makanan.
  • Setiap ikan tetap pada levelnya masing-masing.
  • Mereka bukan dari kebiasaan kanibal.
  • Ketahanan penyakit yang baik.
  • Menambah berat badan mereka dengan cepat dan tumbuh dengan cepat.
  • Minnow dapat menemukannya dengan mudah.
  • Makan pakan tambahan berbiaya rendah.
  • Enak untuk dimakan dan permintaan tinggi di pasar.
  • Memiliki nilai ekonomis.
  • Ikan kecil dapat diproduksi dengan pembiakan ikan buatan.
  • Cara Budidaya Ikan Gurame

Metode budidaya ikan mas tergantung pada daerah atau lingkungan, ketersediaan peralatan, situasi keuangan, pengetahuan, dan keterampilan pembudidaya. Metode pertanian didirikan tergantung pada dasar ini.

Metode Tradisional

Pembudidayaan ikan berbasis pakan alami disebut dengan cara budidaya ikan tradisional. Dalam sistem ini stok ikan kecil bisa tinggi atau rendah. Ikan kebiasaan kanibal tidak dihilangkan. Tidak ada pakan di luar tambak yang disajikan. Produksi dari sistem ini sangat rendah.

Metode Semi Intensif

Mempersiapkan tambak secara ilmiah, menggunakan pupuk dan pakan tambahan secara teratur, membudidayakan lebih banyak ikan di tempat kecil dikenal sebagai metode semi intensif. Dalam sistem ini pupuk digunakan untuk pertumbuhan pakan ikan alami. Makanan dari semua level kolam harus digunakan dengan benar. Jadi, kita harus memilih spesies yang tepat. Jika pakan dari sumber alami tidak mencukupi, mereka harus menyajikan pakan dari luar. Cara ini banyak digunakan untuk budidaya ikan mas.

Metode Intensif

Dalam sistem ini ikan dibudidayakan untuk produksi lebih banyak dari tempat kecil. Pakan dan pupuk berkualitas tinggi digunakan dalam metode ini. Ikan dibudidayakan dalam kepadatan tinggi. Penggunaan teknologi tinggi dalam sistem ini.

Pemilihan Kolam

Hal yang pertama dan terpenting dalam budidaya ikan gurame adalah pengelolaan kolam yang baik. Jika ada masalah dalam memilih kolam, maka ikan tidak akan tumbuh dengan cepat, ikan bisa dicuri dan mungkin ada masalah dalam pengangkutan ikan kecil. Untuk pertanian yang menguntungkan, Anda harus menyadari poin yang tercantum di bawah ini.

  1. Kepemilikan kolam harus tunggal.
  2. Jika Anda menyewa kolam, itu harus setidaknya selama lima tahun.
  3. Kolam harus bebas dari banjir.
  4. Kedalaman air tambak sebaiknya 2-3 meter.
  5. Tidak ada pohon besar di dekat kolam.
  6. Kolam harus terbuka dan banyak cahaya dan angin.
  7. Minimal 7-8 jam sinar matahari.
  8. Kemiringan kolam sebaiknya 1,5:2.
  9. Minnow harus tersedia di dekat kolam.

Jika letaknya dekat dengan rumah petani, maka akan sangat baik untuk pengelolaan dan perawatan tambak. Dan ikan tidak akan mencuri.Akan lebih baik jika transportasi mudah dan pasar tersedia di dekat tambak.Sebelum memulai budidaya, singkirkan semua jenis ikan habitat kanibal.

Ikan kanibal dapat dengan mudah dihilangkan dengan mengeringkan kolam dan mengoleskan obat.Banyak jenis tanaman kecil di kolam mengambil pupuk yang disediakan. Jadi, jenis tanaman ini harus dihilangkan.Perbaiki tepian dan dasar kolam setiap tahun.

Tingkat PH dapat dipertahankan dengan menerapkan kapur di dalam air. Jeruk nipis dapat diaplikasikan dengan cara dicampur dengan air. Ini mengurangi penyakit, kuman, dan gas beracun.demikian sedikit ulasan tentang budidayaikan mas yang dapat di praktekan di rumah.

 

 

error: This content is protected by DMCA