Self Hypnosis - Cara Hipnoterapi Diri Sendiri
No ratings yet.

Self Hypnosis | Cara Hipnoterapi Diri Sendiri Dengan BenarTerapi Hipnotis sudah sangat dikenal di kalangan ragam masyarakat, bahkan banyak sekali tempat hipnoterapi yang tersebar di berbagai kota. Hipnoterapi adalah salah satu jenis terapi yang dilakukan dengan menggunakan metode hipnosis, bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun orang lain. Fungsi dari hipnoterapi itu sendiri adalah mengatasi gangguan emosi pada pikiran dan kesehatan.

Cara hipnoterapi ini bisa diaplikasikan pada diri sendiri untuk membantu diri sendiri dalam mengenali perasaan yang tersembunyi atau pikiran alam bawah sadar yang terkadang mengganggu tetapi tidak disadari secara langsung oleh diri kita. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan dalam melakukan hipnoterapi terhadap diri sendiri ini.

Langkah-Langkah Hipnoterapi Pada Diri Sendiri

1. Mencari tempat yang tenang dan nyaman

Pertama-tama, tentukan tempat yang akan anda gunakan dalam menghipnosis diri sendiri dan pilihlah tempat yang tenang jauh dari keramaian serta nyaman untuk anda. Tempat yang tenang dan tidak ada gangguan akan membantu anda dalam berpikir tenang karena hipnoterapi harus dilakukan saat pikiran sedang rileks. Anda bisa melakukan di dalam ruangan ataupun di luarΒ  ruangan sesuai minat anda yang membuat pikiran menjadi lebih nyaman.

2. Ambil posisi yang membuat anda nyaman

Langkah berikutnya yaitu membuat posisi senyaman mungkin. Bisa sambil duduk, telentang, berdiri, tiduran atau apapun carilah posisi seenak mungkin sehingga tidak ada kemungkinan anda berubah-ubah posisi untuk kedepannya.

3. Santailah sejenak sambil menutup mata

Persiapan sudah dimulai, maka bersantailah sejenak jauhkan pikiran anda dari semua hal yang mengganggu. Akan lebih baik jika anda menutup mata agar otak juga ikut rileks dan tidak terganggu dengan melihat hal yang mungkin akan merubah konsentrasi anda. Rasa sedih, cemas, emosi, khawatir, dan lainnya sebaiknya dihilangkan, jangan pikirkan apapun kecuali mencoba untuk rileks.

4. Mengatur pernafasan

Aturlah nafas anda sepelan dan sesantai mungkin, cobalah untuk menahan nafas selama 3 detik lalu keluarkan secara perlahan. Lakukan hal ini secara berulang agar pikiran anda semakin rileks, cara ini akan membantu menurunkan gelombang beta ke gelombang alfa pada otak. Yakni gelombang waspada ke gelombang otak rileks yang akan membantu proses hipnoterapi.

5. Menghilangkan ketegangan pada diri anda

Cobalah untuk menenangkan diri dengan menghilangkan rasa tegang yang terjadi pada diri anda. Saat anda mengatur kontrol pernafasan, barengi hal tersebut dengan keadaan tubuh yang lebih rileks. Aliri tubuh anda dengan perasaan tenang dari atas kepala hingga ke ujung kaki.

6. Memasuki pikiran rileksasi yang lebih dalam

Setelah keadaan tubuh anda sudah pada tahap rileks dan santai, maka masuki terus pikiran anda pada tahap rileksasi lebih dalam lagi. Saat masuk ke tahap ini, mungkin anda akan mengalami sedikit kesulitan maka untuk memudahkan cobalah untuk mendengarkan musik audioterapi agar anda lebih santai. Khusus bagi anda yang beragama islam boleh sambil membaca alquran surat albaqarah ayat 286.

7. Mengikuti arus di dalam rileksasi anda

Saat anda sudah mulai merasakan rileksasi terdalam, itu artinya anda sudah berada dalam alam bawah sadar anda sendiri. Cobalah untuk terus menikmati sensasi tersebut dan jangan sampai keluar dari sana atau terbangun secara tiba-tiba. Ingat, pastikan anda dalam kondisi rileks. Saat anda berada di tahap ini, anda mulai bisa mengeluarkan sugesti ke diri anda sendiri.

8. Memasukan dan Memberikan Sugesti ke Dalam Alam Bawah Sadar

Pada saat anda sudah berada di alam bawah sadar dimana anda dalam kondisi sangat Rileks dan Fokus dengan tujan anda maka disitu saatnya anda bisa memasukan segala sugesti yang anda inginkan. Alam bawah sadar adalah dimana kondisi saat anda setengah tertidur yang mana terkadang seklias ada mimpi yang biasanya berisi mengenai kondisi anda atau lingkungan saat ini (Contoh di sekeliling anda ada suara air kran dan di mimpi terasa sedang dekat dengan gemericik air). Tetapi pada saat itu anda harus Fokus tetapi Rileks (Santai), dan masukan sugesti-sugesti yang anda inginkan seperti ingin menjalani Hidup lebih baik, berhenti Merokok, dan lain sebagainya.

9. Persiapan untuk bangun kembali

Lakukan proses sugesti atau hipnosis tadi dengan menikmatinya sampai anda puas dan sudah merasa cukup. Jika anda sudah merasa puas berada di sana sekarang anda mempersiapkan diri untuk terjaga dari alam bawah sadar. Bayangkan anda sedang berenang di air yang biru dan jernih dengan sinar matahari yang menyinari tubuh. Lalu mulailah berhitung dari angka 1 sampai 10 sebagai proses anda kembali ke alam sadar.

10. Membuka mata

Ini menjadi tahap akhir dari proses hipnoterapi anda, yaitu membuka mata dan kembali ke dunia nyata. Saat anda sudah kembali sadar buka mata secara perlahan dan pastikan ada jeda di setiap prosesnya. Setelah mata anda terbuka, maka ucapkanlah rasa syukur anda kepada Tuhan atas setiap hal yang sudah terjadi di hidup anda.

Hipnoterapi atau Hipnotis Diri Sendiri (Self Hipnotis) harus dilakukan bertahap dalam beberapa sesi secara rutin setiap hari. Walapun teknik Hipnotis bisa berhasil secara langsung tetapi terkadang yang harus diketahui adalah bahwa Hipnoterapi bukanlah Obat Ajaib yang bisa langsung memasukan sugesti kedalam diri sendiri. Sehingga anda harus rajin melakukan hipnoterapi secara bertahap, jika anda rasa kurang ahli dalam melakukannya, sebaiknya anda belajar langsung dengan ahlinya.

Pelatihan Hipnotis yang memiliki sertifikasi resmi dari Hipnoterapi Indonesia (IBH) dapat anda ikuti. Dalam pelatihan tersebut terdapat 2 mcam tingkatan, yaitu Hipnotis dan Hipnoterapi. Dalam pelatihan Hipnotis maka anda akan menguasai teknik Hipnosis dan dapat melakukan Self Hipnotis dengan baik pada diri sendiri. Sedangkan pada tingkatan Hipnoterapi yaitu anda bisa membuka praktek Hipnoterapi dan juga membuka pelatihan Hipnotis di seluruh Indonesia dengan sertifikasi Resmi dari IBH.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.